Berita Nasional Terpercaya

Terkendala Fasilitas, Menpar Optimistis Candi Borobudur Tembus 2 Juta Wisman

0

MAGELANG, Bernas.id ? Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku optimistis target kunjungan dua juta wisatawan ke Kawasan Candi Borobudur tahun 2019 bisa tercapai setelah pembangunan infrastruktur dan fasilitas selesai.

Hal ini disampaikan Menpar saat peresmian Badan Otorita Pariwisata (BOP) Borobudur, di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (9/2/18) malam. Ia menambahkan Candi Borobudur yang merupakan 10 destinasi prioritas ini akan mendatangkan lebih banyak wisatawan jika pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) selesai.

“Terlalu mudah untuk menjual Borobudur hanya dua juta wisatawan karena memiliki atraksi berkelas dunia. Namun, aksesnya pun harus kelas dunia. Kita tau hal paling mendasar adalah bandara sudah 'overload',” ujar Menpar Budi Karya.

Kunjungan wisman ke Candi Borobudur saat ini baru mencapai 750 ribu orang. Arief menilai jumlah kunjungan sulit menembus satu juta wisatawan karena keterbatasan kapasitas Bandara Adisutjipto. Tak hanya itu, belum ada penerbangan internasional yang langsung ke Yogyakarta atau Semarang dari kota besar dunia. Wisman harus transit terlebih dahulu di Singapura, Kuala Lumpur, Jakarta atau Bali terlebih dahulu sebelum tiba di Yogyakarta.

Arief meyakini jika Bandara NYIA sudah selesai, wisatawan mancanegara akan semakin dimudahkan untuk ke Borobudur. Berkaca dari pengalaman di Mandalika, Arief menuturkan setelah diresmikannya Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, investasi resor dan hotel berbintang di area tersebut berkembang pesat. Arief meminta agar BOP Borobudur segera bergegas untuk menyiapkan fasilitas dan prasarana dasar bagi wisatawan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.