Alexa Certify
close
  • Bernas.id

Mau Nyantri? Inilah Referensi 4 Pondok Pesantren yang Ada di Jombang. Yuk, Simak!

Mau Nyantri? Inilah Referensi 4 Pondok Pesantren yang Ada di Jombang. Yuk, Simak!

Bernas.id - Kota Jombang merupakan kota yang sangat bersih, indah dan nyaman. Asal usul kata Jombang ini merupakan akronim dari Bahasa Jawa. Jombang diambil dari kata “ijo” (hijau) yang mewakili para santri (agamis) dan “abang” (merah) mewakili kaum nasionalis atau kejawen. Kedua kelompok tersebut hidup harmonis dan selalu berdampingan.

Dengan slogan Jombang Beriman’. Mungkin banyak sekali yang belum mengetahui kenapa diberikan slogan ‘Jombang Beriman’. Karena banyaknya pondok pesantren yang berdiri di kota tersebut. Namun, karena kearifan Kota Jombang dengan pendidikan keislamannya yang masih kental dengan basic ‘Nahdatul Ulama (NU)’ sehingga  diberi  julukan  sebagai ‘Kota Santri’. Dari ujung utara, barat, selatan, timur hingga pusat Kota Jombang terdapat sejumlah pesantren yang berdiri kokoh dengan jumlah santri yang pesat pula. Di antara pondok pesantren yang terkenal di Kota Jombang, di antaranya:

Pondok Pesantren Darul Ulum (Rejoso)

Pada tahun 1885 Pondok Pesantren ini dirintis oleh K.H. Cholil Al-Djuraemi dan K.H. Thamim Romly. Diberikannya nama Darul Ulum sendiri juga memiliki arti yang berarti darul adalah gudang dan ulum adalah ilmu-ilmu (secara jamak). Jadi, menurut filosifinya Darul Ulum adalah “Gudangnya Ilmu-ilmu”. Pondok Pesantren yang dipercayai untuk mengayomi para santi dari seluruh penjuru nusantara tampak jelas, filosofi Darul Ulum sampai detik ini, masih memiliki jumlah santri yang setiap tahunnya meningkat.

Pesantren yang sampai saat ini bertumbuh dan berkembang secara modern ini, mencetak kader-kader muslim, sehingga mampu menjalankan agama Islam sesuai dengan ajaran Islam. Di pondok ini, menganut ajaran Ahlus sunnah wal jamaah dengan petunjuk konstruktif empat madzhab, yaitu Madzhab Maliki, Syafi’i, Hambali dan Hanafi. Pesantren ini, memiliki banyak keistimewaan dari asrama hingga sekolah umumnya. Sesuai dengan fasilitas dan keinginan para santri, maka santri dapat memilih ingin tempat yang bagaimana.

Tebuireng

Pada tahun 1899 Pesantren ini didirikan oleh K.H. Hasyim Asy’ari. Pondok Pesantren ini mengajarkan ilmu-ilmu keagamaan dengan disumbang oleh masyarakat sekelilingnya untuk mengabdikan keilmuannya di dalam Pesantren tersebut. Selain itu, Nama Tebuireng sendiri diambil dari kata dalam Bahasa Jawa “kebo ireng” (kerbau hitam). Namun, ada juga yang beranggapan nama Tebuireng diambil dari nama Punggawa Kerajaan Majapahit yang masuk Islam, kemudian ditinggalkan di sekitar Pondok tersebut.

Tujuan dari Pondok tersebut, untuk mencetak para santi atau santriwati yang aktif dalam hal keagamaannya. Di pondok ini, menganut ajaran Ahlus sunnah wal jamaah dengan petunjuk konstruktif empat mazdhab, yaitu Madzhab Maliki, Syafi’i, Hambali dan Hanafi. Sistem Pendidikan di Pesantren ini pula juga sangat berkembang. Para santri di ajarkan untuk disiplin dan tepat waktu dengan aturan yang berlaku.

Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif  Denanyar

Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar didirikan K.H. Bisri Syansuri (Mbah Bisri) salah satu Tokoh pendiri Nahdatul Ulama (NU). Berdirinya Pondok Pesantren ini sekitar tahun 1917. Dibandingkan dari ketiga Pesantren di atas, Pondok Mambaul Ma’arif Denanyar masih sangat muda. Pesantren ini adalah tanah kelahiran K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur (Presiden Republik ke-4). Jadi, Gus dur adalah cucu dari Mbah Bisri.

Dengan budaya yang masih kental, pondok ini juga sangat banyak para santri dari berbagai daerah. Di pondok ini, menganut ajaran Ahlus sunnah wal jamaah dengan petunjuk konstruktif empat Mazdhab yaitu Madzhab Maliki, Syafi’i, Hambali dan Hanafi. Dengan sistem Pendidikan yang masih kental pula tidak menjadikan pondok ini terbelakang dari pesantren lainnya. Pondok ini pun juga tidak hanya belajar tentang keislaman saja, akan tetapi, tetap adanya sekolah formal untuk para santri.

Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras

Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras didirikan oleh KH Abdus Salam pada tahun 1825. K.H. Abdus Salam merupakan keturunan dari Kerajaan Majapahit, beliau menikahi seorang putri dari Demak dan memilik empat anak. Salah satu anaknya menikah dengan K.H. Hasyim Asy’ari cikal bakal Pondok Pesantren Tebiureng. Pondok ini hampir setara dengan Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso. Hanya saja, kekentalan di pondok itu masih sangat melekat. Secara bertahap Pondok Pesantren semakin berkembang dengan pendidikan keislamannya yang kental, sehingga dapat mencetak khalifah-khalifah muslim yang aktif dan tetap patuh terhadap ajaran-Nya.

 

Nah, itulah pemaparan tentang Kota Jombang Beriman dengan berbagai macam pondok pesantren yang saat ini masih berdiri kokoh dengan jumlah santri yang membludak setiap tahunnya. Dari pesantren di atas, berdiri dengan pendidikan formal juga. Jadi, kalau ingin mondok di Kota Jombang dianjurkan untuk melihat secara detail melihat pesantren seperti apa yang diinginkan. Karena, tidak semua pesantren di Kota Jombang memiliki kurikulum yang sama. Ada pula yang masih kental dengan kebudayaan kejawen atau budaya modern. Bagi siapapun, mondok itu asyik. Yuk, mondok!


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali


Lebih Lengkap

Trending

Pentingnya Sertifikasi Manajer Sumber Daya Manusia MSDM dan Fungsinya dalam Perusahaan

Pentingnya Sertifikasi Manajer Sumber Daya Manusia MSDM dan Fungsinya dalam Perusahaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali


Kavling Jonggol Tanah Kavling dengan Harga Bersahabat di Lokasi yang Menjanjikan

Kavling Jonggol Tanah Kavling dengan Harga Bersahabat di Lokasi yang Menjanjikan


Investasi Tanah 70an Juta dengan Prospek Terbaik di Kavling Jonggol Angsuran 12 Kali BONUS PONDASI

Investasi Tanah 70an Juta dengan Prospek Terbaik di Kavling Jonggol - Angsuran 12 Kali BONUS PONDASI


Investasi Tanah Murah Strategis di Bogor Timur 50 Jutaan

Investasi Tanah Murah Strategis di Bogor Timur 50 Jutaan


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru