Berita Nasional Terpercaya

Kasihan, Katak Ini Adalah Katak Terakhir dari Jenisnya

0

Bernas.id ? Katak asal Bolivia ini sepintas terlihat seperti katak biasa. Namun di balik penampilannya yang terkesan tidak menarik, tersimpan cerita yang cukup menyedihkan. Katak jenis Sehuencas ini adalah katak terakhir dari jenisnya yang masih hidup.

Oleh para ilmuawan, katak berjenis kelamin jantan ini mereka beri nama Romeo. Sekarang para ilmuwan bersusah payah menjelajahi sungai dan danau di seantero Bolivia agar bisa menemukan pasangan kawin bagi katak berusia 10 tahun ini.

?Kami tidak ingin dia kehilangan harapan,? kata ilmuwan Arturo Munoz seperti yang dilansir oleh BBC. ?Kami tetap memiliki harapan kalau katak lain masih ada di luar sana. Jadi kami bisa melakukan program pelestarian untuk menyelamatkan spesies ini.?

Namun Munoz dan rekan-rekannya harus bergerak cepat. Pasalnya kodokair Sehuencas hanya memiliki rentang hidup hingga 15 tahun. Jadi Romeo di atas kertas hanya memiliki lima tahun tersisa untuk bisa menemukan pasangan kawinnya. Sekarang Romeo sendiri ditempatkan di sebuah tangki di Museum Cochabamba.

Selain mencoba mencari pasangan kawin untuk Romeo di alam liar, para ilmuwan juga membuatkan halaman internet khusus untuk Romeo. Halaman tersebut dibuat menyerupai halaman situs jodoh ? lengkap dengan profil singkat Romeo di dalamnya.

Tujuan dibuatnya halaman itu sendiri adalah untuk menginformasikan kepada publik mengenai masalah yang tengah dihadapi katak Sehuencas. Diharapkan sebelum Hari Valentine tiba, para ilmuwan sudah bisa memperoleh sumbangan dana sebesar 15 ribu dollar (hampir 200 juta rupiah).

Leave A Reply

Your email address will not be published.