Berita Nasional Terpercaya

Waskita Karya Tetap Utamakan Keselamatan Kerja untuk Selesaikan 15 PSN

0

Jakarta, Bernas.id ? PT Waskita Karya Tbk (WSKT) optimistis dapat menyelesaikan 15 Proyek Strategis Nasional (PSN) tepat waktu sesuai dengan jadwal masing-masing serta tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja di seluruh proyek-proyek tersebut.

Demikian diungkapkan M. Choliq, Direktur Utama WKST, di Jakarta, Rabu (14/02/2018).

?Hingga kini, seluruh pengerjaan proyek-proyek tersebut masih sesuai dengan jadwal. Ke depan, kami akan lebih memperhatikan berbagai aspek keselamatan kerja, mutu, prosedur keselamatan serta keamanan kerja,? papar Choliq.

Kelima belas PSN yang sedang dikerjakan Waskita Karya saat ini merupakan proyek-proyek di bidang infrastruktur, yaitu Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 Km, Tol Pemalang-Batang sepanjang 39,2 Km dan Tol Pasuruan-Probolinggo sepanjang 31,3 Km.

Di samping itu, Waskita Karya juga menggarap Tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 111,69 Km, Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 25,39 Km, Tol Becakayu sepanjang 21,04 Km, Tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 Km dan Tol Depok-Antasari sepanjang 21,54 Km.

Berbagai proyek infrastruktur lainnya adalah Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112 Km, Tol Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 Km, Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 34,02 Km, Tol Kanci-Pejagan sepanjang 35 Km, dan Tol Legundi-Bunder sepanjang 38,29 Km.

Kini, total ruas tol yang digarap Waskita Karya mencapai 1.315 km. Itu tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera, baik sebagai kontraktor maupun investor.

?Kami berharap dapat mengoperasikan ruas tol sepanjang 564 km pada semester pertama tahun ini dan sisanya akan dioperasikan pada semester kedua tahun ini dan 2019 mendatang,? jelas Choliq.

Waskita Karya juga mengerjakan proyek pembangunan transmisi listrik Sumatera berkapasitas 500 KV sepanjang 395 km yang terbentang dari New Aur Duri hingga Peranap. Pembangunan proyek ini bertujuan untuk mendukung program pemerataan penggunaan energi listrik di Pulau Sumatera.

Proyek yang mulai dikerjakan pada 2015 lalu dengan nilai kontrak Rp6,1 triliun tersebut ditargetkan bakal selesai dibangun pada 2019 mendatang. Hingga kini, progres pembangunannya sudah mencapai 49,7% untuk paket I dan 47,5% untuk paket II.

PSN lainnya yang juga dibangun perseroan adalah jalur kereta api ringan (Light Railway Train/LRT) di Sumatera Selatan. Proyek tersebut adalah satu-satunya penugasan dari pemerintah melalui Perpres no. 116 tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan di Provinsi Sumatera Selatan.

Proyek bernilai kontrak Rp10,9 triliun tersebut dibangun untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Proyek tersebut ditargetkan beroperasi pada 2018 sebelum pesta olah raga terbesar di Asia tersebut diselenggarakan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.