Berita Nasional Terpercaya

Terowongan Tol Padang-Pekanbaru Libatkan Jepang

0

JAKARTA, Bernas.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahah Rakyat (PUPR) menggandeng Jepang untuk membangun terowongan dalam proyek tol Padang-Pekanbaru. Terowongan ini menjadi terowongan tol terpanjang di Indonesia. Nantinya akan menembus Bukit Barisan di wilayah Payakumbuh sepanjang 8,95 kilometer.

“Kerja sama pembangunan terowongan di Jalan Tol Padang-Pekanbaru akan menjadi pilot project dan selanjutnya dapat dikembangkan pada kerja sama di masa mendatang,” terang Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti, Rabu (14/2/18).

Proyek ini menjadi salah satu topik bahasan Pertemuan Tingkat Tinggi antar Sekretaris Jenderal Kementerian ke-5 (The Fifth High Level Meeting) yang dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti dengan Vice Minister for Engineering Affairs, Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism/MLIT) Masafumi Mori di Tokyo, Jepang, beberapa waktu lalu. 

Pengalaman panjang Pemerintah Jepang di bidang teknologi Dam Upgrade dan pembangunan terowongan menjadi referensi Pemerintah Indonesia dalam membangun infrastruktur serupa. 

Pembangunan terowongan tersebut dibutuhkan dana sekitar Rp 9 triliun. Dana tersebut termasuk dalam total pembangunan Tol Padang-Bukit Tinggi-Pekanbaru sekitar Rp 78,09 triliun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.