Berita Nasional Terpercaya

Gunakan ?CHILD CANCER? untuk Bantu Kenali Gejala Kanker pada Anak ?

0

Bernas.id – Hari kanker anak sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Februari menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kanker pada anak. Selama ini masih banyak masyarakat yang belum menyadari bahwa penyakit kanker juga dapat terjadi pada anak. Menurut data WHO seperti yang dikutip pada laman Yayasan Onkologi Anak terdapat 110 sampai 130 kasus per satu juta anak per tahun yang berarti setiap satu juta anak di Dunia terdapat 110-130 anak terkena kanker setiap tahunnya. Sementara itu data dari International Confederation of Childhood Cancer Parent Organization (ICCCPO) memperkirakan bahwa setiap jamnya terdapat 10 anak yang meninggal karena kanker. Sedangkan berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2013 pervalensi kanker pada anak di Indonesia sebesar 16.291 kasus, dengan kasus terbanyak adalah leukimia atau kanker darah dan retinoblastoma (kanker bola mata).

Kanker yang berkembang pada anak berbeda dibandingkan dengan kanker yang berkembang pada orang dewasa. Kanker pada anak tidak memiliki hubungan yang kuat terhadap faktor lingkungan dan gaya hidup seperti yang terjadi pada kanker yang menyerang orang dewasa. Faktor risiko kanker pada anak juga belum diketahui secara pasti sehingga menyulitkan pencegahannya. Berdasarkan penuturan Direktur Pengendalian Penyakit Menular, dr.Lily S. Sulistyowati seperti yang dikutip dari www.depkes.go.id mengatakan bahwa minimnya pengetahuan orang tua mengenai kanker pada anak menyebabkan lebih dari 50 persen penderita kanker anak dibawa ke fasilitas kesehatan saat sudah berada pada fase stadium lanjut. Padahal anak yang terkena kanker dapat disembuhkan apabila gejalanya dideteksi lebih dini. The Pediatric Oncology Resource Center membuat akronim gejala kanker yang disebut CHILD CANCER untuk membantu dan memudahkan kita mengenali gejala kanker pada anak. Apa itu CHILD CANCER, mari kita bersama simak uraiannya. 

  • Continued unexplain weight loss atau kehilangan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya dan terjadi secara terus menerus.
  • Headaches often with early morning vomiting atau sakit kepala disertai muntah yang terjadi setiap pagi.
  • Increased swelling or persistents pain in the bones, joints, back or legs yang berarti banyak bagian tubuh yang bengkak atau rasa sakit yang terus menerus dirasakan pada tulang, sendi, punggung maupun kaki.
  • Lump or mass yang berarti munculnya benjolan khususnya pada bagian perut, leher, dada, panggul dan ketiak.
  • Development of excessive bruising, bleeding or rash atau terjadinya bengkak, perdarahan dan ruam yang berlebihan.

 

  • Constant, frequent or persisten infections atau sering mengalami infeksi yang terjdi secara terus menerus dan susah untuk disembuhkan.
  • A whitish color behind pupil yang berarti bagian belakang pupil berwarna putih.
  • Nausea that persists or vomiting without nauses yang berarti sering mual atau mual tanpa muntah.
  • Constant tiredness or noticeable paleness yang berarti mudah lelah atau terlihat pucat.
  • Eye or vision changes that occur suddenly and persists yang berarti terjadi penurunan kemampuan penglihatan yang terjadi secara perlahan dan terus menerus. 
  • Recuring or persistent fever of unknown origin yang berarti mengalami batuk yang terus menerus dan berulang akan tetapi tidak diketahui penyebabnya. 

Nah, itulah akronim CHILD CANCER untuk membantu kita mengenali gejala kanker. Meskipun begitu kadang anak yang terkena kanker tidak menunjukan gejala tersebut sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut secara klinis. Selain itu apabila ada anak dengan gejala tersebut, belum tentu juga dia pengidap kanker, karena gejala yang muncul juga bisa disebabkan karena kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Bagaimana, cukup membantu memahami gejala kanker pada anak bukan? Semoga berguna, Salam Sehat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.