Berita Nasional Terpercaya

Ini Kata Menhub Budi Karya, Soal Hunian TOD Digarap Pengembang Pemerintah

0

JAKARTA, Bernas.id – Hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD) yang kini tengah gencar dilakukan pembangunannya, kebanyakan di garap oleh pengembang berplat merah atau pengembang pemerintah yakni BUMN.

Terkait hal tersebut disesalkan oleh pengembang swasta yang belum ikut berperan dalam menggarap proyek hunian TOD.

Budi Karya Sumadi, selaku Menurut Menteri Perhubungan mengatakan, pemerintah sebenarnya berharap agar pihak swasta juga dapat bermain dalam sektor ini. Sejauh ini, sudah ada beberapa pihak yang diajak berkomunikasi untuk pengembangan hunian berbasis TOD.

“(Kami) sudah (menggandeng pihak swasta). Jadi nanti bisa bikin di Terminal Poris Plawad. Kami akan bikin Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU), terus yang LRT dan MRT kami akan undang swasta,” terang Budi dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Seperti diinformasikan sebelumnya, salah satu tantangan dalam pengembangan hunian terintegrasi TOD yaitu harga terjangkau. Persoalannya, bila berbicara tanah di DKI Jakarta, harganya sudah sangat tinggi.

Terkait kondisi tersebut, Budi menyarankan pemerintah daerah (pemda) juga dapat berperan aktif dalam mengatasi persoalan ini. Salah satunya dengan menyediakan lahan yang bisa dikembangkan sebagai kawasan TOD.

“Saya sudah memberikan tugas kepada Direktur Jenderal Perkeretaapian dan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk mempercepat proses pengembangan TOD di wilayah Jabodetabek. Tentunya prosesnya harus sesuai dengan peraturan dan juga lebih di dapat berkoordinasi kepada pemerintah daerah,” paparnya.

Untuk diketahui, saat ini proyek TOD di pusat kota digarap oleh perusahaan BUMN. Seperti Perum Perumnas yang menggarap TOD Stasiun Tanjung Barat, TOD Stasiun Pondok Cina dan TOD Stasiun Bogor, atau PT PP Properti (Persero) TBk yang menggarap TOD Stasiun Juanda dan TOD Stasiun Tanah Abang. Selain itu ada juga Adhi Karya yang menggarap sejumlah proyek TOD bertajuk LRT City di beberapa stasiun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.