Berita Nasional Terpercaya

Tidak Bisa Berbuat Curang, Ratusan Ribu Peserta Tes Masuk Universitas Memilih Absen

0

Bernas.id ? Ujian masuk perguruan tinggi menjadi momen penting bagi kaum muda di banyak negara, tak terkecuali di India. Terbukanya peluang kerja yang menjanjikan bagi para lulusannya menjadi alasan utama mengapa banyak pemuda pemudi India yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang universitas.

Namun masuk ke universitas bertaraf nasional sendiri bukanlah hal yang mudah. Selain karena jumlah orang yang mengikuti tes masuk sangatlah banyak, sejumlah universitas juga menetapkan standar nilai yang sangat tinggi bagi para peserta tes masuk.

Jalur ilegal pun lantas ditempuh oleh sejumlah orang supaya bisa diterima masuk ke perguruan tinggi. Metodenya bermacam-macam. Mulai dari mencari bocoran soal serta kunci jawaban, menyogok pengawas, hingga meminta bantuan jawaban kepada mereka yang berdiri di luar jendela ruang ujian.

Masifnya praktik kecurangan dalam ujian masuk lantas ditanggapi dengan tegas oleh pemerintah negara bagian Uttar Pradesh. Kepada Times of India, Neena Srivastava selaku Menteri Pendidikan Uttar Pradesh mengumumkan kalau pihaknya bakal mengambil langkah-langkah khusus untuk memberantas kecurangan pada ujian tahun ini.

Langkah-langkah yang dimaksud terdiri dari menutup lembaga bimbingan belajar yang mencurigakan, memecat pengawas yang lalai, menyiapkan polisi di lokasi ujian, hingga memasang kamera CCTV di ruang ujian. Bagi peserta yang berhasil mencatatkan hasil ujian tertinggi, hasil ujiannya akan ditampilkan secara publik untuk memberikan gambaran dan memotivasi peserta ujian yang lain.

Kebijakan tegas tersebut lantas membuat sejumlah peserta ujian mengibarkan bendera putih sebelum berperang. The Washington Times mengabarkan kalau hingga hari keempat masa ujian masuk (9 Februari) sebanyak 661.643 peserta tidak menghadiri ujian. Jumlah tersebut kurang lebih mencapai 10 persen dari total peserta ujian masuk universitas.

?Anak-anak harus belajar. Para guru harus memberikan pendidikan yang lebih baik dan tepat. Anak-anak tidak boleh sampai terjerumus ke dalam aktivitas curang ini,? kata Srivastava yang berharap kalau kebijakan tegas ini bisa mencegah peserta ujian mengambil metode terlarang.

Kendati India tengah mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat, sektor pendidikan negara tersebut masih dilanda ketimpangan. Banyak sekolah yang dilanda masalah kekurangan guru, buku pelajaran, dan pasokan listrik yang memadai. Kurikulum pendidikan India juga dianggap terlalu berorientasi pada metode hafalan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.