Berita Nasional Terpercaya

Ormas di NTB Pasang Spanduk Tolak Kampanye di Tempat Ibadah

0

MATARAM, Bernas.id ? Organisasi masyarakat memasang spanduk menolak kampanye di tempat ibadah. Spanduk berukuran 5×10 meter itu dipasang di menara Islamic Center Masjid Hubbul Wathon, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (16/2/18).

Sejumlah ormas sepakat menolak kampanye di masjid dan tempat tempat ibadah selama pemilihan kepala daerah (pilkada) di NTB. 

“Kami tidak bersepakat jika masjid dijadikan tempat kampanye. Seluruh pasangan calon kami tolak jika mereka memakai tempat ibadah untuk berkampanye,” terang Nanang Edward selaku koordiantor aksi.

Aksi mereka memasang spanduk dibantu dua orang pemanjat tebing dari mahasiswa pecinta alam Universitas Mataram. Pada spanduk tertulis poin-poin penting untuk para calon kepala daerah yang bertarung di NTB. Mereka menyatakan menolak politisasi SARA, menolak politisasi masjid untuk kampanye, menghindari dakwah agama bermuatan politis untuk mendukung pasangan calon, dan menjaga persatuan umat agar tidak terpecah karena Pilkada 2018.

“Karena itu saya tidak menolak diminta membentangkan spanduk ini. Persiapan aman, meskipun baru tadi pagi kami dihubungi, saya sepakat dengan tuntutan mereka,”ujar Ari Sahdi salah satu pemanjat yang memasang spanduk.

Baca Juga Hindari Politik SARA, MUI Sambut Baik Bawaslu Susun Buku Pendoman Ceramah

Pemasangan spanduk bebas kampanye ini juga mendapat dukungan dari Gubernur NTB, Zainul Majdi. Ia mengungkapkan kampanye politik tidak boleh dilakukan di dalam tempat ibadah maupun sarana pendidikan.

“Ini kejutan ya, saya belum lihat spanduknya, tetapi semua menunjukkan kedewasaan dalam berpolitik. Lokasi ini harus steril dari kampanye politik untuk menjaga kedamaian di wilayah NTB,” ucapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.