Berita Nasional Terpercaya

Orang Tua, Apa yang Anda Harapkan dari Buah Hati? Akankah Mereka Mampu Menjadi Investasi Akhirat?

0

Bernas.id – Kehadiran buah hati merupakan dambaan bagi mereka yang sudah menikah. Anak-anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga, orang tua memberikan peranan besar terhadap kehidupan mereka. Anak berkembang dalam naungan dan pengawasan orang tua, tentu orang tua menginginkan kesuksesan bagi buah hatinya.

Sebagai orang tua yang menginginkan anaknya mendapatkan kesuksesan abadi, hendaknya orang tua memperhatikan tahapan pembelajaran yang tepat. Mengharapkan yang terbaik dari anak berarti memberikan yang terbaik untuk anak pula. Apa saja yang bisa Anda berikan terhadap anak-anak Anda?

1. Menyambut kehadirannya dengan lapang dada

Anak merupakan darah daging kedua orang tuanya. Sehingga mereka mamiliki ikatan batin yang kuat. Ingatlah bahwa anak adalah titipan Allah. Berlapangdadalah dengan ketetapan Allah.

2. Mengenalkan dasar agama sejak dalam kandungan

Meski masih berada dalam kandungan, orang tua sudah bisa memulai pendidikan untuk buah hatinya. Justru di saat inilah, sejak janin berusia empat bulan sel-sel otaknya terbentuk, dan dilanjutkan dengan tersambungnya hubungan antarsel otak. Karena itu, memberinya asupan nutrisi yang cukup dan beragam stimulasi akan dapat menunjang perkembangan otaknya dengan optimal.

Stimulasi tersebut seperti memberinya sentuhan kasih sayang, mengajaknya mengobrol, memperdengarkan lantunan ayat-ayat Alquran, memperkenalkannya dengan kata-kata baik, membacakan cerita, dan sebagainya. Semua stimulasi ini dapat dirasakan oleh janin seiring dengan perkembangan fungsi organnya. Perhatikan pula psikologis ibu, jika kondisinya positif, bisa menjadi stimulasi yang baik bagi pembentukan karakter si kecil kelak. Maka, peran suami juga penting untuk selalu membantu istri agar psikologisnya terjaga dalam kondisi yang baik.

3. Membiasakan dengan perkara yang bermanfaat

Kebiasaan yang tertanam di masa kecil sangat berpengaruh pada kehidupan mereka selanjutnya. Oleh karena itu, pentingnya peranan orang tua untuk mempersiapkan para penerus yang tangguh. Menyeimbangkan antara kebutuhan, kewajiban dan kesenangan yang mereka dapatkan dalam waktu yang tepat.

5. Menanamkan pada mereka untuk berbudi yang baik

Sebagai makhluk Allah yang sempurna dengan karunia-Nya berupa akal dan ilmu. Sudah menjadi kewajiban untuk beretika yang baik. Bahkan mempelajari beretika itu lebih penting sebelum menimba ilmu yang lebih tinggi.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.