Berita Nasional Terpercaya

Membangun Usaha Sampingan di Masa Kuliah

0

Bernas.id – Membangun usaha sampingan di saat kuliah merupakan pekerjaan yang sangat bagus. Selain menjadi mahasiswa juga menjadi entrepreneur, guna meningkatkan kualitas diri dalam manajemen keuangan yang dibutuhkan setiap waktu. Selain itu mahasiswa entrepreneur dapat membantu bahkan dapat mengimbangi tanggung jawab orang tua dalam finansial. Kuliah sambil membuka usaha sampingan bukan hal yang sulit, namun pekerjaan yang mudah dikerjakan dalam mengisi kekosongan waktu kuliah, terkadang mereka beralasan bahwa sibuk dengan banyaknya tugas yang diberikan oleh dosen sehingga tidak punya waktu untuk melakukan pekerjaan sampingan. Sebetulnya memang banyak tugas yang diberikan oleh dosen, namun jika bisa mengatur waktu maka hal tersebut bukan alasan untuk tidak membuka usaha sampingan akan tetapi mereka malas untuk beraksi dan beraktivitas karena beralasan masih ada orang tua yang menfasilitasi kebutuhannya.

Membangun usaha sampingan bukan hanya untuk membantu meringankan beban orang tua dalam finansial, akan tetapi untuk pelajaran persiapan masa depan yang akan datang. Karena kuliah itu bukan jaminan masa depan yang kita selalu impikan. Jika kita tidak memulai pada saat kuliah kapan kita akan memulainya. Bukannya lebih cepat lebih baik untuk mewujudkan apa yang kita impikan. Kita hanya tinggal mengatur waktu untuk dapat berwirausaha. Jika kita sudah mampu mengatur waktu maka kita mudah untuk berwirausaha saat kuliah. Apabila sudah mampu demikian maka ke depannya mudah menghadapi segala hal yang merintangi suksesnya suatu profesi yang sedang disandang.

Usaha sampingan saat masa kuliah adalah mengajar, menjadi guru privat, menulis artikel, desain, me-layout naskah, menjadi marketing buku/e-book, menerima jasa iklan, jasa komputer, menjadi karyawan dan lain sebagainya. Usaha ini banyak dilakukan oleh mahasiswa untuk mendapatkan uang tambahan, bahkan mencukupi terhadap keuangan pendidikan di masa kuliah.

Usaha sampingan merupakan hal yang penting bagi mahasiswa, selain untuk mendapatkan uang tambahan juga menjadi persiapan pekerjaan masa depan setelah lulus dari kuliah, agar setelah kuliah cepat mempunyai pekerjaan dan menghindari dari pengangguran. Karena setelah lulus kuliah belum tentu mendapatkan pekerjaan sesuai prodi yang diambil. Terkadang pekerjaan yang tidak menjadi target akan menjadi profesi di masa depan.

Jika sudah termotivasi dengan kalimat ini, segeralah beraksi sesuai skill yang dimiliki. Jangan malu meraih kesuksesan dan jangan malu menjadi mahasiswa sambil bekerja. Malulah dengan kegagalan dan menjadi pengangguran tanpa ada aktivitas yang akan menutupi dirimu dari sebuah ancaman pengangguran.

Tujuan kamu kuliah adalah mencari ilmu dan menperbaiki masa depan lebih baik. Jika kamu sudah masuk kuliah masyarakat akan menganggapmu setelah lulus nanti akan menjadi orang luar biasa dan bekerja di tempat terpercaya. Namun, jika kamu tidak mempunyai skill dan keterampilan sebelum lulus kuliah maka kebingungan akan menghantui dirimu.

Jadikan waktu luangmu untuk beraksi dalam pekerjaan sampingan, jangan hanya gunakan dengan ngobrol di dunia maya yang tidak bermanfaat. Karena waktu kamu sangat berharga dalam meraih kesuksesan di masa yang akan datang. Salam sukses!

Leave A Reply

Your email address will not be published.