Berita Nasional Terpercaya

Seru! Belajar Menjalani Hidup Dari Permainan Ular Tangga

0

Bernas.id – Dalam kutipan salah satu ayat Quran (QS 57:20) dikatakan bahwa “Hidup adalah permainan dan senda gurau..” Apa maknanya?

Banyak yang menafsirkan bahwa hidup di dunia hanya sementara dan yang kekal abadi adalah di akhirat nanti. Hidup di dunia adalah persinggahan untuk bekal di akhirat. Hidup di dunia sebagai sarana ujian bagi manusia untuk menentukan tempatnya di akhirat nanti, apakah surga atau neraka. 

Kita bisa melihat dari sudut pandang yang berbeda. Jika hidup adalah permainan, maka kita bisa belajar tentang kehidupan dari sebuah permainan. Kenapa? Karena sejatinya permainan yang ada saat ini sebenarnya adalah manifestasi dari sebuah kehidupan yang sengaja dibuat oleh manusia untuk menjadi sebuah inspirasi. 

Contohnya permainan ular tangga. Permainan anak kecil yang sudah ada sejak dulu dan sekarang bisa dimainkan di smartphone. Pelajaran atau inspirasi apa yang bisa dipetik dari permainan ular tangga?

Untuk memenangkan permainan ular tanggga, kita membutuhkan 100 langkah. Menariknya adalah 100 langkah itu bisa kita jalani hanya setengahnya saja atau di bawah 100 langkah tapi bisa juga malah lebih dari 100 langkah bahkan, 1000 langkah pun bisa. Yang bisa menjalani di bawah 100 langkah karena ia menemukan tangga-tangga yang membantunya sehingga mendapatkan jalan pintas. Yang menjalani di atas 100 langkah itu karena saat berjalan ia menemui kepala ular yang membawanya ke bawah dan harus mengulang kembali langkahnya.

Dalam hidup, setiap manusia memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam sehari. Namun dalam menjalani hidup, ada yang mencapai kesuksesan di usia muda dan ada juga yang di usia tua. Ada yang mudanya sukses tapi menjelang tua menjadi miskin. Ada juga yang mudanya berjuang dan di usia tuanya gemilang. Sama seperti permainan ular tangga, terkadang kita menemukan tangga yang memudahkan perjalanan kita meraih kesuksesan tapi terkadang kita juga menemukan kepala ular yaitu hambatan dan rintangan yang membuat kita terjatuh, gagal, bangkrut dan harus memulai lagi dari bawah. 

Uniknya lagi, terkadang saat sudah di tengah-tengah perjalanan, kita berada di kepala ular yang membuat kita terjatuh tapi setelah itu kita malah menemukan tangga panjang yang justru membawa kita mendekati garis akhir. Sama seperti hidup, terkadang kegagalan-kegagalan yang kita temui justru membawa kita kepada tangga kesuksesan. Kegagalan malah membuat kita menemui jalan yang lebih mudah dari sebelumnya. 

Silakan tanya pada orang-orang yang telah mendulang kesuksesan, berapa kali mereka mengalami kegagalan. Dan yang membuat mereka sukses adalah mereka terus melanjutkan permainan walaupun harus terjatuh dan terjatuh lagi. 

Bagaimana dengan Anda? Sudah berapa banyak kegagalan yang Anda temui? Jika Anda merasa selalu gagal berarti Anda sudah mendekati tangga menuju kesuksesan. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.