Wow, Inilah 5 Makhluk Dasar Laut Yang Mengagumkan Dan Menyeramkan!

Bernas.id - Makhluk hidup dasar laut memang sulit untuk dilihat langsung karena selain di luar jangkauan penglihatan, mereka juga seolah-olah mager (malas gerak) ke permukaan laut. Untunglah, penjelajahan yang telah dilakukan hingga dasar samudera mampu mengungkap fenomena makhluk yang mengagumkan dan menyeramkan tersebut.

Istilah makhluk di dasar laut sendiri mengacu pada organisme yang hidupnya memang di bawah zona fotik laut. Makhluk yang hidup jauh di dasar samudera ini bisa bertahan dalam kondisi yang sangat keras, mulai dari tekanan 20 hingga 1.000 bar (1 bar = 105 pascal), oksigen yang sangat minim, makanan yang sangat sedikit, ketiadaan sinar matahari, hingga suhu yang sangat dingin. Makanan yang mereka dapakan bergantung pada makanan sisa yang tenggelam dari permukaan laut hingga mencapai dasar laut.

Mongabay Indonesia telah merangkum 5 makhluk hidup dasar laut yang mengagumkan dan menyeramkan tersebut:

1. Ikan pemancing

Ikan ini menjadi terkenal saat masuk dalam karakter film animasi “Finding Nemo” yang popular tahun 2003. Ikan yang menyeramkan ini hidup di Samudra Arktik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Samudra Atlantik, dan Laut Mediterania. Ikan karnivora dari ordo Lophiiformes ini terlihat mencolok dengan bagian kepala yang besar dan lebar, serta mulut besar bergigi runcing. Keunikan ikan pemancing adalah memiliki organ bercahaya yang menggantung di atas mulutnya. Fungsi organ bercahaya itu untuk menarik perhatian mangsanya agar mendekat. Inilah alasan mengapa ia dinamakan Anglerfish atau ikan pemancing.

2. Ikan stargazer 

Ikan berwajah seram ini memiliki mata yang melotot. Ikan ini dijuluki “stargazer”. Bentuk matanya melotot di kepalanya. Ikan ini mengubur tubuh gepengnya di bawah pasir dasar samudera. Sementara bagian tubuh yang muncul hanya kepalanya saja. Begitu ada mangsa yang lewat, dengan sigap akan disambar. Stargazer (Astroscopus guttatus) hidup di perairan Atlantik utara.

3. Cumi-cumi vampir

Namanya cumi-cumi vampir karena tubuh dan matanya menyala. Ukuran cumi-cumi vampir ini relatif kecil. Panjang tubuhnya maksimum hanya 15,4 cm. Tubuhnya yang merah menyala berpadu dengan mata bercahaya, sehingga dijuluki sebagai vampir. Bentuk tubuh yang menyerupai jubah itu terhubung dengan delapan lengannya. Spesies bernama ilmiah Vampyroteuthis infernalis (cumi vampir dari neraka) adalah anggota tersisa dari keluarganya, sehingga dikenal sebagai fosil hidup.

4. Kutu laut raksasa

Dijuluki raksasa, karena tubuhnya bisa mencapai ukuran sekitar 41 cm. Mahkluk ini mirip kutu. Makhluk menyeramkan ini mampu bertahan hidup di dasar samudera hingga kedalaman 6.000 m. Kutu laut raksasa memiliki nama ilmiah Bathynomus giganteus. Makhluk dasar laut ini merupakan satu dari 17 spesies dari genus Bathynomus yang menghuni gelap dan dinginnya laut Pasifik, Atlantik, dan lautan India.

5. Hiu berjumbai

Hiu unik ini memiliki nama ilmiah Chlamydoselachus anguineus. Makhluk dasar laut ini ditemukan pertama kali di perairan Jepang pada 21 Januari 2007. Hiu berjumbai ini adalah satu dari dua Chlamydoselachus yang masih hidup. Mereka tinggal dan hidup merata di laut dalam perairan Atlantik dan Samudra Pasifik.

Itulah 5 makhluk dasar laut yang jarang diketahui. Mereka makhluk yang mengagumkan dan mengerikan. Mengagumkan karena bisa hidup di dasar laut yang tekanannya sangat kuat, tiada cahaya matahari, oksigen yang sangat sedikit, suhu yang sangat dingin. Namun demikian, Allah SWT menjamin rezeki makhluk-Nya sekalipun mereka hidup di dasar laut yang sangat dalam, dingin dan gelap gulita.


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up