Begini Cara Menghadapai Konflik Dalam Persahabatan!

Bernas.id - Seorang manusia adalah makhluk sosial, pastinya selalu bergantung kepada orang lain. Menjalin sebuah ikatan baik persahabatan, kekeluargaan hingga percintaan. Setiap orang mempunyai tipe-tipenya tersendiri dalam hal mencari sebuh kenyamanan dalam sebuah ikatan. Ada orang yang baru pertama kali bertemu sudah merasa nyaman dan ada juga yang sudah bertahun-tahun baru bisa merasa nyaman.

Hal tersebut membuktikan bahwa rasa nyaman itu bisa timbul kapan saja tergantung keadaan. Persahabatan timbul karena beberapa alasan, di antaranya kesamaan dalam hal pemikiran, kesamaan dalam hobi atau kesamaan dalam hal lainnya. Saat seseorang merasa nyaman, ia merasa sangat bahagia. Hidupnya terasa lebih berwarna dari biasanya. Ia menghabiskan hari-harinya dengan sahabatnya. Apalagi jika persahabatan telah terjalin sangat lama. Pasti sudah banyak suka duka yang telah dibagi bersama.

Namun persahabatan tidak selamanya mulus dan baik-baik saja. Selalu ada rintangan dan ujian yang menguji sebuah persahabatan. Pertengkaran dalam sebuah persahabatan adalah sebuah hal wajar untuk bumbu-bumbu persahabatan agar lebih indah. Namun jika kesalahpahaman tersebut dibiarkan begitu saja akan menyebabkan masalah yang cukup besar juga. Agar pertengkaran tidak berkelanjutan harus ada solusi yang dapat menyelesaikannya. Bagaimana cara menghadapainya? Yuk simak!

1. Saling menjaga kepercayaan

Dalam berteman atau bersahabat, kepercayaan adalah nomor satu. Walaupun kita sedang mempunyai konflik dengan teman. Kita harus tetap menjaga kepercayaan kepada teman, mungkin saja konflik tersebut yang membuat persahabatan menjadi lebih harmonis.

2. Ungkapkanlah secara jujur

Ketika ada konflik, kita harus bisa mengungkapkan curahan hati atau unek-unek kita secara jujur dan tepat. Agar tidak terlalu tersimpan di dalam hati dan menjadi sebuah dendam. Tapi kita juga harus hati-hati ketika mencurahkan. Karena bisa saja hal tersebut menjadi permasalahan baru dalam persahabatan.

3. Menjalin komunikasi yang baik

Biasanya konflik dalam sebuah persahabatan adalah miskomunikasi. Gagalnya dalam berkomunikasi sehingga bukannya permasalahan selesai tapi tambah melebar. Harus ada proses tabayun (konfirmasi) sehingga konflik terus melebar. Bicarakanlah baik-baik dengan sahabat apapun yang dialami misal ketidaksukaan atau hal lainnya.


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up