Berita Nasional Terpercaya

Inilah Dahsyatnya Sedekah yang Perlu Kamu Tahu!

0

Bernas.id – Salah satu amal ibadah yang cukup utama dalam Islam adalah sedekah. Sedekah menjadi media untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Sedekah juga merupakan media berbagi dengan kehidupan orang lain. Dengan bersedekah, egoisme kepemilikan bisa dididik lebih peka terhadap lingkungan, sehingga mampu berbagi dan memberikan sesuatu kepada orang lain. Kesadaran diri sebagai makhluk Allah swt. yang tidak mempunyai kuasa apa pun dan kesadaran diri sebagai makhluk sosial yang tidak dapat menempa hidup secara individualis tercermin dalam aktivitas bersedekah. Sedekah merupakan refleksi keimanan dan semangat untuk berbagi dengan sesama.

Sedekah merupakan salah satu media memberi. Dengan memberikan sesuatu yang kita miliki, tidak berarti hartanya berkurang, justru membuatnya bertambah. Inilah salah satu keajaiban sedekah. Makna memberi dalam bersedekah, sebenarnya hanyalah label, sedangkan hakikat yang sebenarnya ialah investasi akhirat untuk diri kita, bagai menanam dengan bibit ungul, sehingga tumbuh pucuk-pucuk baru yang lebih banyak.

?Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk. Akan tetapi, Allah-lah yang memberi petunjuk (memberi taufiq) siapa yang dikehendaki-Nya. Dan, apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan ( di jalan Allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri. Dan, janganlah kamu membelanjakan sesuatu, melainkan karena mencari keridhaan Allah. Dan, apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup, sedang kamu sedikit pun tidak akan dianiaya (dirugikan).? (Q.s Al-Baqarah{2}:272).

Dalam ayat lain, Allah Swt. menegaskan ?Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji.  Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan, Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.? (QS. Al-Baqarah [2]:261).

Keutamaan sedekah antara lain:

  • Sedekah yang balasan pahalanya sebanyak sepuluh kali lipat adalah sedekah yang diberikan kepada orang-orang fakir.
  • sedekah yang balasan pahalanya sebanyak tujuh puluh kali lipat adalah sedekah yang diberikan kepada sanak famili (yang masih ada hubungan keluarga).
  • sedekah yang balasan pahalanya sebanyak tujuh ratus kali lipat adalah sedekah yang diberikan kepada teman-temannya.
  • sedekah yang balasan pahalanya sebanyak tujuh ribu kali lipat adalah sedekah yang diberikan kepada orang yang menuntut ilmu.

Lalu, apa saja yang akan kita dapatkan saat kita berbagi dan bersedekah?

  • Orang yang senantiasa berb agi tidak akan jatuh miskin, namun justru akan kaya raya secara jiwa dan fisik.
  • Bisa melipatgandakan rezeki. Kalau Anda tidak punya harta, bersedekahlah, maka Anda akan kaya raya.
  • bersedekah akan mengangkat derajat kita di hadapan Allah dan manusia. Semakin banyak berbagi, semakin mulailah kita di hadapan-Nya.

Bersedekah juga dapat membuat mimpi menjadi kenyataan lho, simak yang berikut:

  • Setiap tahun Bill Gates dan istrinya menyedekahkan 1/3 hartanya ke lembaga sosial yang mereka dirikan dan menjadi dermawan terbesar pada abad ini.
  • Nabi Yusuf gemar bersedekah, sewaktu dia menjadi budak, menjadi anak angkat Perdana Menteri Mesir, saat di penjara, hingga akhirnya Allah angkat kedudukannya menjadi Perdana Menteri Mesir.
  • Nabi Muhammad dan para sahabat membagi-bagikan hartanya untuk umat sehingga Islam bisa menyebar ke seluruh jazirah Arab  dan seluruh dunia.
Leave A Reply

Your email address will not be published.