Siapa Pendamping Jokowi di Pilpres 2019?


02 Maret 2018

Joko Widodo (Sumber Foto: Biro Pers Setpres)

Bernas.id - Pemilihan Presiden masih lebih dari setahun lagi, namun partai politik sudah getol mengelus jagonya. PDI-P secara resmi sudah mendeklarasikan Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden untuk periode mendatang.

Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto juga mendapat dukungan untuk maju sebagai capres di Pilpres 2019. Tapi Prabowo sendiri sepertinya masih setengah hati. Ada dugaan Prabowo enggan untuk dicalonkan kembali mengingat usianya pada Oktober 2019 nanti menginjak 68 tahun. Fisiknya diduga juga kurang prima untuk menjabat lagi sebagai presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto adalah tokoh yang dinilai paling kuat untuk maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019 sebagai calon presiden (capres). Nama Wapres Jusuf Kalla (JK) kembali masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) pendamping Jokowi pada Pilpres 2019. Namun, duet Jokowi-JK ini terbentur aturan UUD 1945 dan UU Pemilu.

Menurut lembagai survei Alvara, JK masuk dalam tokoh yang diinginkan publik mendampingi Jokowi. Selain JK ada Gatot Nurmantyo, Agus Harimurti Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Muhaimin Iskandar.

Kemungkinan duet Jokowi-JK jilid 2 ini muncul setelah Ketua Dewan Pimpinan Pusat nonaktif Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Puan Maharani, mengatakan partainya mengkaji kemungkinan Jusuf Kalla menjadi cawapres mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019. Puan mengaku pihaknya masih akan mengkaji peraturan tersebut dengan melihat UUD dan UU tentang Pemilihan Umum.

 “Ini kan menjadi satu kajian karena kalau UU Pemilu yang juga menjadi pembahasan KPU walau sudah ada hitam di atas putih, implementasinya berubah-ubah,” ungkap Puan seusai penutupan Rapat Kerja Nasional III PDIP di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, Minggu (25/2).

“Kita lihat nanti di Komisi II dan Mahkamah Konstitusi,” sambungnya.

Selain itu, wartawan senior terkemuka, John McBeth dalam tulisannya di situs Asia Times beberapa waktu lalu menyebutkan Jokowi dan JK berpeluang kembali bersama di Pilpres 2019.

“Untuk saat ini, JK adalah pilihan paling aman,” ungkap sumber yang merupakan salah satu anggota tim informal kampanye Pilpres Jokowi seperti dikutip McBeth.

JK dinilai tepat jadi pendamping Jokowi karena dekat dengan umat Muslim. Hal ini bisa membantu untuk mengamankan pemilih tradisional Muslim.

Terbentur Aturan

Di usianya yang tak lagi muda, ia masih bekerja untuk rakyat. Namanya masuk bursa cawapres  untuk Jokowi pada Pilpres 2019. Namun, kemungkinan tersebut terbentur dengan Pasal 7 UUD 1945. Memilih JK kembali menjadi cawapres Jokowi maka bertentangan dengan Pasal 7 UUD 1945 yang mengatur “Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan”.

Lebih jelas bahwa masa jabatan lembaga kepresidenan tidak boleh lebih dua kali dapat dibaca dalam undang-undang terkait pemilihan presiden. Dalam peraturan pilpres terbaru, yakni Undang-Undang No 17 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum ada aturan syarat calon presiden dan wakil presiden. Pada pasal 169 UU No 17 Tahun 2017 huruf n mengatur “Persyaratan menjadi calon Presiden dan calon Wakil Presiden adalah: belum pernah menjabat sebagai presiden atau wakil presiden, selama 2 (dua) kali masa jabatan dalam jabatan yang sama”.

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Gadjah Mada (UGM) Denny Indrayana mengungkapkan bahwa berdasarkan aturan yang sudah ada, JK memang tidak mungkin lagi mendampingi Jokowi.

“Dengan segala hormat, Pak JK dan Bu Mega dan PDIP ya, masalahnya bukan pada kapasitas dan kompetensi Pak JK. Tapi memang baik Undang-Undang Dasar maupun Undang-Undang Pemilu, tidak memungkinkan Pak JK diajukan lagi sebagai calon wakil presiden,” ungkap Denny saat dihubungi Bernas, Selasa (27/2).

Jika melihat persyaratan sesuai UU Pemilu Pasal 169 huruf n, Denny menegaskan JK tidak bisa diusung lagi. Jika mengikuti aturan tersebut, maka JK tidak bisa lagi menjadi pendamping Jokowi. Sebab, JK juga pernah menjadi wakil presiden pada periode 2004-2009. Saat itu, ia menjadi wakil presiden dari Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia juga sudah menjadi wapres periode 2014-2019 mendampingi Jokowi.

“Pak JK tidak memenuhi syarat ini. Syarat untuk menjadi calon wakil presiden. Karena Pak JK sudah dua kali masa jabatan dengan jabatan yang sama,” tegasnya.

Pasal 7 UUD 1945 maupun UU Pemilu Pasal 169 huruf n tidak disebutkan untuk jabatan yang sama dengan periode berturut-turut, Denny menjelaskan kalau dipilih untuk jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan. Menurutnya, yang dimaksud dengan ‘belum pernah menjabat 2 kali masa jabatan dalam jabatan yang sama’ adalah yang bersangkutan belum pernah menjabat dalam jabatan yang sama selama dua kali masa jabatan, baik berturut-turut maupun tidak berturut. Bahkan, meski masa jabatan tersebut kurang dari lima tahun.

“Pak JK meski pun sudah dua kali meski tidak berturut-turut tidak boleh menjadi cawapres lagi,” ungkap Denny.

Ketentuan ini semakin menegaskan bahwa maksimal seseorang bisa menjabat sebagai presiden atau wakil presiden adalah dua kali periode jabatan. Hal ini disampaikan oleh Sekjen PPP Arsul Sani, Senin (26/2).

"Sekaligus menegaskan bahwa Penjelasan Pasal 169 huruf n tersebut selanjutnya menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan 'belum pernah menjabat 2 (dua) kali masa jabatan dalam jabatan yang sama' adalah yang bersangkutan belum pernah menjabat dalam jabatan yang sama selama dua kali masa jabatan. Baik berturut-turut maupun tidak berturut-turut, walaupun masa jabatan tersebut kurang dari 5 (lima) tahun," terang Arsul Sani.

Denny kembali menyampaikan agar wacana JK kembali diusung menjadi cawapres tidak diwujudkan karena bertentangan dengan UUD 1945 dan melanggar aturan syarat pencalonan wakil presiden. Berdasarkan aturan tersebut peluang JK kembali berduet dengan Jokowi kandas.

Kriteria pendamping Jokowi

Wapres JK menyampaikan terima kasih karena ada yang mengusulkan dirinya pada Pilpres 2019. Namun, ia menolak dukungan dan usulan tersebut, mengingat aturan yang sudah ada.

"Bahwa ada yang mengusulkan saya untuk ikut lagi, tentu saya berterima kasih, tetapi kita harus mengkaji dengan baik undang-undang kita, undang-undang dasar," tuturnya seusai membuka Rapimnas Institut Lembang 9 di Hotel Arya Duta, Senin (26/2).

Di lain sisi, JK sendiri sudah berulang kali mengatakan tidak akan bertarung lagi pada Pilpres 2019. JK menyadari usianya yang tak lagi muda. "Saya sudah katakan, saya ini mempertimbangkan juga segi umur, biarkan yang lebih muda," kata pria kelahiran 15 Mei 1942 itu.

JK merasa lelah dan ingin pensiun saja. Menginjak usia ke 76, ia memilih beristirahat. JK malah mengungkapkan sosok kriteria yang dinilai pantas mendampingi Jokowi dalam bursa Pilpres 2019 mendatang. Menurutnya, sosok calon wakil presiden di era mendatang harus dapat menambah elektabilitas presiden. "Artinya, tidak mengikuti elektabilitas Jokowi, tapi menambah konstituen," ungkap JK.

Ia menilai calon pendamping Jokowi harus dikenal baik oleh masyarakat dan memiliki suara cukup besar. Dikatakan JK, sosok pendamping Jokowi juga harus memiliki kemampuan dan pengalaman pemerintahan sehingga siap kalau sewaktu-waktu diminta menggantikan posisi sebagai presiden. Lebih lanjut, JK akan mendukung Jokowi pada Pilpres 2019. Ia tak mempermasalahkan sosok pendamping Jokowi dari politisi atau kalangan birokrat. Siapa yang akan menjadi pendamping Jokowi pada Pilpres 2019 nanti? 



Hi guyss..
Terimakasih sudah berkunjung ke BERNAS.id yaa..

Sekarang, BERNAS Group sedang membangun #ViralTeam di seluruh desa di
Indonesia melalui program #ViralDesa

Ingin Produk dan Jasa di desamu terkenal?
Kumpulkanlah 20 Orang untuk dilatih langsung Praktek ilmu #DigitalViralMarketing sekaligus,

Buat kalian bisa mendapatkan #RezekiDigital lewat #GotongRoyongDigital ya Guysss...
Mari menjemput #RezekiDigital, Menjadi 10-20 orang yang kami latih di BERNAS Group, untuk menjadi pengusaha Digital 2020
#ViralDesa
#Viralincome
#ViralKomisi
https://bernas.info/ViralDesa


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Olahraga

Pandemi Covid-19, Berikut Olahraga yang Digemari Anak Muda Belakangan Ini

BERNAS.ID - Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga sekarang ini sudah menjadi gaya hidup terutama untuk anak muda. Gerakan pola hidup sehat banyak digencarkan dengan menggunakan artis atau pun public figure. Ke ...

Pendidikan

Ayo Kuliah, Ini 7 Manfaat Menuntut Ilmu Sampai Perguruan Tinggi

  Bernas.id - Pendidikan Pekerjaan apa yang akan kamu lakukan kelak tentu ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor pendidikan. Meskipun banyak orang tidak tamat kuliah tapi bisa jadi pengusaha besar atau hanya ta ...

Lifestyle

Tak Perlu Khawatir Berbelanja Di Toko Ritel Selama Masa Pandemi, Cukup Perhatikan 5 Hal Ini untuk Menjaga Diri Anda

Bernas.id - Perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menuju persiapan dimulainya kembai aktivitas masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir saat ini. Menggulirkan wacana baru mengenai new normal life. ...

Pendidikan

Berbagai Masalah Pendidikan yang Dihadapi Masyarakat Indonesia, Nomor 4 Ada Solusinya

  Bernas.id –  Kehidupan yang layak bisa didapat bila seseorang mampu memberdayakan dirinya dan terus menggali potensi dalam dirinya dalan hal pekerjaan agar mendapat pendapatan yang baik. Agar bisa memberdayakan dir ...

DIY

DIY: Tambahan 3 Pasien Positif Covid-19, 9 Orang Sembuh

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta melaporkan ada tambahan 3 kasus baru pasien positif Covid-19. Sehingga kini jumlah pasien positif Covid-19 di DIY ber ...

Pendidikan

 4 Cara yang Bisa Kamu Terapkan untuk Membayar Biaya Kuliah

  Bernas.id – Pendidikan tinggi masih dipercaya sebagai salah satu cara untuk meraih kesuksesan jangka panjang di masa depan. Bukan hanya untuk meraih gelar kesarjanaan, menuntut ilmu di perguruan tinggi juga mendatangkan bany ...

Pendidikan

5 Jurusan Kuliah Favorit Paling Dicari Tahun 2020

  Bernas.id – Perkembangan teknologi, digital, dan internet beberapa tahun terakhir membuat profesi dan lapangan pekerjaan baru muncul. Sebut saja web desainer, content writer, dan desain grafis. Ketiga pekerjaan ter ...

DIY

DIY Laporkan Tambahan 2 Positif Covid-19 dan Pasien Sembuh 7 Orang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada tambahan 2 pasien positif Covid-19, Jumat (29/5/2020). Dengan demikian, jumlah pasien positif Co ...

DIY

Sri Sultan Minta Penyusunan SOP 'New Normal' Sesuai Karakter DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar segera menyelesaikan Standard Operational Procedure (SOP) new normal. SOP new ...

Ekonomi

10 Tips Menampilkan Presentasi Online yang Memikat

  Bernas.id – Era pandemi seperti ini kita dianjurkan untuk sebisa mungkin tidal berkumpul atau berkerumun dan melakukan segala sesuatu dari rumah saja. Untuk memutus rantai penyebaran virus korona, melakukan physical distanci ...

Lifestyle

Skenario New Normal, Kapolri Perintahkan Kasatwil Lakukan Ini

BERNAS.ID - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menginstruksikan agar para Kasatwil membuat peraturan penanganan penularan Covid-19. Aturan ini akan berlaku untuk pengelola tempat kerja, pelaku usaha, pelanggan atau konsumen, para pek ...

DIY

8 Orang Dinyatakan Sembuh, Tidak Ada Penambahan Pasien Positif di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan RS Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali melaporkan tidak ada tambahan kasus baru pasien positif Covid-19, Kamis (28/5/2020). Sehingga jumlah akumulasiny ...

DIY

Berjumlah 228 Kasus Covid-19, Sri Sultan Perpanjang Darurat Bencana Sampai 30 Juni

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Setelah dua hari dilaporkan tidak ada tambahan kasus baru pasien positif Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan RS Rujukan Covid-19 di DIY menyampaikan ada tambahan 2 kasus baru, Rabu (27/5/2020).&nbs ...

DIY

Hari Ini #14TahunGempaJogja, Sri Sultan Ajak Warga DIY Lakukan Ini

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Tepat 27 Mei menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan bagi warga Daerah Istimewa Yogyakarta maupun Jawa Tengah. Hal ini karena adanya gempa bumi berkekuatan 5,9 SR yang mengguncang DIY, khususnya Kabupaten B ...

Ekonomi

Buka Usaha Franchise Bonus Mentoring Bisnis Gratis

Bernas.id – Membuka usaha baru saat suasana pandemi seperti saat ini memanglah sangat riskan. Selain dampak berbagai kebijakan pemerintah dalam pencegahan semakin menyebarnya virus corona juga disebabkan oleh menurunnya daya beli masy ...

DIY

Dua Hari Berturut-turut DIY Laporkan 0 Kasus Positif Covid-19, Netizen: Alhamdulillah!

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta melaporkan tidak ada tambahan kasus baru pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, Selasa (26/5/2020). Dengan de ...

Ekonomi

7 Langkah Sederhana Memindahkan Bisnis Offline ke Online

BERNAS.ID - Bisnis offline kini semakin tertekan karena adanya perubahan tren belanja yang beralih ke dunia online. Transaksi digital yang terus berkembang semakin memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus rep ...

Pendidikan

Teknik Industri: Ketika Teknik Bertemu Manajemen

Teknik Industri adalah program studi yang relatif baru di Indonesia dibandingkan dengan kebanyakan prodi teknik lainnya. Meskipun relatif baru, program studi ini sama sekali tidak sepi peminat. Justru, dari tahun ke tahun, pendaftarnya maki ...

Pendidikan

Berbagai Jenis Beasiswa yang Ada di Kampus, Simak Persyaratannya

  Bernas.id – Ada kemudahan finansial yang bisa kamu dapatkan saat kuliah. Tentu saja kemudahan dan bantuan ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang membutuhkan. Bantuan tersebut dikenal dengan istilah beasiswa. Beasiswa adala ...

DIY

Kabar Baik! Tak Ada Tambahan Pasien Positif Covid-19 dan Meninggal di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ada kabar baik di Hari Raya Idul Fitri kedua tidak ada penambahan kasus baru pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan yang meninggal dunia di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (25/5/2020). Berdasarka ...

Ekonomi

Tips Memulai Usaha Kuliner Khusus Delivery Service

BERNAS.ID - Berjualan secara online tidak akan ada batasnya, mulai dari produk fashion, peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, kendaraan, hingga makanan. Saat ini produk jenis makanan atau usaha kuliner juga bisa menggunakan toko onl ...

Lifestyle

Tak Bisa Hidup Normal Seperti Dulu, Achmad Yuri: Harus Lakukan Kebiasaan Baru

BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum normal. Apalagi kasus baru pasien yang positif terinfeksi virus corona masih terus bertambah dan belum melandai. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Cov ...

Kesehatan

Pasien Positif Covid-19 di Indonesia Tembus Angka 22 Ribu, DIY Bertambah 1 Kasus

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Penularan virus corona masih terjadi di tengah masyarakat Indonesia. Kasus Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta bertambah 1 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Melansir dari Instagram resmi Humas Pemda ...

Lifestyle

4 Tips untuk Mahasiswa Kos, Bebas Homesick karena Enggak Mudik

  Bernas.id – Lebaran kali ini terasa berbeda dan luar biasa bagi sebagian besar orang. Merayakan lebaran di tengah pandemi membuat banyak ritual dan aktivitas tidak bisa dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Mudik atau pu ...

Lifestyle

6 Tips untuk Mahasiswa Saat Lebaran di Rumah Aja

    Bernas.id – Nampaknya kuliah online masih akan berjalan cukup lama. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan berita bahwa penyebarang virus corona penyebab penyakit covid-19 belum kunjung usai. Hal ini menyebabkan b ...

Ekonomi

7 Tips Jitu Memenangkan Persaingan Bisnis Online

BERNAS.ID - Dunia digital yang semakin berkembang membuat orang bisa melakukan apapun dengan mudah, termasuk berbisnis. Itu mengapa kini bisnis online semakin menjamur baik itu yang berskala kecil maupun besar. Pangsa pasar besar, modal yan ...

Lifestyle

Video Call, Jokowi dan Ma'ruf Saling Bersilaturahmi Virtual Saat Idul Fitri

BERNAS.ID - Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut bersilaturahmi pada Hari Raya Idul Fitri pada Minggu (24/5/2020). Namun, Idul Fitri tahun ini, masyarakat tak boleh saling berkunjung dari rumah ke rumah lantaran ...

Lifestyle

Lebaran Tetap Asyik Meski di Tengah Pandemi

Bernas.id - Ramadan telah berlalu. Waktu seakan berlari dengan kencangnya, baru juga kemarin sedikit sedih karena tidak dibolehkannya acara buka puasa bersama alias bukber karena social distancing, tak terasa kini sudah sampai pada hari ray ...

DIY

Jelang Idul Fitri Ada Tambahan 5 Pasien Positif Covid-19 di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, ada tambahan 5 orang pasien positif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penambahan kasus Covid-19 di DIY didominasi oleh klaster keluarga karyawan Indogrosir. Kini, j ...

Kesehatan

Sebelum Makan Hidangan Lebaran, Ini Tips Agar Tetap Menyehatkan

BERNAS.ID - Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 24 Mei 2020, meski masih ada pandemi virus corona (Covid-19) tentu saja urusan masak hidangan khas tetap dilakukan. Ada beragam makanan khas saat Lebaran seperti ketupat, opor, olahan daging, dan ...

Pendidikan

Jangan Tunda Bergabung Di UNMAHA, Beasiswanya Membuka Peluang Emas Masa Depan!

Bernas.id - Berasal dari keluarga kurang mampu bukan hal yang dapat dipilih oleh seorang anak ketika ia dilahirkan. Mampu membiayai kuliah anaknya sampai jenjang yang tinggi adalah harapan setiap orang tua. Namun kebutuhan hidup dan penghas ...

DIY

220 Pasien Positif Covid-19 di DIY, Tambahan dari Klaster Indogrosir

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta masih terus bertambah terutama dari klaster Indogrosir. Berdasarkan hasil laporan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid- ...

Kesehatan

Jelang Idul Fitri, Task Force Covid-19 MPC PP Jaksel Bagi-bagi Sembako dan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

JAKARTA, BERNAS.ID - Jelang hari Raya Idul Fitri 1441 H, warga di dua kecamatan di Jakarta Selatan, yakni Kecamatan Cilandak dan Kecamatan Kebayoran Baru mendapat bantuan sembako dari Taks Force Covid-19 Majelis Pengurus Cabang Pemuda ...

Pendidikan

9 Istilah Teknologi Informasi Ini Ada Padan Katanya dalam Bahasa Indonesia, lho!

  Bernas.id – Era teknologi informasi menyebabkan munculnya istilah-istilah baru yang dengan cepat terdengar familiar di telinga masyarakat. Istilah tersebut dapat segera diterima karena sangat sering dipakai dan diucapkan dal ...

Pendidikan

5 Tips Nulis CV Agar Lolos Seleksi Beasiswa

  Bernas.id – Menulis dan membuat Curriculum Vitae atau yang lebih dikenal dengan CV tidak bisa sembarangan. CV adalah salah satu persyaratan yang penting ketika kamu mengajukan lamaran, mulai dari lamaran kerja, lamaran magan ...

Lingkungan

Menteri Siti : Pertama Kalinya Indonesia Menerima Pembayaran Hasil Penurunan Emisi GRK

JAKARTA,BERNAS.ID - Keberhasilan Indonesia menekan laju deforestasi dan degradasi hutan, serta berbagai konsistensi kebijakan pendukung lainnya di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, telah berhasil menurunkan emisi Gas Rumah ...

Kesehatan

Pertama Kalinya, Tambahan Pasien Positif Covid-19 Nyaris 1.000 Dalam 24 Jam

BERNAS.ID - Kabar mengejutkan penambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia pertam kalinya memecahkan rekor harian. Terjadi penambahan kasus baru pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 973 orang, per Kamis (21/5/2020).&nb ...

Pendidikan

Asyiknya Program Studi Manajemen

Kata “manajemen” sudah pasti tidak asing lagi di telingamu begitu juga bagi kebanyakan orang di luar sana. Program studi ini tergolong sebagai program studi yang cukup fleksibel dalam hal prospek karir. Selain itu, banyak orang ...

DIY

Tambahan Klaster Jamaah Tablig dan Indogrosir, Pasien Positif Covid-19 di DIY 206 Orang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bertambah 6 orang, Selasa (19/5/2020). Jumlah pasien positif Covid-19 di DIY kini mencapai 206 orang. Berdasarkan hasil laporan Dinas Kes ...

DIY

Pasien Positif Covid-19 di DIY 200 Orang, Ini Pesan Sri Sultan untuk Anak Muda

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Berdasarkan hasil laporan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga Senin (18/5/2020) pasien yang terkonfirmasi positif virus cor ...

Kesehatan

Tagar Indonesia Terserah Dimata Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing

JAKARTA,BERNAS.ID - Tagar Indonesia menjadi viral di media sosial yang banyak dicuitkan pengguna Twitter dan diunggah di Instagram beberapa hari ini #IndonesiaTerserah dianggap bentuk kekecewaan dari tim medis yang tengah berjuang men ...

Kesehatan

Doni Monardo Tanggapi #IndonesiaTerserah, Jumlah Pasien Positif Covid-19 Tembus 18 Ribu

BERNAS.ID - Tagar #IndonesiaTerserah masih bertahan menjadi salah satu trending topic Twitter. tagar tersebut merupakan salah satu bentuk protes tenaga medis. Hal ini karenan banyak masyarakat yang nekat bepergian, mudik, bahkan masih ...

Pendidikan

Peringatan Hari Buku Nasional, Ini Pandangan Buku Di Mata MenteriLHK Siti Nurbaya

JAKARTA,BERNAS.ID - Hari Buku Nasional guna memperingati pentingnya budaya membaca. Peringatan Hari Buku Nasional (Harbuknas) telah dimulai sejak 2002, dicetuskan saat masa Menteri Pendidikan, Abdul Malik Fadjar. Penetapan Harbuknas d ...

Lifestyle

Ini Pondasi Dasar Dalam Berbisnis Bagi Entrepreneur

BERNAS.ID - Seorang Entrepreneur harus memiliki pondasi dasar yang kuat sebelum melangkah lebih jauh dalam berkecimpung di dunia bisnis. Berikut pondasi dasar yang harus dimiliki seorang pengusaha :  Mindset/Pola Pikir Berbicara te ...

Lifestyle

Tips Jitu Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis Kamu

  Bernas.id - Hadirnya berbagai macam platform social media seperti Instagram, Facebook, Twitter, Line, Youtube, dan sebagainya dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempromosikan bisnis mereka. Perusahaan tidak lagi men ...

Lifestyle

Berikut Menu Buka Puasa yang Tak Menguras Kantong

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Momen buka puasa merupakan sesuatu hal yang ditunggu-tunggu setelah seharian menahan nafsu, lapar dan dahaga. Tak perlu makanan mahal, yang murah meriah saja sudah bikin hati senang. Anda bisa menyiapkan menu spes ...

Ekonomi

Tips Menyediakan Layanan Food Delivery untuk Bisnis Kuliner Anda

BERNAS.ID - Adanya layanan delivery makanan atau food delivery di rumah makan Anda akan menjadi nilai positif bagi bisnis Anda. Menurut beberapa survey, pendapatan yang dihasilkan restoran dari layanan delivery makanan cukup banyak.  ...

Ekonomi

5 Manfaat Pembayaran Non Tunai atau Digital Payment untuk UMKM

BERNAS.ID - Dewasa ini, UMKM sudah mulai beralih ke metode pembayaran digital. Hal ini ditandai dengan tingginya pengguna digital payment di Indonesia. Jumlah UMKM yang sudah go-digital mencapai 3,57 orang pada tahun 2019. Jumlah tersebut m ...

Pendidikan

9 Keunggulan Kuliah di Kampus Swasta Yang Bisa Kamu Dapatkan

  Bernas.id – Jangan minder jika kamu harus kuliah di kampus swasta. Banyak keunggulan dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah di kampus swasta. 1. Persaingan Tidak Terlalu Ketat Daya tampung mahasiswa di ka ...

Ekonomi

Oreo Supreme Bukti Jual Brand Bukan Lagi Isu

Bernas.id - Biskuit tiga keping dibrandrol seharga 600 ribuan? Gila. Mungkin demikian yang terlintas di benak orang awam. Jangankan terpikir membeli biskuit harga selangit, untuk membeli beras sepuluh ribu rupiah saja masih harus peras otak ...