Berita Nasional Terpercaya

Dua Menteri Ini Jajal Mendaki Gunung Ijen Sebelum AM IMF-WB 2018

0

BANYUWANGI, Bernas.id ? Indonesia akan menjadi tuan rumah Annual Meeting International Monetary Fund – World Bank (AM IMF-IB) 2018. Para menteri sudah mulai sibuk menyiapkan acara tersebut. salah satunya, para menteri mendaki Gunung Ijen, Jawa Timur.

Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mendaki gunung pada Jumat (2/3/18) dini hari. Keduanya mendaki Gunung Ijen bersama rombongan dari Kementerian Maritim, Kementerian Keuangan, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo dan rombongan Bank Indonesia, Kementerian Pariwisata, Kementerian LingkunganLhidup dan Kehutanan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

“Kami naik ke Ijen mulai pukul dua dini hari  dan tiba di puncak sekitar pukul empat dini hari,” ungkap Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim, Safri Burhanuddin, Jumat (2/3/18).

Ia menambahkan pendakian ke Gunung Ijen dilakukan dalam rangka meninjau persiapan Banyuwangi sebagai salah satu destinasi wisata dalam agenda Voyage To Indonesia, Annual Meeting International Monetary Fund – World Bank (AM IMF-IB) 2018 di Denpasar, Bali.

Mereka mendaki gunung Ijen selama dua jam. Perjalanan dimulai pukul 02.00 pagi dan tiba di puncak sekitar pukul 04.00. Safri mengungkapkan Menteri Sri Mulyani dan Luhut sangat puas.

“Mereka (Luhut dan Sri Mulyani) sangat puas dan langsung membuat diskusi dengan bupati (Abdullah Azwar Anas) untuk tindak lanjut pengembangan kawasan Ijen,” kata Safri.

Menurutnya ada beberapa fasilitas yang menjadi perhatian rombongan, yakni perapian jalan ke puncak, area istirahat, toilet, fasilitas internet, lampu jalan, dan papan petunjuk. Mereka mengharapkan fasilitas tersebut bisa dilengkapi untuk membantu memperkenalkan kawah Ijen kepada peserta AM IMF-WB 2018.

Banyuwangi ditunjuk oleh pemerintah pusat menjadi daerah penyangga Bali. Luhut dan Sri Mulyani tiba di Banyuwangi, Kamis (1/3/18) meninjau kesiapan Banyuwangi, termasuk bandara dan lokasi wisata.

Leave A Reply

Your email address will not be published.