Berita Nasional Terpercaya

‘Orang Penting’ MCA Family Ditangkap, Ajari Bikin Akun Palsu

0

JAKARTA, Bernas.id ? Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittpid Siber) Bareskrim Polri kembali menangkap salah seorang pelaku pembuat berita bohong (hoaks) dan penyebaran ujaran kebencian.

Pelaku sempat mencoba untuk melarikan diri dan menghilangkan barang bukti supaya tidak terlacak jejaknya oleh petugas. Namun, akhirnya dia ditangkap di kediaman mertuanya di Serdang, Begadai, Sumatera Utara.

Direktur Tipid Siber, Brigjen Pol Fadil Imran menjelaskan pelaku yang ditangkap atas nama Bobby Gustiono diduga merupakan orang penting dalam kelompok The Family Muslim Cyber Army (MCA). Bobby diketahui memiliki dua akun di Facebook atas nama Bobby Siregar dan Bobby Gustiono. Bobby, merupakan salah satu admin dan pengelola dari tiga akun group Facebook dari MCA.

“Pelaku yang menggunakan Profile Picture 'seorang anak kecil' di Akun FB Bobby Siregar dan Bobby Gustiono. Selain sering memposting Hate Speech, SARA dan hoaks ke group-group FB yang diikutinya (lebih dari 50 group FB),” ungkap Fadil lewat keterangan tertulis, Senin (5/3/18).

Ia mengungkapkan bahwa pelaku memiliki tugas khusus selain menyebarkan ujaran kebencian, yaitu bertugas memberikan laporan akun lawan agar disuspend atau dinonaktifkan.

“Bahkan, pelaku mampu, menonaktifkan lebih dari 300 Akun Facebook setiap bulannya,” ujarnya.

Menurutnya, tugas lain yang dilakukan pelaku adalah memberikan tutorial kepada anggota grup-nya. Pelatihan itu dilakukan agar para anggotanya itu bisa membuat akun Facebook palsu yang seolah asli dengan mencuri identitas orang lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.