Berita Nasional Terpercaya

Inspirasi Warna Ruang Keluarga

0

Bernas.id – Satu bagian rumah yang memiliki fungsi sangat penting adalah ruang keluarga. Pasalnya, ruang keluarga adalah tempat bagi seluruh anggota keluarga berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. Oleh karena itu, ruang keluarga seyogianya mampu menghadirkan suasana menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga.Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghadirkan suasana menyenangkantersebut adalah dengan cara mengaplikasikan warna cat dinding yang tepat.

Spesialis warna asal Amerika Serikat Leatrice Easman, dalam bukunya berjudul Colors for Your Every Mood menjelaskan bahwa warna pada dasarnya mampu memengaruhi mood seseorang. Moodyang dimaksud di sini adalah keadaan emosional yang bersifat sementara yang bisa memilki kualitas baik atau buruk. Orang dengan mood baik cenderung merespon segala sesuatu dengan positif, sementa orang dengan mood buruk sebaliknya.Warna tertentu memunculkan mood tertentu, sementara warna yang lain memunculkan mood yang lain.

Mood yang muncul karena pengaruh warna biasanya ditentukan oleh memori seseorang terhadap warna tersebut. Sebagai contoh, warna biru kerap mengingatkan padalangit yang cerah dan cuaca yang baik, sehingga memunculkan mood yang baik pula. Begitu pula warna kuning yang mengingatkan pada sinar matahari pada pagi menjelang siang hari yang cerah.Sementara warna merah yang mengingatkan pada api memunculkan suasana enerjik dan penuh semangat.

Tidak semua warna yang bisa menghadirkan suasana menyenangkan dan memunculkan mood yang baik bisa diaplikasikan begitu saja pada ruang keluarga. Anda mesti memilih dan memilah warna yang juga sesuai dengan fungsi ruang keluarga tersebut, yaitu sebagai tempat bercengkerama seluruh anggota keluarga. Untuk itu, Anda bisa mengaplikasikan warna-warna kalem yang menghadirkan suasana tenang dan santai.

Warna pertama yang layak Anda pertimbangkan adalah putih. Warna putih merupakan warna netral yang mudah dikombinasikan dengan warna-warna lain, sehingga membuat tampilan ruang keluarga lebih hidup. Warna putih mampu menghadirkan suasana ruangan yang cerah dan bersih sehingga memunculkan mood yang ceria. Selain putih, biru muda juga sangat cocok diaplikasikan pada ruang keluarga. Selain menghadirkan suasana tenang dan santai, ruang keluarga yang dicat dengan warna biru muda juga terkesan lembut dan nyaman, sehingga memunculkan mood yang santai. Dengan demikian, anggota keluarga jadi kerasan bersantai di ruang keluarga.

Anda juga bisa menjadikan warna hijau sebagai pilihan. Warna yang lekat dengan kesan alami ini, mampu menghadirkan suasana yang akrab sehingga sangat cocok untuk diaplikasikan di ruang keluarga. Selain itu, warna hijau juga menyegarkan mata serta mengembalikan energi Anda. Kaitannya dengan mood, warna hijau mampu memulihkan mood yang buruk menjadi lebih baik. Kendati demikian, Anda mesti hati-hati dalam mengaplikasikan warna ini. Pasalnya, penggunaan warna hijau yang berlebihan bisa menyebabkan ruangan tampak gelap. Solusinya, Anda bisa memadupadankan warna hijau dengan warna-warna terang atau mengolah warna hijau menjadi hijau muda yang kalem tanpa kehilangan kesan segarnya.

Satu warna lagi yang layak Anda pertimbangkan adalah ungu. Warna yang sangat cocok diaplikasikan pada ruang keluarga bertema modern ini mampu menghadirkan suasana hangat. Selain itu, warna ungu juga memberikan kesan akrab dan aman pada ruangan, sehingga akan memunculkan mood yang baik bagi seluruh anggota keluarga. Dalam mengaplikasikan warna ungu, Anda bisa memadu padankan dengan warna-warna terang seperti putih atau dengan perabot yang berwarna senada.

Untuk dapat menghadirkan aneka warna tersebut di ruang keluarga, Anda tentu membutuhkan cat dinding yang menyediakan banyak pilihan warna. Belazo Maxima produksi PT. Indaco Warna Dunia hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut. Selain tersedia dengan berbagai pilihan warna, Belazo Maxima juga aman dan nyaman digunakan. Aman karena 100% berbahan dasar air serta tidak mengandung timbal dan raksa, nyaman karena karena tidak berbau menyengat. Anda dan keluarga pun tidak perlu mengungsi dari rumah ketika proses pengecatan.

Mari ciptakan ruang keluarga yang maksimal menghadirkan suasana menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga, dengan cara memilih warna cat dinding yang tepat. Belazo, Live Your Style.

Leave A Reply

Your email address will not be published.