Muslim Cyber Army


06 Maret 2018

Ilustrasi. (Sumber foto: Tim Grafis Bernas)

Bernas.id - Suatu kali, Kementerian Komunikasi dan Informatika pernah diminta untuk menutup situs penyebar hoaks. Tapi sebagaimana dikatakan menterinya, hari ini ditutup seratus, besok akan muncul seribu, bahkan puluhan  ribu. Jadi percuma menutupnya. Demikian juga situs porno yang bertebaran dengan bebas di berbagai platform. Hari ini diblokir, besok akan muncul ribuan situs lainnya. 

Apalagi bagi yang pernah mengksesnya sekali saja, maka akan muncul  berbagai situs dalam bentuk yang bermacam-macam ketika membuka platform apa saja. Itulah dunia digital yang dengan gampang merekam kebiasaan kita dalam berselancar di dunia maya. Data kita sudah masuk ke dalam suatu sistem big data yang akan merekam kebiasaan kiat berselancar di dunia maya. Kemudian mereka akan menawarkan bermacam-macam situs yang terkait dengan yang kita akses tersebut.

Baca juga MCA Sebarkan Hoaks di Medsos, MUI Minta Polisi Tangkap Otak Pelaku

Perkembangan yang pesat di dunia digital tersebut juga berimbas kepada munculnya beragam blog dan situs berita. Dengan membeli domain yang bebas dijual, kita dapat membuat blog atau situs berita apa saja sesuai dengan kehendak kita. Dalam blog ini orang bebas mengeluarkan pendapatnya, terutama pendapat pribadi tentang sesuatu hal. Ketika pendapat pribadi ini bertemu dengan kepentingan politik, maka bermunculan situs-situs berita yang tidak dapat dipertanggugjawabkan.

Karena berita sudah berubah menjadi kepentingan dan pendapat pribadi, maka jika ada berita yang muncul tidak sesuai dengan pendapatnya, meskipun berita tersebut benar, maka dia tidak akan dapat menerimanya. Maka muncullah berita tandingan sesuai dengan kepentingan yang bersangkutan. Lama-lama berita yang muncul berubah menjadi hoaks, alias berita bohong. Di samping berisi berita yang tidak benar, juga memunculkan fitnah. Di sinilah pemerintah harus berperan dalam mengawasinya. Bagaima caranya? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama menutup situs berita yang bersangkutan, kedua mencari siapa pemilik situs tersebut dan meminta pertanggungjawabannya.

Baca juga Fadli Zon: MCA Sebar Hoax, Upaya Mematikan Demokrasi

Jika cara pertama yang dilakukan oleh pemerintah, maka tidak akan menyelesaikan masalah. Seperti yang dijelaskan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika di atas, hari ini ditutup seratus situs berita hoaks, maka besok akan muncul seribu situs yang sama, bahkan lebih lagi. Untuk itu pemerintah harus melakukan cara berikutnya, yaitu mencari siapa pemilik berita tersebut dan meminta pertanggungjawabannya. Untuk itu pemerintah melakukan patroli saiber di dunia maya. Semua harus mempertanggungjawabkan apa yang diunggah sesuai dengan undang-undang informasi dan transkasi elektronik (UU ITE). 

Tidak hanya situs dunia maya, melainkan juga media sosial. Karena kadang dari sinilah berawalnya kegaduhan tersebut. Sebenarnya berita hoaks ini sudah muncul ketika Pilres 2014 lalu. Tapi lebih banyak melalui media cetak. Masih segar dalam ingatan kita ada sekelompok orang memberitakan hal yang tidak benar terhadap salah satu calon presiden melalui suatu tabloid yang diterbitkan khusus menjelang pemilihan presiden. Mereka menyebarkannya secara masif, terutama di daerah Pulau Jawa, tapi kemudian hilang begitu saja ketika Pilpres usai. Meskipun yang membuatnya akhirnya diterungku. 

Baca juga Akui Kelompok MCA, Ada Tugasnya Masing-masing

Bukannya hilang, malah sepanjang pemerintahan Presiden terpilih berlangsung, berita hoaks semakin menjadi-jadi seiring dengan perkembangan media sosial. Mereka  kemudian mendapatkan tempatnya ketika Pilkada DKI lalu. Beragam isu dilontarkan, terutama berkaitan dengan isu agama, ras, dan antar golongan.  Sehingga isu politik identitas pun lantas mendapatkan tempatnya. Jujur saja, Pilkada DKI lalu adalah sebuah peristiwa yang memalukan untuk negara Indonesia yang sudah bertekad mengambil sistem demokrasi.

Sebaliknya, ini adalah momen awal munculnya politik identitas oleh sebagian orang yang didukung oleh beragam situs dan media sosial yang sejalan dengan kelompok tadi. Mereka mengangap berhasil dalam Pilkada DKI lalu. Nah, prinsip-prinsip inilah yang kemudian disinyalir mereka bawa ke dalam Pilkada serentak 2018. Pemerintah tidak boleh membiarkan hal ini. Pemerintah harus menyetopnya. 

Baca juga Ada Istilah Sniper di Dalam Kelompok Penyebar Hoaks MCA

Niat pemerintah untuk melakukan pengawasan sudah dimulai dengan cara meresgistrasi nomor telepon pintar berikut dengan nomor KTP dan nomor Kartu Keluarga. Dengan demikian akan terdata siapa saja pemilik nomor telpon tersebut. Bekerjasama dengan provider penyedia kartu telepon pemerintah akan dapat dengan mudah mendeteksi keberadaan pemiliknya. Hal yang sama juga dilakukan oleh beberapa negara di dunia. Bukan Indonesia saja. Ini menyangkut keamanan negara dari perbuatan orang-orang yang tidak bertanggungjawab dengan memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan hoaks, berita fitnah. Inilah yang dilakukan pemerintah baru-baru ini dalam melakukan penertiban terhadap beberapa situs yang mengatasnamakan Muslim Cyber Army. Siapakah mereka ini sebenarnya?

Baca juga Polisi: 3 Penyebar Hoax Penyerangan Tokoh Agama di Jatim Anggota MCA

Sejumlah tersangka ditangkap Senin (26/2) lalu.  ML (40 tahun) ditangkap di daerah Sunter, Jakarta Utara. YUS, dicokok polisi di Sumedang, Jawa Barat.  Sedangkan tersangka RSD ditangkap di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka dan Belitung. Dari Jembrana, Bali, polisi juga berhasil mengamankan seorang tersangka dengan inisial RS. Seorang lagi, RC berhasil digelandang oleh Polisi dari Palu. 

Baca juga 'Orang Penting' MCA Family Ditangkap, Ajari Bikin Akun Palsu

Polisi berharap dengan penangkapan ini ada efek jera, sehingga yang lainnya tidak melakukannya lagi. “Polisi nggak akan mampu menangkap semua penyebar hoaks di media sosial, yang kita harapkan adalah efek jeranya. Kita harapkan dengan adanya penangkapan ini, yang lainnya akan jera,” ujar Setyo Wasisto, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri.

Sementara itu Kepala Staf Presiden Muldoko mengatakan, bahwa penangkapan ini sudah tepat. “Demi mengurangi penyebaran berita dusta di media sosial,“ ujarnya.

Baca juga Ustaz Bachtiar: MCA yang Ditangkap Bukan Sebenarnya

Menarik apa yang diungkapkan oleh Damar Juniarto, Regional Koordinator SAFENet kepada Bernas kemarin (5/3) sore. "Bahwa MCA ini terdiri atas empat klaster yang berbeda, yaitu MCA yang terkait dengan GNPF MUI, MCA Al-Fath, MCA afiliasi PKS, dan MCA Ronin (yang tidak terkait dengan apapun). Tapi meskipun demikian tujuan mereka sama," ujar Damar. Tiap kelompok memiliki simbol dan kepentingan sendiri-sendiri. Namun dalam beberapa hal mereka dapat bekerja sama. “Nah yang ditangkap oleh polisi kemarin itu dari group WA yang mana?” ujarnya mempertanyakan. Damar juga mengingatkan Polisi, bahwa setiap orang memiliki kebebasan dalam berkumpul dan berserikat. Tentu dalam batas-batas yang sesuai dengan undang-undang.

Lebih jauh Damar menjelaskan, bahwa pada awalnya MCA ini timbul untuk merespon situasi internasional yang tidak menguntungkan umat Islam di dunia. Namun akhirnya secara nasional mereka menemukan lawan dengan adanya JASMEV (Jokowi Advanced Social Media Movement). Untuk merespon Jasmev maka dibangun kekuatan di media sosial yang berkelindan dengan kelompok pendukung Prabowo yang masih belum menerima kekalahan pada kontestasi Pilpres 2014 lalu. Mereka memiliki tujuan antara lain menjatuhkan Ahok di Pilkada 2017, memenangkan Pilkada serentak 2018, dan menumbangkan Jokowi pada Pilpres 2019.

Baca juga Ratusan Akun Lawan Bisa Ditutup Facebook Gara-Gara Ulah Anggota Inti MCA Ini

Dalam pantauan SAFNet, ujar Damar, kemampuan MCA ini tidak hanya dalam memroduksi konten hoaks, melainkan juga mereka memiliki kemampuan secara teknis, antara lain dalam kemampuan doxing. Melalui doxing ini mereka mampu meretas akun seseorang secara illegal dan mengetahui posisi yang bersangkutan.  Ini terbukti dengan mampunya mereka menemukan orang-orang yang melakukan tindakan yang menurut mereka tidak pantas. Sehingga mereka melakukan persekusi terhadap yang bersangkutan. Dimulai dari meretas, mem-bully, menganiaya sampai melakukan tindakan kekerasan. Selain itu, menurut Damar, mereka juga memiliki kemampuan untuk membentuk trending topic, dan akuisisi akun. (Tulisan pertama dari dua tulisan).(RT)



Hi guyss..
Terimakasih sudah berkunjung ke BERNAS.id yaa..

Sekarang, BERNAS Group sedang membangun #ViralTeam di seluruh desa di
Indonesia melalui program #ViralDesa

Ingin Produk dan Jasa di desamu terkenal?
Kumpulkanlah 20 Orang untuk dilatih langsung Praktek ilmu #DigitalViralMarketing sekaligus,

Buat kalian bisa mendapatkan #RezekiDigital lewat #GotongRoyongDigital ya Guysss...
Mari menjemput #RezekiDigital, Menjadi 10-20 orang yang kami latih di BERNAS Group, untuk menjadi pengusaha Digital 2020
#ViralDesa
#Viralincome
#ViralKomisi
https://bernas.info/ViralDesa


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Lifestyle

5 Pilihan Pekerjaan Sambilan untuk Mahasiswa Saat Weekend

  Bernas.id – Sebagai mahasiswa pasti ada rasa ingin memiliki pekerjaan paruh waktu, bukan? Motivasinya bisa macam-macam, ada yang memang membutuhkan penghasilan, mencari pengalaman, mengisi waktu luang, hingga ingin agar ilmu ...

DIY

Laporkan 0 Positif Covid-19, Persentase Pasien Sembuh di DIY Capai 71,3 Persen

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan tidak ada penambahan kasus baru pasien positif Covid-19 ada Selasa (2/6/2020).  "Tidak ...

Wacana

Kemenag Batalkan Pemberangkatan Haji, Ini Tanggapan Sekum PP Muhammadiyah

JAKARTA, BERNAS.ID - Kementerian Agama telah memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 2020. Keputusan tersebut diambil mengingat pandemi Covid-19 masih melanda hampir seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia ...

Lifestyle

4 Jebakan Bagi Pengusaha. Awas, Nomor Empat Paling Membahayakan!

Bernas.id - Menjadi seorang pengusaha adalah sebuah pilihan karena sejatinya pengusaha adalah jenis pekerjaan yang tidak akan ada selesainya. Pengusaha sukses tidak akan berhenti pada satu titik, dia akan terus bergerak demi keberlangsungan ...

Ekonomi

Wapres RI: Indonesia Berpeluang Besar Jadi Produsen Halal Terbesar di Dunia

BERNAS.ID - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan sudah menjadi kewajiban negara untuk melindungi umat lslam sebagai mayoritas di Indonesia dari muamalah yang tidak syariah. Menurutnya, peran Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, da ...

Lifestyle

5 Tips Cepat Move On Setelah Putus Cinta

BERNAS.ID - Mengalami putus cinta karena ditinggal orang tersayang itu memang menyakitkan. Terlebih lagi, jika hubungan sudah terjalin cukup lama. Tentunya tidak mudah untuk melupakan semua kenangan indah. Iya, kan? Begitu sulit untuk me ...

Pendidikan

Ajari Anak Berbisnis Sejak Kecil? Why Not!

Bernas.id - Pengertian bisnis secara sederhana adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang, atau organisasi pada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utama mencari keuntungan atau laba. Bi ...

Kesehatan

Muhammadiyah Kaji Pelaksanaan Salat Jumat Dua Gelombang

YOGYA, BERNAS.ID - Pimpinan Pusat Muhammadiyah kini sedang mengkaji dan menyusun protokol pencegahan Covid-19 terkait arahan pemerintah tentang pembukaan masjid. Salah satu kajian yang dibahas mendalam adalah pelaksanaan salat Jumat da ...

Ekonomi

6 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis di Media Sosial

  Bernas.id – Maraknya bisnis online di dunia maya membuat banyak pebisnis pemula muncul dan memcoba peruntungannya. Ada yang langsung melejit namun kemudian hilang, ada juga yang naiknya perlahan dan bisa bertahan. Ke ...

Pendidikan

11 Aturan Penting UTBK-SBMPTN 2020 yang Menjadi Standar Dasar Keikutsetaan dalam Seleksi

Bernas.id- Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020 yang sebentar lagi dibuka pendaftarannya kini memasuki masa akhir sosialisasi program. LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguran Tingg ...

DIY

Ada 1.516 PDP, Sri Sultan Lihat Kesiapan DIY Sebelum Terapkan New Normal

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali melaporkan ada tambahan 3 kasus baru pasien positif Covid-19, Minggu (31/5/2020). Berdasarkan hasil laporan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan RS Rujukan Covid-19 di ...

Lifestyle

Cara Membuat Salad Buah yang Segar dan Sehat

BERNAS.ID - Salad buah merupakan hidangan dessert yang nikmat dan enak dari olahan buah-buahan yang sehat dan segar. Sajian saus mayonaise yang enak dengan campuran perasan lemon dijamin akan membuat rasanya berbeda. Berikut resep cara m ...

Kesehatan

Kenali Jenis Alat Kontrasepsi KB dan Efek Sampingnya

BERNAS.ID - Merencanakan keluarga sejahtera dengan mengatur jarak kehamilan dapat dimulai dengan memilih dan menggunakan alat kontrasepsi yang tepat. Kontrasepsi adalah metode atau alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Ada berbag ...

Lifestyle

Berikut Tips Awet Muda yang Gampang Caranya dan Alami

BERNAS.ID - Wanita mana yang tidak ingin terlihat awet muda meski usia sudah berumur? Setiap wanita tentunya memiliki impian agar terlihat awet muda. Ini karena penampilan awet muda membuat wanita lebih menarik dan lebih percaya diri.  ...

Lifestyle

Ketika Anak Menjadi Bullies, Ternyata Orang Tua Adalah Penyebabnya

Bernas,id - Bullying adalah perilaku yang berbahaya dan tidak menyenangkan bagi orang lain. Bullying tidak hanya terjadi pada fase usia remaja atau dewasa. Anak-anak adalah usia yang juga rentan menjadi korban bullying atau justu menjadi pe ...

Pendidikan

Catat dan Ingat 8 Poin Penting Bagi Para Peserta UTBK-SBMPTN 2020

Bernas.id - Ujian Tulis Berbasis Komputer- Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020 semakin mendekati masa pendaftaran. Seleksi yang digelar secara nasional oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dapat diiku ...

Olahraga

Pandemi Covid-19, Berikut Olahraga yang Digemari Anak Muda Belakangan Ini

BERNAS.ID - Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga sekarang ini sudah menjadi gaya hidup terutama untuk anak muda. Gerakan pola hidup sehat banyak digencarkan dengan menggunakan artis atau pun public figure. Ke ...

Pendidikan

Ayo Kuliah, Ini 7 Manfaat Menuntut Ilmu Sampai Perguruan Tinggi

  Bernas.id - Pendidikan Pekerjaan apa yang akan kamu lakukan kelak tentu ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor pendidikan. Meskipun banyak orang tidak tamat kuliah tapi bisa jadi pengusaha besar atau hanya ta ...

Lifestyle

Tak Perlu Khawatir Berbelanja Di Toko Ritel Selama Masa Pandemi, Cukup Perhatikan 5 Hal Ini untuk Menjaga Diri Anda

Bernas.id - Perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menuju persiapan dimulainya kembai aktivitas masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir saat ini. Menggulirkan wacana baru mengenai new normal life. ...

Pendidikan

Berbagai Masalah Pendidikan yang Dihadapi Masyarakat Indonesia, Nomor 4 Ada Solusinya

  Bernas.id –  Kehidupan yang layak bisa didapat bila seseorang mampu memberdayakan dirinya dan terus menggali potensi dalam dirinya dalan hal pekerjaan agar mendapat pendapatan yang baik. Agar bisa memberdayakan dir ...

DIY

DIY: Tambahan 3 Pasien Positif Covid-19, 9 Orang Sembuh

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta melaporkan ada tambahan 3 kasus baru pasien positif Covid-19. Sehingga kini jumlah pasien positif Covid-19 di DIY ber ...

Pendidikan

 4 Cara yang Bisa Kamu Terapkan untuk Membayar Biaya Kuliah

  Bernas.id – Pendidikan tinggi masih dipercaya sebagai salah satu cara untuk meraih kesuksesan jangka panjang di masa depan. Bukan hanya untuk meraih gelar kesarjanaan, menuntut ilmu di perguruan tinggi juga mendatangkan bany ...

Pendidikan

5 Jurusan Kuliah Favorit Paling Dicari Tahun 2020

  Bernas.id – Perkembangan teknologi, digital, dan internet beberapa tahun terakhir membuat profesi dan lapangan pekerjaan baru muncul. Sebut saja web desainer, content writer, dan desain grafis. Ketiga pekerjaan ter ...

DIY

DIY Laporkan Tambahan 2 Positif Covid-19 dan Pasien Sembuh 7 Orang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada tambahan 2 pasien positif Covid-19, Jumat (29/5/2020). Dengan demikian, jumlah pasien positif Co ...

DIY

Sri Sultan Minta Penyusunan SOP 'New Normal' Sesuai Karakter DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar segera menyelesaikan Standard Operational Procedure (SOP) new normal. SOP new ...

Ekonomi

10 Tips Menampilkan Presentasi Online yang Memikat

  Bernas.id – Era pandemi seperti ini kita dianjurkan untuk sebisa mungkin tidal berkumpul atau berkerumun dan melakukan segala sesuatu dari rumah saja. Untuk memutus rantai penyebaran virus korona, melakukan physical distanci ...

Lifestyle

Skenario New Normal, Kapolri Perintahkan Kasatwil Lakukan Ini

BERNAS.ID - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menginstruksikan agar para Kasatwil membuat peraturan penanganan penularan Covid-19. Aturan ini akan berlaku untuk pengelola tempat kerja, pelaku usaha, pelanggan atau konsumen, para pek ...

DIY

8 Orang Dinyatakan Sembuh, Tidak Ada Penambahan Pasien Positif di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan RS Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali melaporkan tidak ada tambahan kasus baru pasien positif Covid-19, Kamis (28/5/2020). Sehingga jumlah akumulasiny ...

DIY

Berjumlah 228 Kasus Covid-19, Sri Sultan Perpanjang Darurat Bencana Sampai 30 Juni

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Setelah dua hari dilaporkan tidak ada tambahan kasus baru pasien positif Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan RS Rujukan Covid-19 di DIY menyampaikan ada tambahan 2 kasus baru, Rabu (27/5/2020).&nbs ...

DIY

Hari Ini #14TahunGempaJogja, Sri Sultan Ajak Warga DIY Lakukan Ini

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Tepat 27 Mei menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan bagi warga Daerah Istimewa Yogyakarta maupun Jawa Tengah. Hal ini karena adanya gempa bumi berkekuatan 5,9 SR yang mengguncang DIY, khususnya Kabupaten B ...

Ekonomi

Buka Usaha Franchise Bonus Mentoring Bisnis Gratis

Bernas.id – Membuka usaha baru saat suasana pandemi seperti saat ini memanglah sangat riskan. Selain dampak berbagai kebijakan pemerintah dalam pencegahan semakin menyebarnya virus corona juga disebabkan oleh menurunnya daya beli masy ...

DIY

Dua Hari Berturut-turut DIY Laporkan 0 Kasus Positif Covid-19, Netizen: Alhamdulillah!

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta melaporkan tidak ada tambahan kasus baru pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, Selasa (26/5/2020). Dengan de ...

Ekonomi

7 Langkah Sederhana Memindahkan Bisnis Offline ke Online

BERNAS.ID - Bisnis offline kini semakin tertekan karena adanya perubahan tren belanja yang beralih ke dunia online. Transaksi digital yang terus berkembang semakin memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus rep ...

Pendidikan

Teknik Industri: Ketika Teknik Bertemu Manajemen

Teknik Industri adalah program studi yang relatif baru di Indonesia dibandingkan dengan kebanyakan prodi teknik lainnya. Meskipun relatif baru, program studi ini sama sekali tidak sepi peminat. Justru, dari tahun ke tahun, pendaftarnya maki ...

Pendidikan

Berbagai Jenis Beasiswa yang Ada di Kampus, Simak Persyaratannya

  Bernas.id – Ada kemudahan finansial yang bisa kamu dapatkan saat kuliah. Tentu saja kemudahan dan bantuan ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang membutuhkan. Bantuan tersebut dikenal dengan istilah beasiswa. Beasiswa adala ...

DIY

Kabar Baik! Tak Ada Tambahan Pasien Positif Covid-19 dan Meninggal di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ada kabar baik di Hari Raya Idul Fitri kedua tidak ada penambahan kasus baru pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan yang meninggal dunia di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (25/5/2020). Berdasarka ...

Ekonomi

Tips Memulai Usaha Kuliner Khusus Delivery Service

BERNAS.ID - Berjualan secara online tidak akan ada batasnya, mulai dari produk fashion, peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, kendaraan, hingga makanan. Saat ini produk jenis makanan atau usaha kuliner juga bisa menggunakan toko onl ...

Lifestyle

Tak Bisa Hidup Normal Seperti Dulu, Achmad Yuri: Harus Lakukan Kebiasaan Baru

BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum normal. Apalagi kasus baru pasien yang positif terinfeksi virus corona masih terus bertambah dan belum melandai. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Cov ...

Kesehatan

Pasien Positif Covid-19 di Indonesia Tembus Angka 22 Ribu, DIY Bertambah 1 Kasus

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Penularan virus corona masih terjadi di tengah masyarakat Indonesia. Kasus Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta bertambah 1 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Melansir dari Instagram resmi Humas Pemda ...

Lifestyle

4 Tips untuk Mahasiswa Kos, Bebas Homesick karena Enggak Mudik

  Bernas.id – Lebaran kali ini terasa berbeda dan luar biasa bagi sebagian besar orang. Merayakan lebaran di tengah pandemi membuat banyak ritual dan aktivitas tidak bisa dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Mudik atau pu ...

Lifestyle

6 Tips untuk Mahasiswa Saat Lebaran di Rumah Aja

    Bernas.id – Nampaknya kuliah online masih akan berjalan cukup lama. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan berita bahwa penyebarang virus corona penyebab penyakit covid-19 belum kunjung usai. Hal ini menyebabkan b ...

Ekonomi

7 Tips Jitu Memenangkan Persaingan Bisnis Online

BERNAS.ID - Dunia digital yang semakin berkembang membuat orang bisa melakukan apapun dengan mudah, termasuk berbisnis. Itu mengapa kini bisnis online semakin menjamur baik itu yang berskala kecil maupun besar. Pangsa pasar besar, modal yan ...

Lifestyle

Video Call, Jokowi dan Ma'ruf Saling Bersilaturahmi Virtual Saat Idul Fitri

BERNAS.ID - Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut bersilaturahmi pada Hari Raya Idul Fitri pada Minggu (24/5/2020). Namun, Idul Fitri tahun ini, masyarakat tak boleh saling berkunjung dari rumah ke rumah lantaran ...

Lifestyle

Lebaran Tetap Asyik Meski di Tengah Pandemi

Bernas.id - Ramadan telah berlalu. Waktu seakan berlari dengan kencangnya, baru juga kemarin sedikit sedih karena tidak dibolehkannya acara buka puasa bersama alias bukber karena social distancing, tak terasa kini sudah sampai pada hari ray ...

DIY

Jelang Idul Fitri Ada Tambahan 5 Pasien Positif Covid-19 di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, ada tambahan 5 orang pasien positif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penambahan kasus Covid-19 di DIY didominasi oleh klaster keluarga karyawan Indogrosir. Kini, j ...

Kesehatan

Sebelum Makan Hidangan Lebaran, Ini Tips Agar Tetap Menyehatkan

BERNAS.ID - Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 24 Mei 2020, meski masih ada pandemi virus corona (Covid-19) tentu saja urusan masak hidangan khas tetap dilakukan. Ada beragam makanan khas saat Lebaran seperti ketupat, opor, olahan daging, dan ...

Pendidikan

Jangan Tunda Bergabung Di UNMAHA, Beasiswanya Membuka Peluang Emas Masa Depan!

Bernas.id - Berasal dari keluarga kurang mampu bukan hal yang dapat dipilih oleh seorang anak ketika ia dilahirkan. Mampu membiayai kuliah anaknya sampai jenjang yang tinggi adalah harapan setiap orang tua. Namun kebutuhan hidup dan penghas ...

DIY

220 Pasien Positif Covid-19 di DIY, Tambahan dari Klaster Indogrosir

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta masih terus bertambah terutama dari klaster Indogrosir. Berdasarkan hasil laporan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid- ...

Kesehatan

Jelang Idul Fitri, Task Force Covid-19 MPC PP Jaksel Bagi-bagi Sembako dan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

JAKARTA, BERNAS.ID - Jelang hari Raya Idul Fitri 1441 H, warga di dua kecamatan di Jakarta Selatan, yakni Kecamatan Cilandak dan Kecamatan Kebayoran Baru mendapat bantuan sembako dari Taks Force Covid-19 Majelis Pengurus Cabang Pemuda ...

Pendidikan

9 Istilah Teknologi Informasi Ini Ada Padan Katanya dalam Bahasa Indonesia, lho!

  Bernas.id – Era teknologi informasi menyebabkan munculnya istilah-istilah baru yang dengan cepat terdengar familiar di telinga masyarakat. Istilah tersebut dapat segera diterima karena sangat sering dipakai dan diucapkan dal ...