Muslim Cyber Army


06 Maret 2018

Ilustrasi. (Sumber foto: Tim Grafis Bernas)

Bernas.id - Suatu kali, Kementerian Komunikasi dan Informatika pernah diminta untuk menutup situs penyebar hoaks. Tapi sebagaimana dikatakan menterinya, hari ini ditutup seratus, besok akan muncul seribu, bahkan puluhan  ribu. Jadi percuma menutupnya. Demikian juga situs porno yang bertebaran dengan bebas di berbagai platform. Hari ini diblokir, besok akan muncul ribuan situs lainnya. 

Apalagi bagi yang pernah mengksesnya sekali saja, maka akan muncul  berbagai situs dalam bentuk yang bermacam-macam ketika membuka platform apa saja. Itulah dunia digital yang dengan gampang merekam kebiasaan kita dalam berselancar di dunia maya. Data kita sudah masuk ke dalam suatu sistem big data yang akan merekam kebiasaan kiat berselancar di dunia maya. Kemudian mereka akan menawarkan bermacam-macam situs yang terkait dengan yang kita akses tersebut.

Baca juga MCA Sebarkan Hoaks di Medsos, MUI Minta Polisi Tangkap Otak Pelaku

Perkembangan yang pesat di dunia digital tersebut juga berimbas kepada munculnya beragam blog dan situs berita. Dengan membeli domain yang bebas dijual, kita dapat membuat blog atau situs berita apa saja sesuai dengan kehendak kita. Dalam blog ini orang bebas mengeluarkan pendapatnya, terutama pendapat pribadi tentang sesuatu hal. Ketika pendapat pribadi ini bertemu dengan kepentingan politik, maka bermunculan situs-situs berita yang tidak dapat dipertanggugjawabkan.

Karena berita sudah berubah menjadi kepentingan dan pendapat pribadi, maka jika ada berita yang muncul tidak sesuai dengan pendapatnya, meskipun berita tersebut benar, maka dia tidak akan dapat menerimanya. Maka muncullah berita tandingan sesuai dengan kepentingan yang bersangkutan. Lama-lama berita yang muncul berubah menjadi hoaks, alias berita bohong. Di samping berisi berita yang tidak benar, juga memunculkan fitnah. Di sinilah pemerintah harus berperan dalam mengawasinya. Bagaima caranya? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama menutup situs berita yang bersangkutan, kedua mencari siapa pemilik situs tersebut dan meminta pertanggungjawabannya.

Baca juga Fadli Zon: MCA Sebar Hoax, Upaya Mematikan Demokrasi

Jika cara pertama yang dilakukan oleh pemerintah, maka tidak akan menyelesaikan masalah. Seperti yang dijelaskan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika di atas, hari ini ditutup seratus situs berita hoaks, maka besok akan muncul seribu situs yang sama, bahkan lebih lagi. Untuk itu pemerintah harus melakukan cara berikutnya, yaitu mencari siapa pemilik berita tersebut dan meminta pertanggungjawabannya. Untuk itu pemerintah melakukan patroli saiber di dunia maya. Semua harus mempertanggungjawabkan apa yang diunggah sesuai dengan undang-undang informasi dan transkasi elektronik (UU ITE). 

Tidak hanya situs dunia maya, melainkan juga media sosial. Karena kadang dari sinilah berawalnya kegaduhan tersebut. Sebenarnya berita hoaks ini sudah muncul ketika Pilres 2014 lalu. Tapi lebih banyak melalui media cetak. Masih segar dalam ingatan kita ada sekelompok orang memberitakan hal yang tidak benar terhadap salah satu calon presiden melalui suatu tabloid yang diterbitkan khusus menjelang pemilihan presiden. Mereka menyebarkannya secara masif, terutama di daerah Pulau Jawa, tapi kemudian hilang begitu saja ketika Pilpres usai. Meskipun yang membuatnya akhirnya diterungku. 

Baca juga Akui Kelompok MCA, Ada Tugasnya Masing-masing

Bukannya hilang, malah sepanjang pemerintahan Presiden terpilih berlangsung, berita hoaks semakin menjadi-jadi seiring dengan perkembangan media sosial. Mereka  kemudian mendapatkan tempatnya ketika Pilkada DKI lalu. Beragam isu dilontarkan, terutama berkaitan dengan isu agama, ras, dan antar golongan.  Sehingga isu politik identitas pun lantas mendapatkan tempatnya. Jujur saja, Pilkada DKI lalu adalah sebuah peristiwa yang memalukan untuk negara Indonesia yang sudah bertekad mengambil sistem demokrasi.

Sebaliknya, ini adalah momen awal munculnya politik identitas oleh sebagian orang yang didukung oleh beragam situs dan media sosial yang sejalan dengan kelompok tadi. Mereka mengangap berhasil dalam Pilkada DKI lalu. Nah, prinsip-prinsip inilah yang kemudian disinyalir mereka bawa ke dalam Pilkada serentak 2018. Pemerintah tidak boleh membiarkan hal ini. Pemerintah harus menyetopnya. 

Baca juga Ada Istilah Sniper di Dalam Kelompok Penyebar Hoaks MCA

Niat pemerintah untuk melakukan pengawasan sudah dimulai dengan cara meresgistrasi nomor telepon pintar berikut dengan nomor KTP dan nomor Kartu Keluarga. Dengan demikian akan terdata siapa saja pemilik nomor telpon tersebut. Bekerjasama dengan provider penyedia kartu telepon pemerintah akan dapat dengan mudah mendeteksi keberadaan pemiliknya. Hal yang sama juga dilakukan oleh beberapa negara di dunia. Bukan Indonesia saja. Ini menyangkut keamanan negara dari perbuatan orang-orang yang tidak bertanggungjawab dengan memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan hoaks, berita fitnah. Inilah yang dilakukan pemerintah baru-baru ini dalam melakukan penertiban terhadap beberapa situs yang mengatasnamakan Muslim Cyber Army. Siapakah mereka ini sebenarnya?

Baca juga Polisi: 3 Penyebar Hoax Penyerangan Tokoh Agama di Jatim Anggota MCA

Sejumlah tersangka ditangkap Senin (26/2) lalu.  ML (40 tahun) ditangkap di daerah Sunter, Jakarta Utara. YUS, dicokok polisi di Sumedang, Jawa Barat.  Sedangkan tersangka RSD ditangkap di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka dan Belitung. Dari Jembrana, Bali, polisi juga berhasil mengamankan seorang tersangka dengan inisial RS. Seorang lagi, RC berhasil digelandang oleh Polisi dari Palu. 

Baca juga 'Orang Penting' MCA Family Ditangkap, Ajari Bikin Akun Palsu

Polisi berharap dengan penangkapan ini ada efek jera, sehingga yang lainnya tidak melakukannya lagi. “Polisi nggak akan mampu menangkap semua penyebar hoaks di media sosial, yang kita harapkan adalah efek jeranya. Kita harapkan dengan adanya penangkapan ini, yang lainnya akan jera,” ujar Setyo Wasisto, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri.

Sementara itu Kepala Staf Presiden Muldoko mengatakan, bahwa penangkapan ini sudah tepat. “Demi mengurangi penyebaran berita dusta di media sosial,“ ujarnya.

Baca juga Ustaz Bachtiar: MCA yang Ditangkap Bukan Sebenarnya

Menarik apa yang diungkapkan oleh Damar Juniarto, Regional Koordinator SAFENet kepada Bernas kemarin (5/3) sore. "Bahwa MCA ini terdiri atas empat klaster yang berbeda, yaitu MCA yang terkait dengan GNPF MUI, MCA Al-Fath, MCA afiliasi PKS, dan MCA Ronin (yang tidak terkait dengan apapun). Tapi meskipun demikian tujuan mereka sama," ujar Damar. Tiap kelompok memiliki simbol dan kepentingan sendiri-sendiri. Namun dalam beberapa hal mereka dapat bekerja sama. “Nah yang ditangkap oleh polisi kemarin itu dari group WA yang mana?” ujarnya mempertanyakan. Damar juga mengingatkan Polisi, bahwa setiap orang memiliki kebebasan dalam berkumpul dan berserikat. Tentu dalam batas-batas yang sesuai dengan undang-undang.

Lebih jauh Damar menjelaskan, bahwa pada awalnya MCA ini timbul untuk merespon situasi internasional yang tidak menguntungkan umat Islam di dunia. Namun akhirnya secara nasional mereka menemukan lawan dengan adanya JASMEV (Jokowi Advanced Social Media Movement). Untuk merespon Jasmev maka dibangun kekuatan di media sosial yang berkelindan dengan kelompok pendukung Prabowo yang masih belum menerima kekalahan pada kontestasi Pilpres 2014 lalu. Mereka memiliki tujuan antara lain menjatuhkan Ahok di Pilkada 2017, memenangkan Pilkada serentak 2018, dan menumbangkan Jokowi pada Pilpres 2019.

Baca juga Ratusan Akun Lawan Bisa Ditutup Facebook Gara-Gara Ulah Anggota Inti MCA Ini

Dalam pantauan SAFNet, ujar Damar, kemampuan MCA ini tidak hanya dalam memroduksi konten hoaks, melainkan juga mereka memiliki kemampuan secara teknis, antara lain dalam kemampuan doxing. Melalui doxing ini mereka mampu meretas akun seseorang secara illegal dan mengetahui posisi yang bersangkutan.  Ini terbukti dengan mampunya mereka menemukan orang-orang yang melakukan tindakan yang menurut mereka tidak pantas. Sehingga mereka melakukan persekusi terhadap yang bersangkutan. Dimulai dari meretas, mem-bully, menganiaya sampai melakukan tindakan kekerasan. Selain itu, menurut Damar, mereka juga memiliki kemampuan untuk membentuk trending topic, dan akuisisi akun. (Tulisan pertama dari dua tulisan).(RT)


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Politik

Darmizal: Ahok Jawab Tantangan dengan Kinerja

JAKARTA, BERNAS.ID - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dipastikan akan menjadi petinggi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kepastian itu didapat setelah Ahok bertemu Menteri BUMN Erick Thohir kemarin Rabu 13 Novemb ...

DIY

Bernas 73 Tahun Lahirkan Jurnalis Muda

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Hari Ulang Tahun (HUT) Bernas.id ke-73 tahun digelar manajemen yang dihadiri CEO Bernas.id, Putu Putrayasa, Pemimpin Redaksi Bernas.id, Ibrahim Umar, dan segenap karyawan dan wartawan di kantor Bernas.id kawasan kamp ...

Daerah

Heboh, Ada Aliran Bayar Rp300 Ribu Dapat Melihat Tuhan

MAMUJU, BERNAS.ID - Sebuah aliran atau ajaran kepercayaan di Mamuju, Sulawesi Barat, diadukan ke Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ajaran itu mewajibkan pengikutnya membayar uang Rp300 ribu sampai Rp700 ribu untuk melihat Tuhan. Kehadiran a ...

DIY

Pemdes Condongcatur Gelar Sambang Kamling 2019

SLEMAN, BERNAS.ID - Pemerintah Desa (Pemdes) Condongcatur, Depok, Sleman, gelar sambang Kamling, Rabu (13/11/2019) malam. Ketika mengunjungi wilayah Gempol (rumah Harno RT 01/11) dan Pondok (pos ronda RT 01), Kepala Desa Condongcatur, Re ...

DIY

Kembangkan Potensi Siswa, Mu'allimaat Gelar Career Day

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kita harus belajar dengan giat dan menebar kebajikan serta kemanfaatan agar semakin takwa kepada Allah SWT. Hal itu disampaikan Dra Hj Shoimah Kastolani, anggota Badan Pembina Harian (BPH) Madrasah Mu’allimi ...

Politik

Panglima TNI Terima Kunjungan Ketua KPU

JAKARTA, BERNAS.ID - Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Aster Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos. dan Waka Babinkum TNI Brigjen ...

Budaya

Fahri Hamzah Berharap Bernas Jadi Soko Guru Jurnalisme di Indonesia

JAKARTA, BERNAS.ID - Mantan Wakil Ketua DPRI RI Fahri Hamzah berharap, diusianya yang ke 73 Harian Bernas bisa menjadi soko guru jurnalisme di Indonesia. "Sebagaimana kita ketahui Harian Bernas adalah koran yang usianya sudah sangat ...

DIY

Sambut Hari Ulang Tahun, Managemen Bernas Ziarah ke Makam Pendiri

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bernas yang ke 73 tahun managemen dan redaksi menggelar berbagai kegiatan. Salahsatunya, ziarah ke makam Mr Sumanang Surjowinoto, pendiri Bernas yang juga merupakan tokoh ...

Politik

Polri dan Pers Menjadi Lembaga yang Paling Tidak Dipercaya Masyarakat

JAKARTA, BERNAS.ID - Polri dan pers menjadi institusi atau lembaga yang paling tidak dipercaya oleh masyarakat. Hal ini terungkap dari hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Dari hasil survei itu, Polri yang sebelumnya men ...

Daerah

Panglima TNI Buka Gebyar Karya Pertiwi dan Military Attache Spouses Culture 2019

JAKARTA, BERNAS.ID - Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. secara resmi membuka “Gebyar Karya Pertiwi dan Military Attache Spouses Culture tahun 2019” di Gedung Balai Sudirman,  ...

DIY

Terkait Peristiwa di Bantul, Polda DIY Belum Bisa Pastikan Itu Ritual Keagamaan atau Aliran Kepercayaan

SLEMAN, BERNAS.ID- Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) menyatakan ritual yang dilaksanakan sejumlah elemen masyarakat di Dusun Mangir Lor, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, sebagai ritual aliran kepercaya ...

DIY

Kasus Intoleransi yang Terulang Lagi di Bantul

BANTUL, BERNAS.ID - Kasus intoleransi kembali terjadi di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Seorang umat Hindu bernama Utiek Suprapti (57) dan sejumlah umat lainnya, mendapat penolakan dari warga ketika menggelar upacara Piodalan di rumahnya ...

DIY

Penggusuran PKL Gondomanan Diwarnai Kericuhan

YOGYA, BERNAS.ID - Penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Brigejen Katamso, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta, Selasa (12/11/2019), diwarnai kericuhan. Pedagang menolak digusur oleh aparat. Sejak pukul 08.00 WIB, pedagang bersama ak ...

Politik

Meski Sudah Berpelukan, Pertarungan Jokowi-Paloh Belum Berakhir

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketegangan politik antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh mereda setelah keduanya berpelukan di momen penutupan dan HUT Nasdem ke-8 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/11 ...

Olahraga

Hapkido UAJY Raih Medali Emas di Ajang Kejurnas Hapkido IV 2019

SLEMAN, BERNAS.ID - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Hapkido Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), meraih 5 medali emas, 5 medali perak, dan 2 medali perunggu, dalam ajang Kejuaraan Nasional Hapkido ke-IV 2019, yang digelar di Kota Semarang ...

Hukum dan Kriminal

Pencuri Spesialis Rumah dan Kos Kosong Ditangkap di Sebuah Apartemen

SLEMAN, BERNAS.ID- Komplotan pencuri spesialis rumah kosong dan kos-kosan lintas propinsi asal Bandung Jawa Barat dibekuk jajaran Kepolisian Sektor Depok Timur Sleman Yogyakarta. Komplotan pencuri ini terdiri dari empat orang pelaku dengan ...

Daerah

168 Pati TNI AD Ikuti Wisuda Purnawira di Akmil Magelang

MAGELANG, BERNAS.ID - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa, menyampaikan bahwa Wisuda Purnawira merupakan bentuk penghormatan yang tinggi terhadap kesempurnaan pengabdian para Perwira Tinggi (Pati) TNI AD. ...

Politik

Diskusi Publik : Tantangan Teknologi Digital pada Bidang Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Informasi dalam Rangka Redesain USO

SLEMAN, BERNAS.ID - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) menggelar Diskusi Publik dengan tema 'Tantangan Teknologi Digital pada Bidang Ekonomi ...

Wacana

HP Sebagai Istri Kedua

SUNGGUH sakral sekali barang yang bernama Handphone (HP), keberadaannya sangat dipuja-puja, bahkan sering kali HP diibaratkan sebagai istri kedua. Bagaimana tidak, seseorang akan terlihat panik dan merasa amat berdosa kala HPnya tidak te ...

DIY

Di Jogja, Menhan Resmikan Patung Jenderal Sudirman

SLEMAN, BERNAS.ID- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan patung Panglima Besar Jenderal Sudirman dalam rangka Hari Pahlawan di Banyuraden Gamping Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu malam 10 November 2019. " ...

DIY

Singgung Pahlawan Revolusi, AM Hendropriyono Sampaikan Pesan Sesepuh TNI

SLEMAN, BERNAS.ID- Mantan Kepala Badan Intelijen Negara, AM Hendropriyono merasa resah dengan pengaruh ideologi luar yang disebarkan oleh kaum yang mengaku beragama, tapi mengajarkan kebencian terhadap sesama anak bangsa. Ia menganggap ideo ...

Wacana

Wayan Supadno : Jadi Pahlawan di Kampung Saja

YANG karena kehadirannya, bisa menjadi solusi konkret masalah riil pada masyarakat luas karena manfaatnya, atau multiplier effectnya luas dan jangka panjang, itulah manusia unggul, juga Pahlawan Indonesia kekinian. Entah karena apa sebab ...

Politik

Surya Paloh Enggak Berminat Jadi Capres 2024

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) diusulkan oleh tujuh DPW Nasdem untuk maju di Pilpres 2024. Ketua DPP Nasdem Zulfan Lindan mengatakan Paloh tidak berkeinginan maju dalam kontestasi Pilpres 2024. “E ...

DIY

Masa Perang, Sardjito Selamatkan Vaksin Cacar Melalui Kerbau

JOGJA, BERNAS.ID- 7 November lalu, surat keputusan penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada Profesor Dr Sardjito telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono, menyambut dengan rasa g ...

Kesehatan

Ketua Umum IndoHCF: Butuh Inovasi Teknologi Pelayanan Kesehatan

JAKARTA,BERNAS.ID - Setelah melalui proses penjurian ketat, Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) program CSR dari PT IDS Medical Systems Indonesia menetapkan juara 1, 2, dan 3 IndoHCF Innovation Awards III-2019 dari empat kategori yang dipe ...

DIY

Ribuan Pesepeda dari Jogja Republik Onthel Keliling Kota Peringati Hari Pahlawan

YOGYA, BERNAS.ID – Guna mewujudkan kembali Kota Yogyakarta sebagai ikon kota sepeda, Jogja Republik Onthel kembali menggelar kegiatan 2 tahunan bertema ‘Raja Kaya, Jelajah Sepeda Wisata Sejarah’ pada 9-10 November 201 ...

Politik

FAMI Rekomendasikan Achmad Rifai Jadi Dewan Pengawas KPK

JAKARTA, BERNAS.ID - Pemilihan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bergulir. Presiden Jokowi telah menunjuk Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk memimpin langsung tim internal yang bertugas menggodok nama-nama calon ...

Politik

Asal Muasal Nama Panggilan Jokowi Ternyata Dari Orang Prancis, Ini Ceritanya

JAKARTA, BERNAS.ID - Mungkin banyak dari kita yang beranggapan bahwa panggilan akrab Presiden Joko Widodo, yakni Jokowi adalah singkatan atau inisial yang biasa diterapkan para politisi di Indonesia, seperti Susilo Bambang Yudhoyono me ...

DIY

Wamenag: 17 Tahun Menjadi Anggota DPR Itu Hanya Hobi

JOGJA, BERNAS.ID- Wakil Menteri Agama (wamenag) Republik Indonesia, Zainut Tauhid Sa’adi gowes bersama 2.300 guru dan tenaga pendidikan serta Aparatur Sipil Negara dari Kementerian Agama RI. Kegiatan bersepeda keliling kota Yogyakarta ...

Lifestyle

Jogja Volkswagen Festival 2019 Tampilkan Koleksi VW Klasik yang Super Unik

YOGYA, BERNAS.ID - Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2019 kini digelar pada 9-10 November 2019 di Jogja Expo Center Yogyakarta. Kegiatan dua tahunan dari Volkswagen Club Yogyakarta (VCY) yang digelar sejak 2013 itu tahun in ...

DIY

Kemendes PDTT: Desa Harus Terbuka untuk Semua Kelompok

SLEMAN, BERNAS.ID- Pemerintah harus terus mendorong pertumbuhan desa inklusif dari sekarang. Ke depan, desa harus dapat memayungi seluruh kelompok kepentingan tanpa membedakan latar belakang ataupun kondisi fisik atau sosial anggota masyara ...

Politik

Ketua FKPT DIY : Jauhkan Milenial Dari Doktrin Radikalisme dan Terorisme

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Mengamati paham radikalisme dan terorisme pada generasi milenial yang mulai berkembang pada masyarakat Indonesia khususnya pada pemuda dan kaum pelajar, Akademi Sekretari dan Manajemen Marsudirini (ASMI) Santa Maria ...

Kesehatan

Kisah Gede Bayu Suparta dan Teknologi Radiografi Sinar-X Temuannya

YOGYA, BERNAS.ID - Tim Penelitian, Pengembangan dan Rekayasa (Litbangyasa) UGM yang dipimpin oleh Dr. Gede Bayu Suparta dari Departemen Fisika FMIPA UGM telah berhasil mengembangkan teknologi radiografi sinar-x digital untuk diagnose medis. ...

Ekonomi

Sosialisasikan ke Pelajar SMK, ILUNET Universitas Darma Persada Dorong Pengembangan Energi Terbarukan

JAKARTA, BERNAS.ID - Ikatan Alumni Energi Terbarukan (ILUNET) Universitas Darma Persada menggelar seminar bertema 'The Age of Renewables'. Seminar ini digelar di Ruang Serba Guna SMKN 26, Jalan Balai Pustaka, Jakarta Timur, Jum ...

Hukum dan Kriminal

Walikota Jogja Diperiksa KPK

YOGYA, BERNAS.ID-KPK kembali memeriksa sejumlah saksi terkait kasus dugaan suap proyek Pemeliharaan Saluran Air Hujan (SAH) Supomo, termasuk Walikota Jogja, Haryadi Suyuti. KPK memeriksa adanya aliran dana dari Haryadi kepada tersangka jaks ...

DIY

Rektor Pertama UGM Dikukuhkan Sebagai Pahlawan Nasional

SLEMAN, BERNAS.ID- Setelah perjuangan selama 9 tahun sejak tahun 2011, Rektor pertama UGM, Prof Dr M Sardjito, MPH, dianugerahi gelar Pahlawan Nasional di Jakarta, Jumat (8/11). Sardjito diketahui fokus dan aktif di bidang pendidikan dalam ...

Politik

Emrus Sihombing Sarankan Nasdem Perbaiki Relasi Koalisi dengan Jokowi

JAKARTA, BERNAS.ID - Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner, Emrus Sihombing menilai, pesan 'khusus' yang disampaikan Presiden Jokowi kepada Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam acara HUT ke-55 Partai Golkar di Hotel Sultan, J ...

Pendidikan

Sosiolog UGM: Unjuk Rasa Generasi Milenial Lemah

SLEMAN, BERNAS.ID- Aksi unjuk rasa mahasiswa yang banyak diikuti generasi milenial beberapa waktu lalu dan masif di beberapa kota di Indonesia memiliki kelemahan. Salah satunya, aksi unjuk rasa  yang terjadi di Yogyakarta seperti #Geja ...

Lifestyle

JIHW ke-11 Coba Hadirkan Atmosfir Baru

YOGYA, BERNAS.ID - Jogja International Heritage Walk (JIHW), kegiatan jalan kaki berskala Internasional yang diselenggarakan oleh Jogja Walking Association siap digelar lagi. Tahun ini, JIHW ke-11 diselenggarakan tanggal 16-17 November, den ...

DIY

Di Jogja, Wapres Ma'aruf Tengok Wakil Ketua MUI

JOGJA, BERNAS.ID- Sekira pukul 2 siang, Kamis (7/10), Wakil Presiden Ma'aruf Amin mampir ke Yogyakarta di sela-sela kunjungan dan peresmian sebuah rumah sakit di Magelang, Jawa Tengah. Selama kurang lebih 20 menit, Wapres Ma'aruf me ...

Lingkungan

Tim PKM FBS UNY Raih Emas dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan bimbingan Dosen Pendidikan Bahasa Jerman, Wening Sahayu, berhasil meraih emas kategori presentasi dan meraih ...

Hukum dan Kriminal

Polda Kepri Bekuk Sindikat Narkoba Jaringan Internasional

RIAU, BERNAS.ID - Wakapolda Kepulauan Riau Brigjen Pol Drs. H. Yan Fitri Halimansyah mengungkapkan, tim gabungan dari Satgas 2 Dit Tipid narkoba Bareskrim Polri, Dit Resnarkoba Polda Kepri Dan Polres Tanjungpinang berhasil mengamankan 4 ora ...

DIY

Pelayanan dan Inovasi DPMP Pemkot Jogja Diakui Pemerintah Pusat Yang Terbaik

YOGYA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta baru saja menerima penghargaan dalam bidang pelayanan publik terbaik kota dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Selasa 5 November 2019 lalu. Pengharg ...

Lifestyle

Super Beetle 74 German Look, Lucky Draw Jogja Volkswagen Club 2019

SLEMAN, BERNAS.ID - Volkswagen Club Yogyakarta akan kembali menggelar Jogja Volkswagen Festival (JVWF) di Jogja Expo Center, pada tanggal 9 dan 10 November 2019 bertepatan dengan Hari Pahlawan. JVWF 2019 kali ini menghadirkan lucky draw ...

Politik

Munas Golkar Disarankan Melalui Musyawarah

JAKARTA, BERNAS.ID - Direktur Eksekutif EmrusCorner, Emrus Sihombing mengatakan, siapapun yang akan menjadi Ketua Umum partai Golongan Karya alias Golkar lima tahun kedepan hendaknya bisa merawat kebersamaan diinternal Golkar yang sudah mak ...

Pendidikan

UAD Yogyakarta Gelar DIES Training Course on Management of Internationalisation

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Director DAAD Regional Office Indonesia, Thomas Zettler dan Director International Office, Leibniz Universitat of Hannover, Germany, Dr. Birgit Barden-Laufer mempercayakan kepada Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyak ...

Pendidikan

PSM Atma Jogja Torehkan Prestasi di Ajang Internasional BCFC

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta atau yang dikenal dengan PSM Atma Jogja kembali mengukir prestasi di kancah Internasional dalam ajang  Busan Choral Festival and Competition (BCFC) yang di ...

Hukum dan Kriminal

Curi Handphone, Warga Murangan VII Dicokok Polisi

SLEMAN, BERNAS.ID - Anggota kepolisian dari Polsek Sleman berhasil membekuk pelaku pencurian  sebuah handphone di Dusun Ngancar, Desa Tridadi, Sleman. Pelaku berinisial K tersebut tercatat sebagai warga Dusun Murangan VII RT 01/22 Desa ...

Politik

Pengamat : Bebasnya Sofyan Basir Bukti Lemahnya KPK

JAKARTA, BERNAS.ID - Pengamat politik dan hukum dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta Saiful Anam menilai bebasnya mantan Dirut PT. PLN (persero) Sofyan Basir hari ini merupakan bukti masih adanya kelemahan di Komisi Pemberantasan Korups ...

DIY

Pemkot Yogyakarta Terima Penghargaan Bidang Pelayanan Publik Terbaik dari KemenPANRB

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam bidang pelayanan publik terbaik kategori Kota.  Penghargaan itu ...