Berita Nasional Terpercaya

Selesaikan Konflik, Ini Kuncinya dari Jusuf Kalla

0

Bernas.id ? Wakil Presiden M Jusuf Kalla menyebut semua konflik di dunia bersumber dari ketidakadilan. Untuk itu, satu-satunya cara menyelesaikan konflik adalah menciptakan keadilan bagi semua pihak.

“Sumber konflik itu ketidakadilan. Ketidakadilan di bidang politik, ekonomi, sosial maupun lainnya,” katanya pada pidato ilmiah seusai menerima penghargaan UNS Award 2018 “Parasamya Anugraha Dharma Krida Baraya”, di Surakarta, Senin (12/3).

Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi UNS di bidang sosial dan kemanusiaan.

Dikatakan Wapres Kalla, tugas pemimpin adalah menciptakan keadilan, termasuk kewajiban bagi dirinya untuk mewujudkan keadilan.

Wapres menceritakan niat dirinya saat menyelesaikan konflik Poso, Ambon, ataupun Aceh karena alasan kemanusian dan tulus iklas beribadah.

“Menyelesaikan konflik harus dengan niat tulus. Menyelesaikan konflik jangan karena berharap uang atau apapun. Kalau niatnya tidak tulus akan sulit tercapai kedamaian,” kata Wapres.

Wapres menegaskan hal terpenting dalam penyelesaian konflik adalah memberikan kehormatan kepada siapapun. Intinya, tambah Jusuf Kalla, jangan ada yang merasa direndahkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.