Berita Nasional Terpercaya

Sri Mulyani: Ada Pihak yang Paham dengan Keuangan Negara Lakukan Provokasi Ini

0

Bernas.id ? Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut bahwa ada pihak tertentu melakukan provokasi terhadap isu jumlah utang Indonesia.

Diakui Sri Mulyani, pihak tersebut merupakan orang yang sangat paham dengan keuangan negara, tetapi oknum itu hanya melihat hutang luar negeri Indonesia saja.

“Dia (oknum penyebar isu utang luar negeri Indonesia -red) tahu betul, rakyat enggak tahu tentang itu. Dia sengaja. Dia tahu betul tentang APBN. Tapi dia hanya melihat utangnya saja,” ujar Sri Mulyani saat menjadi pembicara dialog nasional Indonesia Maju di UMY, Minggu (11/3).

Disampaikan Sri Mulyani, tujuan dari oknum itu supaya Presiden Jokowi hanya dilihat jeleknya saja.

Sri Mulyani menyebut ada pihak yang menulis bahwa utang Indonesia mencapai Rp 4000 triliun. Utang di masa ini, ucap Sri Mulyani, dibilang yang paling besar selama ini.

“Mengelola keuangan negara itu harus hati-hati. Prinsipnya dianggap baik dah hati-hati. Tidak ugal-ugalan atau ngawur. Kesehatan keuangan negara harus dengan prinsip sesuai undang-undang, untuk menyejahterakan rakyat. APBN itu instrumen,? terang Sri Mulyani.

Utang itu, ditegaskan Sri Mulyani, sebagai instrumen bukan tujuan. Dibilang oknum itu jika utang meningkat mendekati Rp4000 triliun, Indonesia akan runtuh.

Padahal, kalau membandingkan nominal (utang), lanjut Sri Mulyani, belum ada apa-apanya dibanding Jepang dan Amerika. Itu negara yang punya utang besar.

Sri Mulyani menjabarkan bahwa Indonesia tak akan menjadi negara dengan utang besar. Sri Mulyani mengatakan Indonesia mengelola utang seperti yang diamanatkan oleh undang-undang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.