Berita Nasional Terpercaya

Beredar Isu Gaji Presiden Rp 553 Juta, Simulasi Angka Belum Valid

0

JAKARTA, Bernas.id ? Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyatakan informasi yang beredar di media tentang penghasilan Presiden Rp553 juta belum valid.

“Itu angka simulasi yang belum valid,” kata Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman, Selasa (13/3/18).

Menurutnya, angka simulasi itu merupakan bahan rapat koordinasi penyusunan rancangan peraturan pemerintah tentang gaji dan tunjangan yang berlangsung pada Februari 2017. Herman menambahkan paparan tersebut antara lain berisi simulasi besaran penghasilan pegawai negeri sipil dan pejabat negara (bukan hanya Presiden).

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan tidak ada pembahasan soal kenaikan gaji presiden dan wakil presiden. Hal ini disampaikannya menanggapi kabar yang beredar soal kenaikan gaji Presiden hingga setengah miliar.

“Kabar itu tidak ada dan belum pernah ada pembahasan,” kata Sri Mulyani di Kompleks Istana Presiden, Bogor, Jawa Barat, Senin (12/3/18).

Foto dokumen palsu itu berisi nominal kenaikan besaran gaji dan tunjangan presiden dan wakil presiden. Sebelumnya, foto dokumen simulasi gaji beredar di media sosial menyebutkan, presiden akan menerima gaji hingga Rp 553.422.694 per bulan. wakil presiden dalam dokumen hoaks itu disebutkan mencapai Rp 368.948.462 per bulan.

“Di media sosial sekarang ini banyak sekali informasi atau dokumen yang dibuat mirip seperti dari pemerintah dan dipublikasikan, padahal itu hoaks,” tegas perempuan yang akrab disapa Ani itu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.