Berita Nasional Terpercaya

Menteri PUPR Jajal Jalan Trans Papua, Ini Ceritanya

0

PAPUA, Bernas.id ? Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sudah menjajak jalan Trans Papua. Jalan sepanjang 431 kilometer dari Merauke-Boven Digoel ditempuh dengan waktu sekitar 8 jam.

Dalam perjalanannya, beberapa kali Basuki turun dari kendaraannya untuk melihat langsung kondisi jalanan. Memang beberapa titik dari ruas jalan tersebut kondisinya sangat tidak layak untuk dilalui. Selama setengah perjalanan dari Merauke hingga Muting, kondisi jalan merupakan tanah rawa yang dilapisi semen dan aspal. Masih ada genangan air bekas pengerukan tanah untuk menimbun jalan.

“Karena di daerah rawa, tingginya air terhadap tanah akan terpengaruh terus, tergerus. Nanti supaya kadar airnya rendah akan kita buat drainase. Lebih baik seperti itu dari pada kita naikan terus tanahnya,” terangnya di Papua, Jumat (16/3/18).

Baca Juga Jalan Trans Papua Tembus Pegunungan Demi Tekan Isolasi

Dalam perjalanan, rombongan disajikan pemandangan hutan rawa. Sesekali terlihat hamparan rawa yang luas. Ketika sampai di daerah Asike, pemandangan berubah menjadi kebun kelapa sawit.

Namun, masih ada sekitar 58 km yang secara terpisah kondisinya rusak parah. Jalan itu masih berupa tanah merah, sehingga tidak semua jenis kendaraan bisa melaluinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.