Berita Nasional Terpercaya

Tak Sia-sia Labuan Bajo Terus Bersolek

0

KUPANG, Bernas.id ? Labuan Bajo terus bersolek sejak Kementerian Pariwisata menetapkan Labuan Bajo sebagai salah satu dari 10 destinasi unggulan pariwisata nasional pada Juni 2017.

Kota kecil di ujung barat Pulau Flores berpenduduk sekitar 220.430 jiwa (SP-2010) itu, terus dipoles dan didandani untuk menarik minat wisatawan mancanegara dan domestik. Manggarai Barat merupakan daerah otonom baru hasil pemekaran dari Kabupaten Manggarai berdasarkan UU No.8 Tahun 2003 itu, awalnya hanyalah sebuah perkampungan nelayan yang dihuni sebagian besar masyarakat dari Bajo, Sulawesi Tenggara serta para nelayan dari Bima, Nusa Tenggara Barat.

Mereka menempati Labuan Bajo sebabai basis perkampungan nelayan tradisional dengan menguasai wilayah perairan di antara pulau-pulau kecil sekitarnya sampai ke Taman Nasional Komodo (TNK) sebagai ladang perburuan ikan dan biola laut lainnya.

Tahun 2012 lalu, Taman Nasional Komodo (TNK) resmi ditetapkan menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia (New7 Wonders of Nature) oleh Yayasan New7 Wonders, cara pandang pemerintah terhadap sosok Labuan Bajo menjadi berubah.

Panorama alam di sekitar Labuan Bajo yang berhiaskan tatanan keindahan gugusan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya, tampaknya menjadi salah satu faktor penggoda terpilihnya kota kecil itu menjadi salah satu dari 10 destinasi unggulan pariwisata nasional di Tanah Air.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu, arus kunjungan wisatawan cukup signifikan, yakni dari 82.000 pada 2016, naik menjadi 122.000 wisatawan pada 2017. Artinya, pemolesan Labuan Bajo pun tidaklah sia-sia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.