Berita Nasional Terpercaya

Peringati Hari Film Nasional, Nobar Bareng Film Indonesia di 199 Titik

0

JAKARTA, Bernas.id – Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengajak masyarakat ikut bersama-sama merayakan bulan film nasional sepanjang bulan Maret.

Kepala Pusbangfilm Maman Wijaya mengungkapkan peringatan hari film nasional merupakan perwujudan kecintaan masyarakat terhadap film Indonesia.

“Pada tanggal 30 Maret nanti, mari kita ramaikan bioskop untuk menonton film Indonesia yang akan diputar serentak di seluruh bioskop,” kata Maman Wijaya dalam siaran pers, di Jakarta, Minggu (18/3/18).

Pada Tahun 2017, jumlah penonton film Indonesia meningkat cukup signifikan, tercatat lebih dari 40 juta penonton film Indonesia. Hal tersebut meningkat sekitar 32 persen dari jumlah penonton film Indonesia tahun sebelumnya.

“Gerakan ayo nonton film Indonesia di bioskop merupakan gerakan sederhana yang konkret untuk mendukung perfilman nasional,” imbuh Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) '56 Marcella Zalianty.

Marcella mengatakan saat ini PARFI mendorong tersedia bioskop-bioskop rakyat di daerah-daerah yang memiliki keterbatasan akses informasi. Sementara itu, Dewi Umaya Rachman dari Badan Perfilman Indonesia (BPI) membeberkan salah satu hal strategis yang dicapai BPI bersama pemerintah, yakni Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Kegiatan nonton bareng film Indonesia sepanjang bulan Maret ini diadakan pada 199 titik di seluruh Indonesia, menggunakan bioskop keliling, di sekolah yang dilengkapi dengan laboratorium seni budaya dan film, serta perguruan tinggi. Nonton bareng dilakukan pada 17 negara bekerja sama dengan kedutaan-kedutaan besar Indonesia.

“Kita ingin hari film nasional menjadi perayaan seperti hari kemerdekaan,” sambung Maman Wijaya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.