Berita Nasional Terpercaya

Dongkrak Perekonomian, Kemenkop Ciptakan Wirausaha di Perbatasan RI

0

JAKARTA, Bernas.id ? Kementerian Koperasi dan UKM berupaya menciptakan lebih banyak wirausaha pemula di daerah perbatasan Indonesia dengan negara tetangga. Cara ini ini sebagai langkah mendongkrak kinerja perekonomian Indonesia agar makin merata.

Asdep Urusan Permodalan pada Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Luhur Pradjarto menyampaikan pihaknya menjadikan wilayah perbatasan negara sebagai salah satu fokus pelaksanaan program Wirausaha Pemula (WP) pada 2018.

“Tujuan utamanya yakni untuk mendukung pengembangan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah perbatasan,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (21/3/18).

Menurutnya, daerah perbatasan negara merupakan daerah yang perlu mendapat perhatian. Pihaknya juga meyakini dengan pemberdayaan UMKM maka akan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Pembangunan infrastruktur tanpan dibarengi pemberdayaan UMKM maka akan lama pertumbuhan perekonomiannya. Luhur menambahkan pihaknya akan mendukung pengembangan UMKM melalui program WP.

“Karena apabila pelaku UMKM tidak diperkuat, maka bisa mengakibatkan kerawanan sosial. Misalnya mudahnya penyeludupan, daya beli masyarakat dan, daya saing pelaku UMKM menurun,” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.