Berita Nasional Terpercaya

Wacana Penurunan Tarif Tol, BUJT Ingatkan Ini

0

JAKARTA, Bernas.id ? Penurunan tarif tol masih mendapat masukan dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Direktur PT Astratel Nusantara Wiwiek D Santoso mengingatkan pemerintah untuk menghormati kerja sama yang diatur dalam Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang disepakati bersama dengan BUJT.

Ia mengatakan rencana pemerintah menurunkan tarif tol bagi kendaraan Golongan III, IV dan V dipastikan akan berpengaruh terhadap kepastian pendapatan yang diterima BUJT. Sebab, di dalam salah satu opsi pelaksanaannya, pemerintah mempertimbangkan untuk menerapkan sistem cluster golongan. Ada dua opsi di dalam yang bisa diterapkan dalam sistem ini.

Pertama, menggabungkan Golongan III, IV dan V ke dalam satu cluster dengan Golongan I dan II tetap. Atau dengan menggabungkan Golongan I, II, dan III ke dalam satu cluster lalu Golongan IV dan V ke dalam satu cluster.

?Pengubahan golongan ini akan berpengaruh juga ke perjanjian antara BUJT dan pemerintah. Karena kan kita bermitra berdasarkan satu perjanjian yang sudah disepakati bersama,? jelas Wiwiek usai rapat bersama Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di Kantor Kementerian PUPR, Selasa (27/3/18).

Pihaknya mengatakan salah satu asumsi dasar yang diatur di dalam PPJT adalah tarif berdasarkan golongan. Bila asumsi dasar berubah, maka dipastikan bakal mengubah seluruh perhitungan pendapatan yang diterima BUJT.

?Ini yang harus dihitung kembali karena pasti ada tanggung jawab dan hak yang harus dihormati. Ini yang harus diformulasikan kembali supaya seimbang,? imbuhnya.

Meski begitu, Wiwiek juga menampik bila Astra disebut tidak setuju dengan rencana pemerintah menurunkan tarif ini. Namun, perlu ada kajian mendalam agar kebijakan ini tidak hanya menguntungkan satu pihak saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.