Berita Nasional Terpercaya

Inginkan Babel Jadi Pusat Lada Dunia, Kementan Lakukan Ini

0

JAKARTA, Bernas.id ? Kementerian Pertanian (Kementan) akan memberi bantuan enam juta bibit lada putih kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hal ini untuk menjadikan Babel sebagai pusat lada dunia.

“Kementan sudah setuju menganggarkan dana untuk pengembangan pusat pertanian lada di daerah ini,” ujar Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Rabu (28/3/18).

Erzaldi menyampaikan bantuan dana dari Kementan ini akan diperuntukkan pengadaan enam juta bibit lada putih 2019, guna memotivasi petani untuk mengembangkan usaha perkebunan komoditas ekspor itu.

“Kementan menginginkan Babel sebagai daerah sentra pengembangan dan penelitian lada, daerah ini akan terus mendapatkan bibit berkualitas dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Kementan juga berkeinginan Babel sebagai pusat lada dunia karena daerah ini sudah memiliki brand “Muntok White Pepper” juga bakal menjadi tempat penelitian tentang tanaman lada. Karenanya, Mentan akan membantu permodalan perkebunan lada melalui dana KUR dan ini sudah mendapatkan dukungan pemerintah pusat,” kata Erzaldi.

Lebih lanjut, untuk mewujudkan keinginan Kementan ini, pemerintah provinsi terus berupaya dan fokus pengembangan perkebunan, produksi dan kualitas lada putih petani melalui bantuan bibit, pupuk, pelatihan dan pengolahan pascapanen.

“Kami juga telah membangun resi sistem gudang, guna menjaga stabilitas harga lada sehingga petani tetap untung dan terus mengembangkan usaha perkebunannya,” imbuhnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.