Berita Nasional Terpercaya

Mentan ‘Pede’ Harga Pangan Sampai Idul Fitri Tak Ada Lonjakan

0

JAKARTA, Bernas.id ? Menteri Pertanian Amran Sulaiman memastikan tidak ada lonjakan harga pangan menjelang bulan Ramadhan sampai hari raya Idul Fitri 2018.

Seperti pengalaman 2017, Kementerian Pertanian sudah mengantisipasi meningkatnya kebutuhan pangan dengan menggenjot produksi. Dengan demikian, panen bakal terjadi di berbagai titik. Pemerintah menjadi kelancaran distribusi bahan pangan.

?Pada 2017 lalu, kita tahu harga pangan stabil. Bahkan, ada yang mengatakan paling stabil dalam 10 tahun terakhir. Begitu pun tahun ini, kami ingin lebih baik daripada tahun lalu. Itu mimpi kami,” ujar Amran usai rapat koordinasi di Kantor Kementerian Pertanian (Kementan),  Rabu (28/3/18).

Kesiapan itu dibuktikan dengan tersedianya stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC). Berdasarkan data PT. Food Station Tjipinang Jaya per 28 Maret 2018, stok beras mencapai 40.000 ton.

Sementara, Direktur Utama PIBC, Arief Prasetyo Adi, menyampaikan peningkatan stok beras di PIBC saat ini karena adanya panen raya yang terjadi di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sekitar40 hingga 50 persen beras yang masuk ke Cipinang merupakan hasil panen Jawa Barat. Sedangkan sisanya berasal dari Jawa Tengah.

Jelang bulan puasa dan Lebaran, PIBC membutuhkan pasokan beras 25.000 hingga 30.000 ton. PIBJ dapat mengantisipasi kekurangan stok atau bahkan melonjaknya permintaan.

?Kami menjaga stok di atas 25.000 hingga 30.000 ton. Jadi itu adalah stok level. Kalau keluarnya 3.000 ton maka masuknya juga harus 3.000 ton. Nah, itu stoknya kita jaga di atas 30.000 ton,? terangnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.