Berita Nasional Terpercaya

Merapi Lava Tour Tarik Wisatawan Vietnam

0

HANOI, Bernas.id – Dinas Pariwisata Yogyakarta menyiapkan paket-paket wisata menarik untuk wisatawan asal Vietnam. Hal ini dengan menyuguhkan paket-paket wisata menarik yang memadukan objek wisata gunung merapi, pantai yang dipadukan dengan wisata budaya khas Yogyakarta.

“Perlu kombinasi wisata yang unik seperti “Merapi Lava Tour”, wisata pantai termasuk desa wisata untuk menarik wisatawan mancanegara termasuk asal Vietnam melancong ke Yogyakarta,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta, Aris Riyanta di sela penyelenggaraan Vietnam International Travel Mart (VITM) 2018, di Hanoi International Center for Exhibition, Jumat (30/3/18).

Ia menjelaskan destinasi-destinasi baru terus disiapkan sehingga menambah pilihan objek yang akan dikunjungi wisatawan mancanegara sesuai dengan Kalender Tahunan Wisata 2018. Aris menambahkan pada VITM 2018 yang berlangsung di Hanoi, 29 Maret – 1 April ini, Yogyakarta menyertakan lima pelaku industri parwisata yang bergerak dalam biro jasa perjalanan.

“Mereka (biro perjalanan wisata) 'berjualan', meyakinkan pengunjung VITM secara langsung maupun melalui jaringannya di Vietnam, bahwa objek-objek wisata di Yogyakarta sangat menarik dan wajib dikunjungi karena punya ciri khas tersendiri,” jelasnya.

Karenanya, Yogyakarta gencar mengembangkan destinasi petualangan “Merapi Lava Tour” yang berlokasi di Kaliurang, tepat di kaki Gunung Merapi. Wisatawan diajak naik mobil Jeep menyusuri bekas aliran lahar pasca letusan Gunung Merapi dengan tiga rute.

Tak hanya wisata gunung, Yogyakarta juga memilik puluhan pantai berpasir putih di kawasan Gunung Kidul, antara lain Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal, Pantai Drini, Pantai Jogan. Meski begitu, masih ada kendala untuk mengembangkan destinasi wisata adalah tingkat aksesibilitas pada beberapa lokasi.

“Aksesibilitas menjadi penting, karena bagi wisatawan jarak dan waktu yang lebih efisien menjadi faktor utama dalam melakukan sebuah perjalanan,” imbuhnya.

Beruntung Yogyakarta dalam waktu dekat segera membangun “New Yogyakarta International Airport” di Kulonprogo yang ditargetkan beroperasi pada tahun 2019. “Jika sudah beroperasi Bandara Kulonprogo berdampak luas bagi pengembangan industri pariwisata Yogyakarta. Khusus turis Vietnam, pada tahun 2017 diperkirakan baru mencapai 3.000 wisman, diharapkan bisa mencapai sekitar 4.000-5.000 orang pada 2018.

Leave A Reply

Your email address will not be published.