Finalisasi RUU Migas bagi Peningkatan Daya Saing Indonesia


06 April 2018

Satya W Yudha (Wakil Ketua Komisi VII DPR) beserta Ari Soemarno ( Direktur Utama PT Pertamina (Persero) periode 2006-2009) dan Susyanto, (Sekretaris Ditjen Migas Kementerian ESDM) saat menjadi pembicara dalam Media Briefing "Finalisasi RUU Migas bagi Peningkatan Daya Saing Indonesia" (sumber foto: istimewa)

Bernas.id - Revisi UU Minyak dan Gas Bumi (Migas) yang berkepanjangan tidak hanya menimbulkan ketidakpastian hukum, tetapi juga berdampak pada keengganan para pelaku di industri hulu migas untuk melakukan penemuan-penemuan cadangan baru (eksplorasi). Padahal, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun ini menargetkan investasi di sektor migas mencapai US$ 17,04 Miliar. Angka itu terdiri dari investasi di sektor hulu migas sebesar US$ 14,44 Miliar dan sektor hilir US$ 2,59 Miliar. Lalu mampukah pemerintah dan seluruh pelaku industri mencapai target tersebut tanpa payung hukum yang memadai?

Agenda pembahasan RUU Migas sudah masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas) yang ke-3 (tiga) di DPR RI, selama periode 2004-2019 atau sejak dikeluarkannya keputusan Mahkamah Konstitusi No 002/PUU-I/2003 yang membatalkan sejumlah pasal dalam Undang-Undang Nomor 22/2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, dan enam tahun sejak dikeluarkannya Keputusan MK. No. 36/PUU-X/2012 yang berakhir dengan bubarnya Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP MIGAS).

Kondisi ini semakin diperparah dengan rendahnya harga minyak mentah dunia yang terjadi sejak pertengahan 2014 yang membuat kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas harus melakukan efisiensi, termasuk salah satunya mengurangi belanja investasi.

“Investasi sektor migas trennya menurun dalam beberapa waktu terakhir, terutama di sektor hulu migas. Hal itu tak lepas dari turunnya harga minyak dunia yang sempat berada di bawah US$40 per barel,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susyanto dalam Media Briefing bertajuk “RUU Migas: Masa Depan Migas Indonesia yang Lebih Baik” di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut kondisi itu membuat volume produksi migas nasional yang siap dijual (lifting) terus menurun karena kemampuan produksi KKKS migas pun semakin terbatas. Sebaliknya laju konsumsi bahan bakar minyak dan gas nasional terus naik seiring dengan pertumbuhan populasi kendaraan bermotor, maupun bertambahnya konsumen bahan bakar gas di sektor industri pembangkit listrik dan rumah tangga. Laju konsumsi terhadap produksi migas juga menjadi tidak seimbang dan mengakibatkan ancaman terhadap ketahanan energi nasional serta menahan pertumbuhan ekonomi bagi sektor-sektor penunjang lainnya.

Menyikapi hal tersebut, lanjutnya, Kementerian ESDM terus berupaya mengeluarkan regulasi yang bisa menggairahkan investasi di sektor migas. Misalnya di awal Februari 2018, Kementerian ESDM telah mencabut 32 peraturan di sektor ESDM. Dari jumlah tersebut, 11 di antaranya merupakan peraturan di subsektor migas dan 3 peraturan terkait SKK Migas.

“Ini sebagai bagian dari pembenahan regulasi untuk memangkas mata rantai birokrasi maupun menyesuaikan regulasi dengan dinamika yang kini terjadi di sektor migas nasional dan global,” tutur Susyanto. 

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) periode 2006-2009, Ari Soemarno, memperingatkan minimnya investasi dan penurunan volume produksi migas nasional ini bisa membuat Indonesia terjebak dalam krisis energi berkelanjutan. "Ini sudah masuk kategori darurat investasi, terutama di sector migas. Kita sudah jadi net importir minyak sejak 2003. Pertumbuhan konsumsi gas dalam negeri pun terus naik dengan rata-rata pertumbuhan 9% per tahun. Bila kondsi investasi tidak beranjak naik dan penemuan cadangan migas tidak bertambah, pada 2024 kita bisa jadi net importir migas," ujar Ari.

Untuk itu, revisi UU Migas sangat penting untuk memperbaiki iklim investasi migas di Indonesia yang akan memberi dampak positif terhadap peningkatan kegiatan eksplorasi dan eksplotasi wilayah kerja migas.

“Semua pihak harus sensitive dengan kondisi ini, harus ada sense of urgency dan sense of crisis. Kalau tidak ada kepastian hukum, aturan yang berlaku tidak dapat menjawab tantangan-tantangan baru, tentu investor tidak mau melakukan eksplorasi untuk menemukan cadangan migas baru di Indonesia,” tutur Ari menambahkan.

Padahal, imbuh Ari, industri hulu migas nasional sedikitnya membutuhkan investasi sekitar US$25 miliar dan sekitar US$45 miliar pertahun. Bila hal itu terealisasi, dampak selanjutnya bakal meluas lantaran sektor hulu migas memiliki efek berganda bagi pertumbuhan perekonomian nasional, mulai dari pemanfaatan produk lokal hingga transaksi melalui perbankan nasional.

“Revisi UU Migas juga akan mendorong iklim kondusif yang akan membuat posisi Indonesia di level global menjadi lebih kompetitif sehingga pada akhirnya mampu menarik minat investasi baru maupun peningkatan investasi yang sudah ada dari pelaku industri hulu migas,” kata Ari.

Utang DPR

Revisi UU Migas juga sepatutnya diarahkan pada upaya pembenahan tata kelola migas sebagai akar masalah turunnya investasi dan produksi migas nasional belakangan ini. Sebagai payung hukum bagi semua regulasi dan kebijakan sektor yang ada ada, RUU Migas yang baru harus dapat memfasilitasi adanya kepastian hukum dan penghormatan terhadap kontrak-kontrak yang sudah ada, kelembagaan pengelola migas beserta pola koordinasi antarinstansi termasuk peran Pemerintah Daerah, kebijakan fiskal industri migas yang lex specialist, serta adanya fleksibilitas terhadap perubahan-perubahan yang diperlukan oleh industri migas. Namun sayangnya berbagai upaya yang sudah dilakukan Pemerintah untuk memperbaiki iklim investasi migas saat ini seolah belum berimbas pada peningkatan investasi dan kinerja sektor hulu migas itu sendiri.

“Secara umum memang sudah ada perbaikan iklim usaha di Indonesia. Hal ini tercermin dari peringkat kemudahan berusaha Indonesia (Ease of Doing Business) 2018 yang mengalami kenaikan. Di 2018, Indonesia berada pada posisi 72 dari 190 negara. Posisi itu naik dari sebelumnya yaitu peringkat 91 pada 2017 dan 106 pada 2016. Namun, hal itu tidak tercermin di sektor hulu migas. Bahkan seolah bertolak belakang dengan perbaikan peringkat tersebut,” kata Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Satya Widya Yudha.

Pun, bila merujuk pada survei dari Fraser Institute di pertengahan 2017, iklim investasi migas di Indonesia ternyata masih kalah menarik dibanding banyak negara lain di dunia. Penilaian ini mengelompokkan Indonesia ke dalam 10 negara dengan tingkat iklim investasi terburuk bersama Venezuela, Bolivia, Libya, Irak, Ekuador,  Kamboja, Prancis dan Yaman. Begitu juga bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga, Indonesia tetap terpuruk di posisi buncit.

Data itu, imbuh Satya, harus menjadi alarm bagi Indonesia untuk segera berbenah. Menurutnya, upaya perbaikan daya saing investasi di sektor hulu migas harus muncul dari dua sisi yakni dari sisi regulasi dan industri.

“Daya saing itu harus muncul dari pemerintah dan dunia usaha. Pemerintah memperbaiki berbagai regulasi sementara dunia usaha melakukan pembenahan kinerja sehingga operasional perusahaan semakin efisien,” paparnya.

Regulasi yang jelas akan memberi kepastian hukum yang akan menjamin terciptanya stabilitas bisnis dan investasi. UU Migas sebagai payung hukum akan memberi kepastian hukum yang merupakan salah satu elemen terpenting untuk memastikan kegiatan bisnis hulu migas yang merupakan investasi jangka panjang dapat berjalan dengan baik dan sekaligus memperbaiki iklim investasi.

Ia pun mengakui RUU Migas hasil revisi UU 22/2001 menjadi kebutuhan mendesak pelaku usaha karena akan memunculkan iklim investasi hulu migas yang kondusif. Sayangnya hingga saat ini posisi hal itu masih diproses di Badan Legislatif (Baleg) DPR. Hal ini terkait alotnya pembahasan ataupun sinkronisasi pemahaman mengenai Badan Usaha Khusus (BUK) yang melibatkan dua Komisi DPR, yaitu Komisi VII dan Komisi VI. Pasalnya, BUK (konsep dari Komisi VII) mengintegrasikan sektor hulu dan hilir, diantaranya SKK Migas dan BPH Migas yang fungsinya tetap sama. Sementara konsep dari Komisi VI, induk usaha (holding) merupakan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor migas.

“Revisi UU Migas memang masih menjadi utang bagi anggota DPR periode 2014-2019. Tentu kami akan berupaya maksimal untuk bisa meloloskannya sebagai undang-undang migas baru yang akan menjadi payung hukum bagi tata kelola sektor migas dan energi di Indonesia ke depannya,” tandasnya.



SPP Mulai 200rb! Jadilah Bagian dari Kisah Suksesnya! Sejuta Sarjana Pengusaha Untuk Merah Putih
https://bernas.info/SejutaPengusahaSarjana

WA Group 34 Propinsi #ViralDesa https://bernas.info/WAgroup34propinsi


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Ekonomi

5 Tips Bermanfaat Atur Keuangan Pribadi saat New Normal

Bernas.id - Pandemi Covid-19 tidak hanya membuat sektor kesehatan harus bekerja keras tapi juga mempengaruhi sektor ekonomi. Semua lapisan masyarakat dengan berbagai penghasilan dan pengeluaran terdampak covid-19. Untuk mengatasi masalah te ...

DIY

Demo Minta Pembatalan RUU HIP Dilakukan Ormas Jogja Lagi

YOGYA, BERNAS.ID– Puluhan orang dari berbagai organisasi masyarakat (ormas) di DIY berkumpul di titik nol kilometer Jogja, Senin (6/7/2020). Mereka kembali berunjukrasa di masa pandemi ini dengan aspirasi menolak adanya Rancangan Unda ...

Lifestyle

Mahasiswa Susah Menabung Jika Masih Suka dengan 5 Kebiasaan IniĀ 

Bernas.id – Tujuan menabung bukan serta merta untuk bisa kaya tapi memiliki keuangan yang sehat. Bisa menabung artinya kamu bisa memprioritaskan mana yang kebutuhan mana yang sekadar keinginan. Jika ingin hidup tenang karena mempunyai ...

Inspirasi

Festival Mahakarya: Pentingnya Pendidikan bagi Millennials di Era New Normal oleh Wirda Mansur dan Sarita Sutedja

Bernas.id - Festival Mahakarya yang dilaksanakan kemarin (5/7) secara live di kanal Youtube berlangsung sangat seru dengan dua penyaji muda, sukses, dan berpengalaman, Wirda Mansur direktur WakeUpMakeUp dan Sarita Sutedja founder Upnor ...

Desa

Dani Pristiawan dalam KKD Seri Khusus: Inklusivitas Masyarakat Salamrejo, Kulonprogo dalam Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Leluhur Serta Kearifan Lokal

Bernas.id – Minggu, 5 Juli 2020 Webinar Kongres Kebudayaan Desa mengangkat tema ‘Inklusi Sosial: Mewujudkan Masyarakat Inklusif dalam Tatanan Indonesia Baru’. Webinar kali ini dipimpin oleh seorang moderator Abdi Suryan ...

Editorial

Adaptasi dan Pemulihan

Pandemi Covid-19 ini memang extra ordinary disaster. Ia berukuran mikro, tak tampak kasat mata, namun mampu mengguncang peradaban manusia secara global. Hampir semua aspek kehidupan manusia terdampak dengan adanya pandemi, dari keseha ...

Inspirasi

Wirda Mansur, Belum Genap 20 Tahun Sudah Jadi Direktur

Bernas.id - Muda, berbakat, plus punya usaha sendiri. Keren. Begitu kira-kira yang akan kita katakan begitu mengenal sosok Wirda Mansur, gadis cantik dengan segudang prestasi. Bagaimana tidak, di usianya yang belum genap 20 tahun sudah jadi ...

Lifestyle

9 Tips Memakai Make Up dengan Aman di Masa New Normal

Bernas.id – Bagi sebagian perempuan, berada di rumah saja selama PSBB atau lockdown beberapa bulan kemarin memmbuat kosmetik alias make up mereka awet. Jangankan blush on, eye shadow, dan eyeliner pakai bedak atau lipstik pun sangat j ...

Kesehatan

5 Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Meski Beraktivitas Berat di New Normal

Bernas.id – Beraktivitas di luar rumah karena sudah memasukai era new normal bukan berarari pandemi sudah berakhir. Segala aktivitas bisnis dibuka dengan alasan menjaga roda perekenomian tetap berputar bukan karena corona sudah benar- ...

Lifestyle

Fan Theory : Dark Story dibalik Music Video Crossroads GFriend adalah Kematian?

GFriend adalah sebuah grup beranggotakan 6 member di bawah asuhan agensi Source Music Entertaiment yang kini diakuisisi oleh BigHit Entertaiment. GFriend sendiri debut pertama pada tahun 2015 dan hingga saat ini sudah menyandang banyak reko ...

Lifestyle

Begini Saran Gugus Tugas Soal Tingginya Risiko Penularan Covid-19 di Transportasi Umum

BERNAS.ID - Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19 dokter Reisa Broto Asmoro menyampaikan masyarakat perlu menjaga diri dari penularan Covid-19 saat menggunakan transportasi umum. Hal ini disampaikan saat konferensi pers da ...

Wacana

4 Kesalahan Fatal dalam Membangun Personal Branding

Bernas.id - Personal branding nampaknya saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan baik secara offline maupun daring guna menuju tangga kesuksesan. Personal branding sendiri menurut Montoya adalah sebuah seni yang menarik dan memelihara l ...

Pendidikan

Intip 5 Rahasia Kiat Modifikasi RPP di Masa Pandemi

Bernas.id - Dengan tekad membekali guru-guru untuk melakukan pembelajaran jarak jauh di tahun ajaran 2020-2021, maka Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Seri Webinar di platform Zoom da ...

Lifestyle

4 Kunci Sederhana Bersatu Lawan Covid-19 Ala Wapres Ma'ruf Amin

BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 tidak hanya terjadi di Indonesia. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan pemerintah terus mempercepat langkah-langkah penanganan pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia. Apalagi dampak terhadap mas ...

DIY

Total Pasien Positif Covid-19 di DIY Jadi 324 Orang, Angka Kesembuhan Menurun

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Penularan virus corona masih terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal ini ditandai dengan adanya tambahan kasus baru setiap harinya. Dilaporkan ada tambahan 4 pasien positif Covid-19 pada Jumat (3/7/2020 ...

Ekonomi

Agar Jadi Sales Marketing Handal Maka 5 Tugas Ini Wajib Kamu Kuasai

Bernas.id - Kegiatan penjualan produk adalah tanggung jawab sales marketing di sebuah perusahaan. Hal yang wajib ada bagi seorang sales marketing ialah kemampuan berbahasa santun dan berperilaku sopan. Sales bertanggungjawab penuh atas juml ...

Politik

Muncul Peramal Reshuffle, Kepala Staf Kepresidenan: Itu Hak Prerogatif Presiden

BERNAS.ID - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengaku tidak berani memastikan apakah Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan kabinet (reshuffle) dalam waktu dekat ini.  "Saya nggak bisa melampaui otoritas yang diber ...

Lifestyle

Jamur Enoki Aman Dikonsumsi, Ini Saran Kementan

BERNAS.ID - Produk jamur enoki merupakan salah satu jamur yang digemari masyarakat Indonesia. Sayangnya, sempat geger karena sebuah produk jamur enoki asal Korea Selatan yang mengandung bakteri berbahaya, yakni Listeria monocytoge ...

Ekonomi

Penting, Inilah 5 Cara Membangun Brand Bisnis Kecil Kamu Jadi Besar

Bernas.id – Yang membuat bisnis bertahan dan dikenal oleh banyak orang adalah brand. Maka tak heran jika membangun brand itu cukup sulit dan membutuhkan waktu panjang. Agar bisnis bisa berjalan sukses pebisnis harus bisa membangun bra ...

DIY

Bertambah 6 Orang, Pasien Positif Covid-19 di DIY Jadi 320

BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada tambahan 6 pasien positif Covid-19, Kamis (2/7/2020).  "Terdapat penambahan 6 kasus positif,&qu ...

Ekonomi

Pemulihan Bisnis Pasca Pandemi, Luhur Pradjarto: Hindari Kritisi, Pemerintah Butuh Kolaborasi dan Rekomendasi

Bernas.id - Pemulihan bisnis di Indonesia pada pasca pandemi harus segera mulai dirancang untuk menghindari stagnasi yang berkepanjangan. Kemunculan pandemi Covid19 yang membuat dunia usaha terhenti dan perekonomian merosot tajam, membuat p ...

Desa

Budi Arie Setiadi dalam Kongres Kebudayaan Desa: Menggerakkan Arus Barang dari Desa Ke Kota dengan Digitalisasi Desa

Bernas.id – Kongres Kebudayaan Desa (KDD) yang diprakarsai oleh Sanggar Inovasi Desa yang didirikan Pemerintah Desa Panggungharjo yang kemudian didukung oleh Kementerian Desa PDTT dan KPK telah resmi dimulai pada tanggal 1 Juli 2020. ...

Daerah

Pasien Positif Covid-19 di Jatim Capai 12.245 Orang, Khofifah Wanti-wanti Ini

BERNAS.ID - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim mencatat tambahan kasus terkonfirmasi positif per Rabu (1/7/2020) pukul 17.00 WIB sebanyak 316 orang. Total keseluruhan pasien positif Covid-19 di Jatim mencapai 12.245 ...

Lifestyle

Lagu Terbaru Blackpink Menuai Kontroversi?

BERNAS.ID Blackpink adalah sebuah girlgroup asal korea selatan di bawah asuhan agensi YG Entertaiment. Nama Blackpink sendiri mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Popularitas Blackpink sendiri memang boleh terb ...

Ekonomi

Klinik Pemulihan Bisnis Membuktikan ABDSI Sebagai Asosiasi Pendamping Bisnis yang Profesional

Bernas.id - Pandemi yang berkepanjangan ini membuat banyak UMKM mulai kesulitan menjalankan usahanya, beberapa terpaksa berhenti beroperasi dan merumahkan karyawannya. Karena itulah Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABD ...

Ekonomi

Ingin Punya Bisnis Sesuai Minat Pasar? Ini 4 Cara Terbaik Melakukan Risetnya

Bernas.id – Sebagai pengusaha, lama ataupun baru, pasti berharap bisnisnya disukai pasar alias konsumen. Menjalankan bisnis sesuai permintaan pasar cenderung membuat bisnis stabil dan bisa bertahan lama. Banyak hal yang bisa dilakukan ...

Sintesa

Dialog Cucu dan Kakek tentang Kepala Desa Sukses

“Ya, ya, cerita dari Google-nya nanti kalau kamu berkunjung lagi, salam untuk mamahmu ya,” pesan kakek. Begitulah ucapan kakeknya minggu lalu kepada cucunya saat cucunya berpamitan pulang ke rumahnya. Nama kakek tersebut adal ...

DIY

Kecelakaan di Jembatan Layang Lempuyangan Tewaskan Satu Orang

YOGYA, BERNAS.ID--Insiden tabrakan maut terjadi antara sepeda motor Honda Revo dan sebuah mobil pengangkut uang untuk Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan merek Isuzu Panther di Jl. Dr. Sutomo (flyover Lempuyangan), Rabu (1/7/2020) sian ...

Nasional

MUI: Pancasila Itu Membuat Perdebatan Hubungan Agama dan Negara Sudah Selesai

BERNAS.ID - Sekretaris Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Noor Achmad menyebutkan Pancasila saat ini sudah final sehingga tidak perlu lagi dibenturkan dengan konsep antara agama dan negara dalam dasar negara. Pancasi ...

Pendidikan

Ustaz Yusuf Mansur dalam Buku Semua Bisa Jadi Pengusaha: Saya Termasuk Orang yang Tidak Sepakat dengan Pendapat 'untuk Apa Kita Kuliah?'

Bernas.id - Ustaz Yusuf Mansur, seorang ustaz, pendiri pondok pesantren penghafal Al-Qur'an sekaligus seorang entrepreneur sukses yang terkenal dengan Gerakan Sedekah Nasionalnya ini menuliskan dalam salah satu bukunya yang berjudu ...

Inspirasi

Lakukan Liburan Produktif ala Mahasiswa dengan 3 Tips Berikut

Bernas.id  - Saat yang paling dinantikan oleh mahasiswa adalah memasuki waktu liburan. Mahasiswa perantau tentu lebih menantikan liburan karena bisa pulang ke kampung halaman, melepas rindu pada orangtua, keluarga, dan teman-teman. ...

Pendidikan

Bersiap Adaptasi Tahun Ajaran Baru, Kemdikbud Luncurkan Seri Webinar Guru Belajar

Bernas.id - Sebuah gebrakan diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupa Seri Webinar Guru Belajar untuk mempersiapkan guru-guru dalam beradaptasi menyambut tahun ajaran baru di bulan Juli ini. Serangkaian webinar telah dip ...

DIY

Walikota: Jangan Sampai Ada Klaster TMMD

YOGYA, BERNAS.ID - Meski masih berada di masa pandemi COVID-19, proyek TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II 2020 Kota Jogja tetap digelar, di Talud Sungai Winongo RT 15 RW 03 Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta. Kolabo ...

Pendidikan

Menag Sebutkan Ada Hal Positif Anak Belajar di Rumah Selama Pandemi

BERNAS.ID - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengungkapkan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2020 menjadi momen yang mengingatkan pentingnya peran keluarga sebagai sumber kekuatan membangun bangsa dan negara.  "Ibu adala ...

Inspirasi

3 Peluang Kerja Sarjana Akuntansi untuk Bisnis Startup, Nomor Satu Keren Banget

Bernas.id – Siapa bilang kuliah di juruasn akuntansi peluang karirnya akan berkutat soal keuangan dan laporan neraca saja? Banyak peluang kerja yang bisa dilakoni oleh sarjana akuntansi. Ketelitian dan analisis tajam yang dimiliki ole ...

Kesehatan

Masyarakat Anggap Enteng Bahaya Covid-19, Ketum PB IDI Khawatirkan Hal Ini

BERNAS.ID - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng Mohammad Faqih menyampaikan masyarakat Indonesia tidak menjadikan pandemi virus corona sebagai masalah yang serius dan membahayakan. Apalagi Indonesia perl ...

Nasional

Jokowi Jengkel Lihat Menteri Bekerja Biasa Saja, Warganet Gaduh Sebut 'Terawan'

BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo rupanya telah mengumpulkan para menteri koordinator, menteri, serta kepala lembaga-lembaga. Menurutnya, semua menteri harus memiliki perasaan dan tanggungjawab yang sama terlebih pada masa tiga bulan belakan ...

DIY

Terus Meningkat! Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di DIY Capai 85 Persen

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona di Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 306 orang. Hari ini dilaporkan ada 2 tambahan pasien positif Covid-19, Minggu (28/6/2020). "Terdapa ...

DIY

DIY Laporkan 3 Kasus Pasien Positif Covid-19 dan 5 Orang Sembuh

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada tambahan dua pasien positif Covid-19 pada Sabtu (27/6/2020). Total pasien positif Covid-19 di DI ...

Kesehatan

#MenujuNewNormal, Waspadai Sumber Penularan Covid-19 di 3 Lokasi Ini

BERNAS.ID - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengingatkan pada kondisi new normal ada tiga lokasi yang berpotensi menjadi sumber penularan virus corona. Masyarakat bisa beraktivitas di berbagai temp ...

DIY

DIY Laporkan 3 Tambahan Kasus Baru Karena Riwayat Perjalanan dari Luar Daerah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di DIY pada Jumat (26/6/2020) melaporkan ada tambahan 3 pasien positif terinfeksi virus corona. Menurut data yang diunggah Humas Pemda DIY di Insta ...

DIY

Buruh Jogja Desak Adanya Langkah Konkret Atasi Dampak Pandemi

YOGYA, BERNAS.ID- Ada sekitar 38.000 buruh di DIY yang terdampak pandemi Covid-19. Pemerintah Daerah (Pemda) DIY didesak untuk segera membuat langkah konkret untuk mengatasi malah ini, bukan sekadar regulasi tanpa solusi. Ketua Serikat B ...

Pendidikan

7 Alasan Memilih Kampus Swasta Dibandingkan Kampus Negeri

Bernas.id – Kuliah di kampus negeri mungkin memang harapan banyak orang. Namun, bukan berarti jika kamu kuliah di kampus swasta artinya kamu kuliah di tempat yang kurang bagus. Kampus swasta pun memiliki kualitas yang tidak kalah deng ...

Inspirasi

Hai Pengusaha Muda, Ini Ada 3 Cara Mudah untuk Mencari Ide Bisnis

Bernas.id – Apakah kamu termasuk anak muda yang bercita-cita memiliki usaha sendiri dibandingkan bekerja di perusahaan orang lain? Mungkin kamu ingin membuka kedai kopi atau gerai makanan kekinian atau mungkin malah memiliki butik sen ...

Pariwisata

Catat! Ini 10 Destinasi Wisata Percontohan New Normal di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta telah siap melakukan uji coba penerapan tatanan hidup baru (new normal) untuk sektor pariwisata. Sektor pariwisata mulai bergeliat setelah berbulan-bulan terdampa ...

DIY

1 Positif dan 4 Sembuh, Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di DIY Dekati 83 Persen

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta melaporkan ada tambahan 1 pasien positif Covid-19, Rabu (24/6/2020). Kasus positif Covid-19 di DIY mencapai 292 orang.&nbs ...

Budaya

Didik Ninik Thowok Ikut Lathi Challenge, Warganet Heboh Lihat Aksi Sang Maestro

BERNAS.ID - Siapa yang tak tahu Didik Nini Thowok? Mendadak, nama seniman legendaris Indonesia ini menduduki trending topic Twitter, Rabu (24/6/2020). Hal ini karena Didik Nini Thowok ikut membuat video lathi challenge. Senim ...

DIY

Pandemi, Muhammadiyah Anjurkan Umat Islam Sedekah Uang daripada Sembelih Kurban

YOGYA, BERNAS.ID - Berdasarkan Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2020, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menjelaskan hasil hisab Zulhijah 1441 H bahwa tanggal 1 Zulhijah 1441 H jatuh pada hari Rabu Wage, 22 Juli 2020,  Hari Arafah (9 Zulhijah 1441 ...

Hukum dan Kriminal

Dianggap Hujat Megawati dan PDIP, 7 Akun Twitter Dilaporkan ke Polda DIY

SLEMAN, BERNAS.ID - Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta Eko Suwanto melaporkan tujuh akun Twitter ke Polda DIY, Rabu (24/6/2020) siang atas dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Tujuh akun tersebut ...

Politik

Mahfud MD: DPR yang Usulkan RUU HIP, Pemerintah Tak Bisa Mencabut

BERNAS.ID - Pemerintah tidak bisa mencabut usulan pembahasan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi (RUU HIP). Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD usai rapat deng ...