Berita Nasional Terpercaya

Cambridge Assessment International Education Bekerjasama dengan Sampoerna University untuk Pelatihan Guru Indonesia

0

Bernas.id – Cambridge Assessment International Education telah resmi bekerjasama untuk jangka panjang dengan Putera Sampoerna Foundation melalui Sampoerna University dalam menyediakan pelatihan pengembangan profesi untuk para guru di Indonesia. Tonggak pencapaian yang diresmikan hari ini dilaksanakan di Sampoerna University L?Avenue Campus, Jakarta dengan acara penandatangan kontrak oleh kedua mitra. Kontrak ini ditandatangani oleh Ben Schmidt, Direktur Regional, Asia Tenggara & Pasifik, dan Sekretaris Elan Merdy, masing-masing atas nama Cambridge Assessment International Education dan Sampoerna.

Inisiatif dalam pengembangan profesi tersebut yang memperoleh berbagai hasil positif pada implementasi pilotnya tahun lalu, tahun ini akan kembali memberikan kesempatan kepada para guru di Indonesia untuk membangun kompetensi dalam bidang pendidikan internasional berbasis Bahasa Inggris. Seperti tahun lalu, inisiatif tersebut akan dimulai pada bulan April.

Melalui kemitraan dengan Sampoerna University, Cambridge International berkomitmen untuk membangun kompetensi guru di Indonesia dengan mengajarkan kurikulum internasional dalam Bahasa Inggris, juga secara bilingual, yang dikombinasikan dengan kurikulum nasional Indonesia. Para guru Indonesia juga akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan akreditasi sebagai guru-pelatih Cambridge, yang nantinya dapat melatih guru-guru lain di sekolah yang mengaplikasikan kurikulum Cambridge International. Salah satu fokus kegiatan Cambridge Assessment International Education di Indonesia adalah mengembangkan kapasitas lokal untuk menyediakan pengembangan profesional berkualitas tinggi di bidang pendidikan. Tiap tahunnya, mereka mengirimkan pelatih Cambridge yang terakreditasi dari Inggris ke Indonesia untuk memberikan lebih dari 30 kegiatan pelatihan guru pada mata pelajaran Cambridge IGCSE dan Level A/AS.

?Kemitraan formal kami bersama Putera Sampoerna Foundation membuktikan bahwa kami berkomitmen untuk mengembangkan kemampuan guru-pelatih lokal di Indonesia, dan kami sangat bangga dapat memperluas layanan kami yang terdiri dari pelatihan pengembangan profesional untuk guru dan sekolah Cambridge di seluruh Indonesia,? ujar Ben Schmidt dalam acara penandatanganan ini yang juga dihadiri oleh Michael Little, Director English untuk British Council di Indonesia. ?Kami bekerjasama dengan Putera Sampoerna Foundation karena mereka memiliki rekam jejak yang luar biasa dalam pengembangan profesi guru dan kemampuan secara organisasi untuk memberikan penanganan logistik yang kompleks,? lanjut Ben.

Gusman Yahya, Direktur Putera Sampoerna Foundation – School Development Outreach (SDO) mengatakan, ?Sebagai bagian dari komitmen kami untuk memberdayakan para pengajar, di bawah naungan Sampoerna University, SDO secara aktif mengajak institusi-institusi pendidikan internasional yang memiliki reputasi tinggi, seperti Cambridge, untuk secara terus-menerus menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu bersaing di pasar global dan mempersiapkan mereka untuk siap bekerja dan siap di tingkat dunia dengan menyediakan pengalaman pendidikan yang komprehensif. Kemitraan dengan Cambridge akan menciptakan kesempatan yang lebih besar dalam hal akses dan kemampuan bagi sekolah dan para pendidik untuk mendapatkan pengembangan profesional berkualitas tinggi.?

Cambridge beroperasi di 160 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia, yang baru saja meresmikan dibukanya sekolah Cambridge ke 208 yang terbaru, yakni Al Azhar Yogyakarta. Institusi ini juga baru saja memberikan penghargaan 123 Outstanding Cambridge Learners Awards kepada pelajar terbaik Indonesia untuk seri ujian Cambridge pada Juni dan November 2017.

Leave A Reply

Your email address will not be published.