Berita Nasional Terpercaya

Di Angkringan Pendopo Lawas Jogja, SBY Bernostalgia tentang Masa Transisi 1998 Ketika Menjadi Danrem

0

Bernas.id- Presiden Keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) helat acara Ngopi Bareng di Angkringan Pendopo Lawas Yogyakarta. Para tamu undangan dan awak media tampak memenuhi ruangan pendopo, Minggu malam(8/4).

SBY pun bernostalgia ketika menjadi Komandan Korem saat masa transisi 1998.

“Saya mengambil jalan yang berbeda, saya menjalin komunikasi dengan para mahasiswa. Antara lain yang sekarang bersama-sama  saya ada Andi Arief, ada Heri Sebayang, Aam Sapulete, ada para aktivis Jogjakarta pada waktu itu. Mereka siang hari melakukan unjuk rasa, mengkritisi pemerintah. Menginginkan perubahan A,B,C,D,E tetapi malam hari saya ajak dialog dan akhirnya saya tidak bisa mengekang kebebasan mereka untuk berekspresi, menyampaikan pandangan-pandangannya ataupun kritik-kritiknya,” urai SBY.

Namun, gentleman agreement yang kami buat dulu, lanjut SBY, tidak boleh melebihi kepatutannya melanggar hukum dan kemudian menimbulkan gangguan keamanan. 

“Alhasil waktu itu Jogja boleh dikatakan tetap dinamis, tetapi tidak ada kekerasan apapun di kota ini. Saya masih ingat, saya kira teman-teman juga ingat pendekatan saya seperti itu dulu dianggap keliru, dianggap terlalu lunak,” papar SBY. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.