"Gandeng Gendong" Penyuluh Kewirausahaan

Penulis : Redaksi
Editor : Editor
12 April 2018

Sugiyanto (Foto: Istimewa)

Bernas.id - Pada 23-25 Maret 2018 Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) DIY mengandeng Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Fasilitasi untuk Penyuluh Kewirausahaan. Kegiatan ini mencoba curi start Program Gandeng Gendong Pemerintah Kota Yogyakarta yang di launching Selasa 10 April 2018 oleh Wali Kota Yogyakara. Penyuluh kewirausahaan sesungguhnya kebutuhan bangsa Indonesia yang digagas oleh BK3S DIY yang diujicobakan untuk Kota Yogyakarta, mengingat ruh pelatihan ini model aplikasi 5K dalam program Gandeng Gendong Kota Yogyakarta.

  • K1. Kota, Pemerintah Kota Yogyakarta dalam hal ini diampu oleh Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi,
  • K2. Korporate atau dunia usaha , dalam pelatihan ini 80% biaya pelatihan di sponsori oleh PT Dowa,
  • K3. Komunitas, penggerak kegiatan ini BK3S DIY dengan sasaran peserta komunitas wirausaha muda Kota Yogyakarta yang dikenal dengan nama Home Business Camp (HBC),
  • K4. Kampus, narasumber utama dari Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD”  Sugiyanto. S.Sos. MM dan Dr. Yuli Setyowati. M.Si. dari Prodi Ilmu Komunikasi serta Praktisi KKB  Samsul SE. MM dan Pakar Fasilitasi Drs. Ruba’i. M.Pd.
  • K5, Kampung. Hasil pelatihan Penyuluh Kewirausahaan akan dinikmati masyarakat seluruh kampung di Kota Yogyakarta, sebab peserta nantinya akan mendampingi UMKM  kususnya pelaku usaha start up.

Pelatihan ini menjadi penting bagi masyarakat Yogyakarta karena di Kota Yogyakarta ada lebih dari 24.000 pelaku UMKM, dan pelaku UMKM sebagai salah satu pillar menurunkan angka kemiskinan dan bergerak meningkatkan tingkat kebahagian warga kota Yogykarta. Jika 25 peserta Penyuluh Kewirausahaan bergerak bersama mampu menjadi sekerup 5K maka indek kebahagian masyarakat kota Yogyakarta akan meningkat secara signifikan.

Pelatihan di buka oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Dra. Lucy Irawati didampingi Ketua Umum BK3S DIY Ibu, BRAy. Prabukusumo. Harapan Ketua Umum BK3S DIY dengan pelatihan ini BK3S DIY bersama PT Dowa dan Kampus STPMD “APMD” berkontribusi menurunkan angka kemiskinan DIY agar tidak melampaui kemiskinan tingkat nasional. Oleh karena itu, Pelatihan Penyuluh Kewirausahaan dikemas dalam waktu 25 JPL dengan materi akhir pelatihan Ujian Bagi Peserta, dari tim penguji dari 30 pesera dinyatakan lulus 25 orang peserta.  

Makna Kemitraan Gandeng Gendong

Untuk mengupas program  gandeng gendong terlebih dahulu kita melihat sejarah para pelaku usaha.  Mengapa orang melakukan usaha? Ada empat jawaban atas pertanyaan tersebut yaitu :

  1. Terpaksa atau kepepet, jadi bertambahnya pelaku UMKM setiap tahun itu bukan keberhasilan pemerintah tetapi kegagalan pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan.,
  2. Hobi, orang melakukan usaha dalam suka dan duka terus dijalankan dengan iklas dan senang, mengapa demikian karena usahanya dilandasi dengan hobi dan diikat dengan hati, sehingga dalam situapapun tetap mempertahankan bisnisnya.,
  3. Sengaja dibentuk, sekolah tidak sekolah saya harus jadi pelaku usaha, di beri modal, tidak diberi modal saya tetap menjadi pelaku usaha. Mengapa bisa terbentuk demikian karena keluarga terutama orang tua dengan sengaja membentuk anak-anaknya untuk menjadi pelaku usaha., seperti masyarakat di Negara Arab, Cina, Singapure dll.,
  4. Kebetulan, bisnis yang kebetulan cenderung jadi, karena menyadari diri nya sebagai hamba Allah yang menciptakan dan menentukan. Contoh seorang guru kalau ke sekolah sambil jualan kue untuk muridnya, karena murid senang dan anak-anak yang berperan sebagai marketing kepada keluarganya, sehingga bisnisnya bisa tumbuh dan besar.

Jika sejarah kewirausahaan pada umumnya di atas ditata lebih lanjut dan dididukung oleh pemerintah mestinya akan menghasilkan sistem yang bersimbiosis mutualisme bagi semua stakeholder. Sistem yang dimaksud Pemerintah Kota Yogyakarta berinisiaatif dengan nama program Gandeng Gendong. Maka memaparkan pemaknaan Gandeng Gendong akan saya awali dengan pengalaman penulis sebagai pendamping atau konsultan bagi pelaku UMKM di Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta sejak tahun 2009, saya jelaskan dibagian bawah ini. 

Berdasarkan pengalaman sebagai pendamping pelaku usaha start up, ternyata  pelaku usaha start up yang berhasil adalah mereka yang mengikat jiwanya dengan usahanya dan media pengikatnya adalah “hati”.  Dengan ikatan hati diharapkan tidak putus semangat, putus ditengah jalan dan terus menerus mencintai dan mengeluti usahanya sampai berhasil pada kemandirian, syukur bisa mengandeng pelaku usaha baru berikutnya. Atas dasar semangat gandeng gendong pada saat berproses peserta harus :

  1. Membuka diri untuk bersedia secara iklas digandeng oleh teman atau saudara yang usahanya telah stabil dan dinamis, sehingga berkenan  mengikuti dan menerima masukan-masukan dari pengandeng. Keiklasan digandeng merupakan dasar utama dalam proses pembelajaran yang positif, berpartisipatif kemitraaan dan bekerjasama untuk penguataan kapasitas diri, penguatan usaha dan memotivasi usaha orang lain.
  2. Memahami sistem pengembangan usaha, sistem layanan pemerintah dan sistem bekerjasama dengan pihak lain.
  3. Diterima dan dijalankannyapoin 1 dan 2 di atas menunjukan pelaku usaha memiliki dan bertambah jaringan. Dengan banyaknya jaringan mestinya memperkuat usahanya, sebab jaringan adalah media bergerak dan member solusi ketika pelaku usaha menghadapi kesulitan atau hambatan dalam berusaha.

Berdasarkan penjelasan di atas maka hidup itu pilihan, saudara mau gandeng atau mau digandeng. Setiap orang mau kaya atau miskin itu bukan kehendak Sang Pencipta  dan bukan takdir. Jadi kaya miskin, sukses tidak sukses seseorang ditentukan oleh dirinya dalam setiap memanfaatkan waktu dan untuk bergerak terhadap pilihan tersebut. Misalnya gerak maju atau mundur, gerak pasif atau aktif. Jadi sukses tidak dihalangi oleh tingkat pendidikan dan modal materi, tetapi orang suskses selalu bermodal kemauan, disiplin dan membuka jaringan ke titik atau arah yang di tuju. Ketiga arah tersebut adalah :

  1. Vertikal, artinya pelaku usaha harus dan harus bergerak ke atas, maknya semua kesulitan semua keuntungan, semua yang dimiliki dan semua yang ingin dimiliki haru diserahkan dan meminta pertolongan kepada Allah SWT, janga sekali-kali minta kepada dukun, tabib dan sejenisnya. Maka bersyurlah dalam situasi apapun melalui sedekah yang kita miliki.
  2. Horisontal, sebagai pelaku usaha walaupun kelasnya baru star up harus disyukuri dan tunjukan kepada lingkungan tempat tinggal dan lingkungan usaha bahwa I maka ini karunia Tuhan YME, bukan karena diri kita semata, maka kita harus selalu berbuat baik dengan lingkungan dengan cara peduli, berpartisipasi, berbagi dan mau serta rela menolong orang sesama untuk mengembangkan diri kita dan lingkungan atau orang yang meminta bantuan tersebut
  3. Diagonal, agar usaha kita dapat berkembang cepat jangan takut kita berjalan serong atau menyebrang pada arus yang dan situasi yang beda, misalnya berani berkomunikasi kepada pelaku usaha di atas kita (kecil atau menengah), biasanya jualan di pasar berani mencoba di kantor-kantor atau kampus, dll. Alasan pelaku cenderung taku, tidak ada relasi dan sejenisnya. Untuk dapat menembus ini semua maka prinsip usaha dikembalikan pada poin 1 bersandar kepada Allah. SWT.

Atas dasar itu kita harus  berpikir untuk merubah cara berfikir kita dengana berpikir yang holistic. Cara berpikir holistic dengan bersandar pada tiga nilai, yaitu logika, etika dan estetika. Jadi setiap ada permasalahan dan ada ide baru harus dilihat dari benar dan salah dari aspek logika, baik buruk dalam bersikap dilihat dari etika dan indah tidak indahnya sikap serta ide yang akan dilakukan dilihat dari aspek estetika. 

Dengan demikian aplikasi gandeng gendong diharapkan dapat berjalan secara harmoni dan mampu memberikan kekuatan karena bersinergi lintas sector. Besar harapan berjalanya program gandeng gendong didalam jangka waktu lima tahun angka kemiskinan di kota Yogyakarta akan menurun dan tingkat kesejahetraan masyarakat Yogyarta meningkat, sehingga Yogyakarta benar-benar sebagai kota berhati nyaman.

Penulis : Sugiyanto. S.Sos. MM 

(Konsultan Manajemen UMKM Dinas Koperasi UKM Transmigrasi & Tenagakerja Kota Yogyakarta, Dosen STPMD “APMD”  Yogyakarta)

 


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Nasional 5 Jam lalu

Alasan Sudirman Said Hanya Ingin Satu Periode Saja Jika Nanti Terpilih Jadi Gubernur Jateng

Bernas.id – PPM AMIK BSI Yogyakarta dan Forum Akademisi Indonesia (FAI) bekerjasama dengan Polda DIY adakan seminar IT bertajuk “Kekuatan Media Sosial dalam Pemberantasan Korupsi dan Cegah Black Campaign Jelang Pemilu”. Su ...

Nasional 7 Jam lalu

Sudirman Said Singgung Setya Novanto dalam Seminar Pemberantasan Korupsi

Bernas.id – PPM AMIK BSI Yogyakarta dan Forum Akademisi Indonesia (FAI) bekerjasama dengan Polda DIY adakan seminar IT bertajuk “Kekuatan Media Sosial dalam Pemberantasan Korupsi dan Cegah Black Campaign Jelang Pemilu”. Su ...

Regional 8 Jam lalu

Pemda DIY Siap Bangun Coworking Space, Bisa Dipakai Masyarakat Cuma-Cuma

Bernas.id-Pemda DIY tahun ini akan mengembangkan coworking space atau ruang kerja bersama untuk memfasilitasi pengembangan industri kreatif digital. Coworking space ini dibiayai sepenuhnya oleh Pemda DIY, oleh karena itu masyarakat yang mem ...

Regional 10 Jam lalu

PPM AMIK BSI Yogyakarta Adakan Seminar IT untuk Tangkal Korupsi dan Kampanye Hitam

Bernas.id – PPM AMIK BSI Yogyakarta dan Forum Akademisi Indonesia (FAI) bekerjasama dengan Polda DIY adakan seminar IT bertajuk “Kekuatan Media Sosial dalam Pemberantasan Korupsi dan Cegah Black Campaign Jelang Pemilu”. Pe ...

Regional 10 Jam lalu

Amien Rais Tak Tampak di Rumahnya, Coklit Diundur

Bernas.id - Panitia Daftar Pemilih (Patarlih) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman mendatangi kediaman Amien Rais untuk melakukan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pada Rabu (25/4). Namun lantaran mantan Ketua MPR itu tid ...

Regional 11 Jam lalu

Puluhan Tukang Sapu Jalanan Dapat Bingkisan Sembako

Bernas.id -  Kolaborasi Aktivis Budaya Yogyakarta (KOBAR) memberikan bantuan paket sembako kepada sekitar 50 orang petugas penyapu jalanan di Kota Jogja. Penyerahan bantuan dilakukan Rabu (25/4) di Kantor Sektor Kebersihan Malioboro. ...

Berkebun 1 Hari lalu

Sasmita Coba Kembangkan Bank Sayur di Kawasan Sleman

Bernas.id-- Studi Analisis Sosial dan Manajemen Inovasi Terapan atau Sasmita merupakan perkumpulan baru di Yogyakarta yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat. Dalam rangka memperkenalkan aktivitas kinerja mereka untuk masyarakat, ...

Regional 1 Hari lalu

Direktur Binmas Polda DIY Paparkan Faktor-faktor yang Pengaruhi Kebhinekaan NKRI

Bernas.id - Senat Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) mengadakan Seminar Kebangsaan bertajuk “Menjaga Keutuhan NKRI dari Radikalisme dan Politisasi Agama di Gedung Teatrikal F ...

Nasional 1 Hari lalu

Dr Sahiron: Pancasila dan NKRI Mengikuti Kanjeng Rasul ketika Menyusun Piagam Madinah

Bernas.id – Senat Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) mengadakan Seminar Kebangsaan bertajuk “Menjaga Keutuhan NKRI dari Radikalisme dan Politisasi Agama di Gedung Teatr ...

Regional 1 Hari lalu

Job Fair di Auditorium UNY, Buka 1750 Lowongan Kerja

Bernas.id - Pusat Pengembangan Karir LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Job Fair di Auditorium UNY, Selasa-Rabu (24-25/4). Job Fair diikuti oleh 25 perusahaan dari DIY maupun luar DIY yang membuka 1750 lowongan kerja dari ...

Musik 1 Hari lalu

Stars and Rabbit Hibur Kawula Muda di Stage of Architecture UAJY

Bernas.id - Band indie bergenre Pop-Folk, Stars and Rabbit sukses menghibur kawula muda dalam acara Stage of Architeture (SOA) yang diadakan pada Sabtu (21/4) di Lapangan Parkir Kampus II Gedung Thomas Aquinas Universitas Atma Jaya Yogyakar ...

Nasional 1 Hari lalu

Menteri Lingkungan Hidup Bantah Biaya SVLK yang Ditanggung Petani Tinggi

Bernas.id - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membantah proses pengurusan sertifikat Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) dinilai terlalu panjang dan menimbulkan biaya tinggi bagi beberapa pelaku bisnis kayu termasuk petani. Pas ...

Nasional 2 Hari lalu

Peran Ibu dalam Revolusi Industri 4.0, Ini Kata Menteri Yohana Yembise

Bernas.id - Seorang perempuan berkualitas mampu menempatkan dirinya dalam peran yang sangat penting, baik sebagai seorang ibu dalam mendidik generasi masa depan, maupun berperan di ranah publik termasuk di Era Revolusi Industri 4.0. Namun, ...

Bisnis 2 Hari lalu

DAI Gelar Ajang Pertemuan Internasional Komunitas Aroma se-Asia di Jogja

Bernas.id - Dewan Atsiri Indonesia (DAI) menyelenggarakan kegiatan AAC (Asian Aroma Therapy Conference) dan AAIC (Asian Aroma Ingredient Conggres) di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta, yang dimulai tanggal 23-26 April 2018. Kegiatan interna ...

Pendidikan 2 Hari lalu

Peringati HUT ke-70, SMA De Britto Gelar Baksos

Bernas.id - Ratusan warga Desa Purwosari, Kec Girimulyo, Kab Kulonprogo mendapat pengobatan gratis dalam acara bakti sosial memperingati HUT ke-70 SMA De Britto, Minggu (22/4/2018). Bakti sosial yang melibatkan 22 dokter yang merupakan alum ...

Nasional 2 Hari lalu

Seminar Pra Kongres Boemiputra Nusantara, Jadilah Tuan di Negeri Sendiri

Bernas.id – Seminar Pra Kongres Boemiputra Nusantara Bagian Barat untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat pribumi Indonesia digelar Yogyakarta. Seminar yang bertajuk “Boemiputra Pendiri NKRI, Boemiputra Pemilik NKRI, dan Boemipu ...

Regional 2 Hari lalu

Peran Bank Sampah di Jogja Masih Minim

Bernas.id - Volume sampah Kota Jogja per tahunnya mencapai sekitar 300 ton. Meskipun pertumbuhan volume tiap tahun dinilai masih wajar, Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja terus mengupayakan peningkatan pengurangan sampah melalui Bank Sampah ...

Pendidikan 2 Hari lalu

Kejar Produksi Publikasi Ilmiah, Unika Gelar Workshop Penulisan Paper

Bernas.id - Workshop penulisan paper publikasi internasional telah dilaksanakan selama dua hari dimulai hari Jumat (20/4) dan dilanjutkan hari Sabtu (21/4) bertempat di hotel Noormans Semarang. Workshop yang digagas oleh Fakultas Ilmu Kompu ...

Mutiara Iman 3 Hari lalu

Uskup Agung Semarang Khotbah Pakai Lagu Via Vallen

Bernas.id - Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko mengajak ratusan umat Kristiani dalam lingkup Pemerintah Kota Jogja untuk senantiasa terus mengasihi sesama seperti yang dilakukan Yesus. Hal itu disampaikannya saat memimpin jalanny ...

Nasional 3 Hari lalu

Pra Kongres Boemiputra Nusantara Indonesia Bagian Barat di Jogja, Satukan Tekad untuk Bersatu, Bangkit!

Bernas.id - Sejumlah tokoh menggagas sebuah forum Pra Kongres Boemiputra Nusantara Bagian Barat untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat pribumi Indonesia. Forum ini diinisiatori Dr MS Kaban,Msi, mantan menteri kehutanan era Presiden SBY dan ...

Regional 3 Hari lalu

Benarkah Kualitas Udara di Jogja Kini Lebih Baik?

Bernas.id - Walau pertumbuhan kendaraan bermotor di Jogja terus meningkat, namun kualitas udara di Kota Jogja diklaim terus membaik. Massifnya penghijauan yang dilakukan, dan penggunaan bahan bakar ramah emisi menjadi salah satu faktor meni ...

Kesehatan 3 Hari lalu

Infeksi Cacing dan Hubungannya Terhadap Gangguan Gizi yang Berdampak Stunting

Bernas.id - Iklim tropis di Indonesia menyebabkan kita rentan terkena berbagai penyakit termasuk infeksi cacing. Sekitar 24 persen orang di dunia menderita infeksi cacingan dan umumnya menyerang anak-anak. Di Indonesia, menurut Pengendalian ...

Lifestyle 4 Hari lalu

11 Tahun Jogja Yaris Comunity

Bernas.id - Tanggal 10 April 2018 Jogja Yaris Comunity (JYC) telah berusia 11 tahun. Puncak acaranya di adakan Sabtu (21/4) bertempat di Woodstock, Jl Palagan Yogyakarta. Acara tersebut hadiri oleh beberapa Komunitas Yaris yang ada di se ...

Bisnis 4 Hari lalu

Dialog Bisnis Interaktif Tingkatkan Kapasitas Para Srikandi Iwapi Jogja dan Ikatan Wanita Bank Jateng

Bernas.id - Peringatan Hari Kartini, Iwapi Yogyakarta dan Ikatan Wanita Bank Jateng adakan dialog interaktif “Kartini Masa Kini, Perempuan dalam Bisnis Penerus Cita-cita Kartini” di Sky Lounge, Hotel Neo Malioboro. Dalam dialog ...

Seni Budaya 4 Hari lalu

Semaraknya Kirab Budaya Festival Kesenian Sleman 2018

Bernas.id- Dinas Kebudayaan Sleman mengadakan Festival Kesenian Sleman 2018 yang memiliki beberapa genre kegiatan. Untuk sore kali ini, diisi dengan kegiatan kirab budaya dari 17 kecamatan Sleman, yang nanti akan dinilai dewan juri untuk di ...

Bisnis 4 Hari lalu

Peringatan Hari Kartini ke-139, Iwapi Yogyakarta Adakan Dialog Interaktif Bisnis

Bernas.id- Peringatan Hari Kartini ke-139 tahun, Iwapi Yogyakarta adakan dialog interaktif "Kartini Masa Kini, Perempuan dalam Bisnis Penerus Cita-cita Kartini" dan mini bazaar. Kegiatan ini juga dihadiri anggota Ikatan Wanita Ban ...

Hobbies 5 Hari lalu

All Indonesia Young Koi Show, Ajang ‘Unjuk Gigi’ Ratusan Ikan Koi

Bernas.id- Kegiatan bergengsi tahunan bertajuk All Indonesia Young Koi Show (AIYKS) kembali digelar di Yogyakarta, Sabtu hingga Minggu (21-22/4/2018) di GOR UNY. Rangkaian kegiatan ajang ini menampilkan pameran koi, kontes dan lelang k ...

Highlight 5 Hari lalu

Peringatan 4 Tahun "Saya Perempuan Anti Korupsi" Digelar di Jogja

Bernas.id- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Polda DIY menggelar peringatan empat tahun gerakan nasional Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) di titik nol kilometer, Sabtu (21/4/2018). Peringatan ditandai dengan peluncuran website SP ...

Menulis 5 Hari lalu

Berjumpa dengan Seno Gumira Ajidarma di Festival Buku Moco Sik Jogja

Bernas.id - Seno Gumira Ajidarma (SGA) merupakan sosok penulis ternama Indonesia yang eksentrik. Penulis sejumlah buku yang laris dan fenomenal semisal Kitab Omong Kosong dan Negeri Senja ini terlihat muncul di acara pembukaan Festival BRI ...

Nasional 5 Hari lalu

Pameran Arsip 25 Tahun Berkarya, Buldanul Khuri Beberkan Kisah Latar Belakangnya

Bernas.id - Buldanul Khuri, tokoh perbukuan Jogja yang banyak kita kenal dalam dunia penerbitan dan cover-cover buku menghelat Pameran Arsip 25 Tahun Berkarya di Festival Buku Moco Sik. Para sahabat-sahabatnya, penggiat buku, dan awak media ...

Seni Budaya 5 Hari lalu

Kepada Buldanul Khuri, Seno Gumira Ajidarma: Aku Menerbitkan Maka Aku Ada

Bernas.id - Seno Gumira Ajidarma (SGA) memberikan kutipan Aku Menerbitkan Maka Aku Ada kepada Mas Buldan, sapaan akrabnya, di Pameran Arsip 25 Tahun Buldanul Khuri Berkarya, Festival Buku Moco Sik . Disebut SGA, kutipannya ini muncul karena ...

Regional 5 Hari lalu

Mayoritas Papan Reklame di DIY Tak Berizin

Bernas.id -  Mayoritas papan reklame yang berada di pinggir jalan provinsi tak berizin. Penelusuran yang dilakukan DPRD DIY menemukan hanya 12 media iklan yang berizin dari total reklame yang berjumlah 241. Artinya ada 229 papan iklan ...

Seni Budaya 5 Hari lalu

Sleman Adakan Lomba Karawitan Jenjang SD dalam Rangka Festival Lomba Seni Siswa Nasional

Bernas.id – Acara lomba karawitan jenjang Sekolah Dasar (SD) dalam rangka Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSN) diselenggarakan di Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Anak-anak SD sebagai peserta lomba terlihat memakai pakaian trad ...

Regional 6 Hari lalu

Kartinian Pemkot Jogja, Walikota Imbau Perempuan Nonton Film Ini...

Bernas.id -  Pemerintah Kota Jogja menggelar peringatan Hari Kartini 2018, Jumat (20/4/2018). Peringatan diikuti oleh gabungan seluruh organisasi wanita di Kota Jogja. Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dalam acara ini mengatakan, s ...

Nasional 6 Hari lalu

Pentingnya Edukasi Calon Arsitek Muda tentang Keberlanjutan Perancangan Suatu Bangunan

Bernas.id - Kebutuhan manusia akan lahan dan bangunan untuk tempat tinggal maupun tempat bekerja tidak akan pernah ada habisnya. Pembangunan suatu gedung atau tempat tinggal akan terus berjalan. Seiring dengan terus berjalannya pembangunan, ...

Pendidikan 6 Hari lalu

Green Campus Tidak Hanya Slogan, Perlu Ide, Manajemen, dan Implementasi

Bernas.id - Sebuah seminar yang bertemakan “Green Up Your Campus” telah diselenggarakan oleh UKM SEL (Soegijapranata Echo Life) pada hari Rabu (18/4) bertempat di Ruang Teater, kampus Unika Soegijapranata. “Seminar Gree ...

Regional 6 Hari lalu

Rombongan Walikota Komwil Apeksi III 2018 Kunjungi Kampung Cyber

Bernas.id - Setelah mewarnai kaos yang sudah disiapkan Sanggar Kalpika untuk dijadikan souvenirnya sendiri, rombongan walikota anggota Komwil III Apeksi tahun 2018 menuju ke Kampung Cyber yang ada di Tamansari. Rombongan disambut ramah oleh ...

Nasional 6 Hari lalu

Di Tamansari, Wawali Jogja dan Solo Kompak Warnai Kaos untuk Dijadikan Souvenir Sendiri

Bernas.id - Setelah keluar dari Gapura Agung yang sebetulnya menjadi pintu masuk Tamansari, rombongan walikota anggota Komwil III Apeksi tahun 2018 langsung diarahkan ke arena melukis dan mewarnai yang sudah disiapkan Sanggar Kalpika, komun ...

Nasional 6 Hari lalu

Rombongan Walikota Anggota Komwil III Apeksi Tahun 2018 Jelajah Tamansari

Bernas.id - Rombongan walikota anggota Komwil III Apeksi tahun 2018 melakukan jelajah wisata Tamansari. Tampak dalam rombongan depan, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dan Wakil Walikota Solo, Ahmad Purnomo di Tamansari, Yogyaka ...

Teknologi 6 Hari lalu

Batan Upayakan Limbah Radioaktif Jadi Baterai Nuklir

Bernas.id - Beberapa ilmuwan di Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) sedang melakukan kajian terhadap pemanfaatan limbah radioaktif untuk bisa diubah menjadi baterai nuklir. Penggunaan baterai nuklir harus dilakukan secara hati-hati dengan ...

Teknologi 6 Hari lalu

Startup EdTech Asal Yogyakarta Luncurkan Layanan Terbarunya

Bernas.id - PrivatQ, startup asal Yogyakarta yang bergerak di bidang education technology (EdTech) mengumumkan layanan terbarunya yang disebut Seventh Education. Berbeda dengan layanan aplikasi on-the-go PrivatQ yang menghubungkan siswa dan ...

Nasional 6 Hari lalu

FGD APHK Angkat Topik Penyusunan Naskah Akademik & RUU Hukum Perjanjian

Bernas.id - Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dan Asosiasi Pengajar Hukum Keperdataan (APHK) gelar acara Focus Group Discussion (FGD). FGD ini mengangkat topik “Penyusunan Naskah Akademik & RUU Hukum Perjanjia ...

Regional 6 Hari lalu

Polisi Gelar Rekonstruksi Penyerangan di Gereja St. Lidwina Secara Tertutup

Bernas.id - Polisi menggelar rekonstruksi penyerangan di Gereja St Lidwina Bedog, Trihanggo, Gamping, pada Kamis (19/4). Puluhan petugas Kepolisian turut mengamankan rekonstruksi yang dilakukan tertutup dan dilakukan dengan pengamanan berla ...

Regional 7 Hari lalu

Jogja Jadi Tuan Rumah Raker Para Walikota Indonesia

Bernas.id --Pemerintah Kota Yogyakarta bertindak sebagai tuan rumah penyelenggara Rapat Kerja Komisariat Wilayah III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang diselenggarakan 19-20 April. Pembukaan oleh Gubernur DIY Sri Sulta ...

Teknologi 7 Hari lalu

MoCi Labs UAJY Wadahi Aplikasi Karya Mahasiswa

Bernas.id - Sudah menjadi kewajiban bagi mahasiswa untuk dapat membuat karya yang dapat digunakan oleh masyarakat secara umum. Teknik Informatika, menjadi salah satu program studi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang memiliki seb ...

Nasional 7 Hari lalu

Koyok Istimewa Kirim Koyok untuk Seorang Elite Politik Jogja agar Sehat, Berakal Waras

Bernas.id – Terpicu dari rasa prihatin dengan masifnya rentetan ujaran kebencian yang diucapkan seorang elite politik Jogja, Koyok Istimewa (Koalisi Rakyat Yogyakarta Istimewa) yang terdiri dari seniman, sastrawan, dan budayawan di Yo ...

Regional 7 Hari lalu

60 Pelaku Curat Dibekuk Dalam 12 Hari

Bernas.id-Jajaran Polda DIY menggelar Operasi Pencurian dengan Pemberatan (Curat) Progo selama 12 hari. Sedikitnya 60 pelaku curat berhasil ditangkap dari seluruh wilayah DIY. Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Pold ...

Pendidikan 7 Hari lalu

Peresmian Ruang Riset Inkubasi Kakao Sekolah Vokasi UGM untuk Kemaslahatan Indonesia

Bernas.id – Dekan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, Wikan Sakarinto, ST, MSc, PhD meresmikan Ruang Riset dan Inkubasi Pengolahan Kakao bantuan dari PT Mayora Indah Tbk. Dalam acara peresmian tersebut juga dihadiri dari jajaran d ...

Nasional 8 Hari lalu

Siasati Era Digital, APHK Wilayah Barat Rintis Pembaruan Hukum KUHP, Khususnya tentang Kontrak

Bernas.id - Forum Group Discussion (FGD) Asosiasi Pengajar Hukum Keperdataan (APHK) Wilayah Barat merintis pembaruan hukum Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, khususnya Bab tentang kontrak/ perjanjian. Forum Diskusi APHK ini akan melakukan i ...

Seni Budaya 8 Hari lalu

Perempuan Jawa Zaman Old Sangatlah Amat Perkasa Sekali

Bernas.id - Perempuan Jawa di zaman dahulu tidaklah bisa dipandang sebelah mata. Mereka tak kalah dengan kaum pria, kuat, perkasa, dan pandai berperang. Hal tersebut disampaikan sejarahwan asal Inggris Prof. Peter Carey saat menjadi pemb ...

POPULER