Hasil Polling pilkada.bernas.id : Suharsono - Totok Sudarto : 3516 * Abdul Halim Muslih - Joko Purnomo : 3315 * Kustini Sri Purnomo - Danang Maharsa : 1640 * Sri Muslimatun - Amin Purnomo : 1406 * Danang Wicaksana - Agus Cholik : 544 * Sutrisno Wibowo - Mahmud Ardi Widanto : 70397 * Bambang wisnu - Benyamin Sudarmadi : 141241 * Imawan Wahyudi - Martanti Soenar Dewi : 20761 * Sunaryanto - Heri Susanto : 69641 * Sri Mulyani - Yoga Hardaya : 356 * Arif Budiyono - Harjanto : 374 * Aji Setyawan - Windarti Agustina : 109 * One Krisnata - Muhammad Fajri : 438 * Muchammad Nur Aziz - KH M Mansyur : 349 * M Said Hidayat - Wahyu Irawan : 52 * Kotak - Kosong : 195 *

"Gandeng Gendong" Penyuluh Kewirausahaan

Penulis : Kontributor Nasional
Editor : Editor Bernas
12 April 2018

Sugiyanto (Foto: Istimewa)


Bernas.id - Pada 23-25 Maret 2018 Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) DIY mengandeng Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Fasilitasi untuk Penyuluh Kewirausahaan. Kegiatan ini mencoba curi start Program Gandeng Gendong Pemerintah Kota Yogyakarta yang di launching Selasa 10 April 2018 oleh Wali Kota Yogyakara. Penyuluh kewirausahaan sesungguhnya kebutuhan bangsa Indonesia yang digagas oleh BK3S DIY yang diujicobakan untuk Kota Yogyakarta, mengingat ruh pelatihan ini model aplikasi 5K dalam program Gandeng Gendong Kota Yogyakarta.

  • K1. Kota, Pemerintah Kota Yogyakarta dalam hal ini diampu oleh Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi,
  • K2. Korporate atau dunia usaha , dalam pelatihan ini 80% biaya pelatihan di sponsori oleh PT Dowa,
  • K3. Komunitas, penggerak kegiatan ini BK3S DIY dengan sasaran peserta komunitas wirausaha muda Kota Yogyakarta yang dikenal dengan nama Home Business Camp (HBC),
  • K4. Kampus, narasumber utama dari Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD”  Sugiyanto. S.Sos. MM dan Dr. Yuli Setyowati. M.Si. dari Prodi Ilmu Komunikasi serta Praktisi KKB  Samsul SE. MM dan Pakar Fasilitasi Drs. Ruba’i. M.Pd.
  • K5, Kampung. Hasil pelatihan Penyuluh Kewirausahaan akan dinikmati masyarakat seluruh kampung di Kota Yogyakarta, sebab peserta nantinya akan mendampingi UMKM  kususnya pelaku usaha start up.

Pelatihan ini menjadi penting bagi masyarakat Yogyakarta karena di Kota Yogyakarta ada lebih dari 24.000 pelaku UMKM, dan pelaku UMKM sebagai salah satu pillar menurunkan angka kemiskinan dan bergerak meningkatkan tingkat kebahagian warga kota Yogykarta. Jika 25 peserta Penyuluh Kewirausahaan bergerak bersama mampu menjadi sekerup 5K maka indek kebahagian masyarakat kota Yogyakarta akan meningkat secara signifikan.

Pelatihan di buka oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Dra. Lucy Irawati didampingi Ketua Umum BK3S DIY Ibu, BRAy. Prabukusumo. Harapan Ketua Umum BK3S DIY dengan pelatihan ini BK3S DIY bersama PT Dowa dan Kampus STPMD “APMD” berkontribusi menurunkan angka kemiskinan DIY agar tidak melampaui kemiskinan tingkat nasional. Oleh karena itu, Pelatihan Penyuluh Kewirausahaan dikemas dalam waktu 25 JPL dengan materi akhir pelatihan Ujian Bagi Peserta, dari tim penguji dari 30 pesera dinyatakan lulus 25 orang peserta.  

Makna Kemitraan Gandeng Gendong

Untuk mengupas program  gandeng gendong terlebih dahulu kita melihat sejarah para pelaku usaha.  Mengapa orang melakukan usaha? Ada empat jawaban atas pertanyaan tersebut yaitu :

  1. Terpaksa atau kepepet, jadi bertambahnya pelaku UMKM setiap tahun itu bukan keberhasilan pemerintah tetapi kegagalan pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan.,
  2. Hobi, orang melakukan usaha dalam suka dan duka terus dijalankan dengan iklas dan senang, mengapa demikian karena usahanya dilandasi dengan hobi dan diikat dengan hati, sehingga dalam situapapun tetap mempertahankan bisnisnya.,
  3. Sengaja dibentuk, sekolah tidak sekolah saya harus jadi pelaku usaha, di beri modal, tidak diberi modal saya tetap menjadi pelaku usaha. Mengapa bisa terbentuk demikian karena keluarga terutama orang tua dengan sengaja membentuk anak-anaknya untuk menjadi pelaku usaha., seperti masyarakat di Negara Arab, Cina, Singapure dll.,
  4. Kebetulan, bisnis yang kebetulan cenderung jadi, karena menyadari diri nya sebagai hamba Allah yang menciptakan dan menentukan. Contoh seorang guru kalau ke sekolah sambil jualan kue untuk muridnya, karena murid senang dan anak-anak yang berperan sebagai marketing kepada keluarganya, sehingga bisnisnya bisa tumbuh dan besar.

Jika sejarah kewirausahaan pada umumnya di atas ditata lebih lanjut dan dididukung oleh pemerintah mestinya akan menghasilkan sistem yang bersimbiosis mutualisme bagi semua stakeholder. Sistem yang dimaksud Pemerintah Kota Yogyakarta berinisiaatif dengan nama program Gandeng Gendong. Maka memaparkan pemaknaan Gandeng Gendong akan saya awali dengan pengalaman penulis sebagai pendamping atau konsultan bagi pelaku UMKM di Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta sejak tahun 2009, saya jelaskan dibagian bawah ini. 

Berdasarkan pengalaman sebagai pendamping pelaku usaha start up, ternyata  pelaku usaha start up yang berhasil adalah mereka yang mengikat jiwanya dengan usahanya dan media pengikatnya adalah “hati”.  Dengan ikatan hati diharapkan tidak putus semangat, putus ditengah jalan dan terus menerus mencintai dan mengeluti usahanya sampai berhasil pada kemandirian, syukur bisa mengandeng pelaku usaha baru berikutnya. Atas dasar semangat gandeng gendong pada saat berproses peserta harus :

  1. Membuka diri untuk bersedia secara iklas digandeng oleh teman atau saudara yang usahanya telah stabil dan dinamis, sehingga berkenan  mengikuti dan menerima masukan-masukan dari pengandeng. Keiklasan digandeng merupakan dasar utama dalam proses pembelajaran yang positif, berpartisipatif kemitraaan dan bekerjasama untuk penguataan kapasitas diri, penguatan usaha dan memotivasi usaha orang lain.
  2. Memahami sistem pengembangan usaha, sistem layanan pemerintah dan sistem bekerjasama dengan pihak lain.
  3. Diterima dan dijalankannyapoin 1 dan 2 di atas menunjukan pelaku usaha memiliki dan bertambah jaringan. Dengan banyaknya jaringan mestinya memperkuat usahanya, sebab jaringan adalah media bergerak dan member solusi ketika pelaku usaha menghadapi kesulitan atau hambatan dalam berusaha.

Berdasarkan penjelasan di atas maka hidup itu pilihan, saudara mau gandeng atau mau digandeng. Setiap orang mau kaya atau miskin itu bukan kehendak Sang Pencipta  dan bukan takdir. Jadi kaya miskin, sukses tidak sukses seseorang ditentukan oleh dirinya dalam setiap memanfaatkan waktu dan untuk bergerak terhadap pilihan tersebut. Misalnya gerak maju atau mundur, gerak pasif atau aktif. Jadi sukses tidak dihalangi oleh tingkat pendidikan dan modal materi, tetapi orang suskses selalu bermodal kemauan, disiplin dan membuka jaringan ke titik atau arah yang di tuju. Ketiga arah tersebut adalah :

  1. Vertikal, artinya pelaku usaha harus dan harus bergerak ke atas, maknya semua kesulitan semua keuntungan, semua yang dimiliki dan semua yang ingin dimiliki haru diserahkan dan meminta pertolongan kepada Allah SWT, janga sekali-kali minta kepada dukun, tabib dan sejenisnya. Maka bersyurlah dalam situasi apapun melalui sedekah yang kita miliki.
  2. Horisontal, sebagai pelaku usaha walaupun kelasnya baru star up harus disyukuri dan tunjukan kepada lingkungan tempat tinggal dan lingkungan usaha bahwa I maka ini karunia Tuhan YME, bukan karena diri kita semata, maka kita harus selalu berbuat baik dengan lingkungan dengan cara peduli, berpartisipasi, berbagi dan mau serta rela menolong orang sesama untuk mengembangkan diri kita dan lingkungan atau orang yang meminta bantuan tersebut
  3. Diagonal, agar usaha kita dapat berkembang cepat jangan takut kita berjalan serong atau menyebrang pada arus yang dan situasi yang beda, misalnya berani berkomunikasi kepada pelaku usaha di atas kita (kecil atau menengah), biasanya jualan di pasar berani mencoba di kantor-kantor atau kampus, dll. Alasan pelaku cenderung taku, tidak ada relasi dan sejenisnya. Untuk dapat menembus ini semua maka prinsip usaha dikembalikan pada poin 1 bersandar kepada Allah. SWT.

Atas dasar itu kita harus  berpikir untuk merubah cara berfikir kita dengana berpikir yang holistic. Cara berpikir holistic dengan bersandar pada tiga nilai, yaitu logika, etika dan estetika. Jadi setiap ada permasalahan dan ada ide baru harus dilihat dari benar dan salah dari aspek logika, baik buruk dalam bersikap dilihat dari etika dan indah tidak indahnya sikap serta ide yang akan dilakukan dilihat dari aspek estetika. 

Dengan demikian aplikasi gandeng gendong diharapkan dapat berjalan secara harmoni dan mampu memberikan kekuatan karena bersinergi lintas sector. Besar harapan berjalanya program gandeng gendong didalam jangka waktu lima tahun angka kemiskinan di kota Yogyakarta akan menurun dan tingkat kesejahetraan masyarakat Yogyarta meningkat, sehingga Yogyakarta benar-benar sebagai kota berhati nyaman.

Penulis : Sugiyanto. S.Sos. MM 

(Konsultan Manajemen UMKM Dinas Koperasi UKM Transmigrasi & Tenagakerja Kota Yogyakarta, Dosen STPMD “APMD”  Yogyakarta)

 


Ingin menjadi Sarjana Pengusaha atau Pengusaha yang Sarjana? Kuliah saja di Jurusan Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia. https://unmaha.bernas.id

Simak terus Bernas TV


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Kesehatan

PMI Kota Yogyakarta Kini Layani Donor Plasma Konvalesen

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta mulai melayani donor plasma konvalesen bagi penyintas Covid-19. PMI Kota Yogyakarta sendiri sudah melakukan donor plasma ini sejak 18 Januari 2021 lalu. “Kami mem ...

Kesehatan

Sembuh dari Covid-19 di Indonesia Capai 820 Ribuan, Termasuk Seorang Ibu Pasca Operasi Caesar di Yogyakarta

Bernas.id - Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah kasus Covid-19 tinggi di dunia. Berdasar data statistik dari Worldometers, Indonesia menempati urutan ke-19. Amerika Serikat, India, dan Brasil adalah urutan tiga teratas negara d ...

Wacana

Menggantungkan Hidup Kepada Desa

DIAKUI atau tidak, pandemi covid-19 membawa desa sedikit bergeser, mungkin ke level bawah alias miskin. Tak sedikit UMKM yang hidup dan menghidupi desa yang terpukul, apalagi yang sifatnya masih rintisan usaha maupun rintisan teknologi tepa ...

Desa

Sleman Kini Memiliki Desa Mina Wisata Technopark

SLEMAN, BERNAS.ID - Kabupaten Sleman kini memiliki Desa Berdaya Sejahtera Mandiri (Desa BSM) Mina Wisata Technopark di Desa Candi Binangun, Pakem, Sleman, DIY. Mina Padi merupakan usaha tani gabungan yang memanfaatkan genangan air sawah men ...

Pendidikan

Sultan Belum Izinkan Sekolah Tatap Muka di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah mempersilahkan pemerintah daerah (pemda) untuk mengambil kebijakan soal pembelajaran di sekolah atau sekolah tatap muka. Gubernur Daerah Is ...

Musik

"NCT 127 DAY, We Meet Today" Jangan Sampai Ketinggalan ya, NCTZen!

Bernas.id - NCT atau Neo Culture Technology, sebuah proyek grup idola internasional SM yang menekankan perluasan, fleksibilitas, dan modularitas dalam line up dan musik. Grup ini resmi debut pada 2016. Grup ini terdiri dari beberapa ti ...

Nasional

Ini Kesan Presiden Jokowi Setelah Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

JAKARTA, BERNAS.ID - Selang 14 hari setelah menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima dosis kedua, Rabu (27/01/2021), di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta. “Setelah suntikan vaksi ...

Nasional

Presiden Jokowi Lantik Listyo Sigit Prabowo Sebagai Kapolri

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis. Pelantikan tersebut be ...

DIY

Merapi Luncurkan 14 Awan Panas, Boyolali Hujan Abu

SLEMAN, BERNAS.ID - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan 14 kali awan panas guguran Gunung Merapi pada hari Rabu (27/1/2021). Terjadi pada periode pukul 06.00-09.42 WIB. BPPTKG mencatat gu ...

Nasional

Aturan Baru Naik KA Jarak Jauh, Bisa Pakai Hasil Tes GeNose

JAKARTA, BERNAS.ID - Mulai 26 Januari hingga 8 Februari 2021, pelanggan KA Jarak Jauh diharuskan untuk menunjukkan surat keterangan hasil pemeriksaan GeNose Test atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang menyatakan Negatif COVID-19 sebagai s ...

Daerah

Korem 143/HO Berangkatkan 9,41 Ton Bantuan Korban Sulbar dengan Hercules

KENDARI, BERNAS.ID – Dari sekitar 16 ton bantuan yang berhasil digalang, Korem 143/Halu Oleo baru bisa  memberangkatkan 9,41 ton bantuan dari jajaran Korem 143/HO dan masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan menggunakan pesaw ...

Nasional

Kemenhub Perpanjang Penerapan Protokol Kesehatan Perjalanan Dalam Negeri dan Internasional

JAKARTA, BERNAS.ID - Merujuk terbitnya 2 (dua) Surat Edaran Satgas (SE) Penanganan COVID-19, Kemenhub menerbitkan SE Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Perjalanan Orang untuk moda transportasi dalam negeri dan internasional, yang berisi tentang ...

Lingkungan

BMKG: Jakarta Bakal Diguyur Hujan Hari Ini

JAKARTA, BERNAS.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca untuk wilayah DKI Jakarta akan diguyur hujan hari ini. Warga diminta waspada dengan perubahan cuaca. Kepala Bagian Humas BMKG, Achmad Taufan Maula ...

Pendidikan

Prof Sumaryanto Menangi Pilrek UNY

SLEMAN, BERNAS.ID - Prof Dr Sumaryanto, MKes, AIFO terpilih sebagai Rektor UNY periode 2021-2025 setelah meraih suara terbanyak dalam pemilihan rektor (pilrek) di Auditorium UNY, Selasa (26/1/2021). Ia meraih 59 suara dalam pemungutan suara ...

Nasional

Konsep Pam Swakarsa Komjen Listyo Sigit Tak Sama dengan Tahun 1998, Ini Perbedaannya

JAKARTA, BERNAS.ID - Polri memastikan bahwa konsep Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (Pam Swakarsa) yang digagas oleh calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo berbeda dengan situasi tahun 1998 ketika era otoriter. Komjen Listyo Sig ...

Nasional

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Kayu-Agung Palembang

OGAN ILIR, BERNAS.ID - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Ruas Kayu Agung-Palembang, Selasa (26/01/2021). Peresmian dilakukan di Gerbang Tol Kramasan, Ogan Ilir, Provinsi Sumatra Selatan (Sumse ...

Pendidikan

Perpanjangan PTKM, Pembelajaran Tatap Muka Ditunda

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Melihat perkembangan kondisi covid-19 di DIY saat ini serta masih diperpanjangnya Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM), Pemda DIY memastikan pembelajaran tatap muka belum bisa dimulai pada bulan Febr ...

Nasional

Kasus Rasisme Natalius Pigai, Polri Terapkan Konsep Presisi

JAKARTA, BERNAS.ID - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono memastikan aparat kepolisian akan menerapkan konsep presisi atau pemolisian prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan, dalam mengusut kasus dugaan tindakan rasi ...

DIY

Tempat Makan Boleh Buka Lebih dari Pukul 20.00 WIB Selama PTKM

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Tempat makan bisa beroperasi lebih dari pukul 20.00 WIB selama Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM). Hal ini merupakan hasil penafsiran dari Instruksi Gubernur (Ingub) DIY Nomor 4 tahun 2021 sa ...

DIY

Arah Bahaya Berubah, 187 Pengungsi Merapi Dipulangkan

SLEMAN, BERNAS.ID - Pemkab Sleman memulangkan sebanyak 187 pengungsi Gunung Merapi dari Dusun Kalitengah Lor yang berada di barak pengungsian Glagaharjo, Selasa (26/1/2021). Pemulangan pengungsi disaksikan secara langsung oleh Sekretaris Da ...

Kesehatan

Pemerintah Diminta Mulai Pikirkan Vaksin Buatan Anak Bangsa

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengusulkan agar Pemerintah mulai memikirkan untuk memakai vaksin COVID-19 buatan dalam negeri. Sebab kebutuhan vaksin bagi warga negara Indonesia sangatlah besar. "Harapan ...

Ekonomi

Sri Mulyani: Gerakan Nasional Wakaf Uang Dukung Pertumbuhan Ekonomi Syariah

JAKARTA, BERNAS.ID - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Pemerintah tengah fokus mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah secara terintegrasi. Hal tersebut disampaikannya dalam laporan pada Peluncuran Gerakan N ...

DIY

Meski Aktivitas Menurun, Merapi Luncurkan Awan Panas 1,2 Kilometer

SLEMAN, BERNAS.ID - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat luncuran awan panas guguran satu kali sejauh 1,2 kilometer pada pukul 07.11 WIB, Senin (25/1/2021). Diiringi tinggi kolom 400 meter di a ...

DIY

PTKM di Sleman Resmi Diperpanjang Sampai 8 Februari

SLEMAN, BERNAS.ID - Kabupaten Sleman memperpanjang Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) dari tanggal 26 Januari sampai dengan 8 Februari 2021. Perpanjangan PTKM ini secara resmi juga diumumkan melalui surat edaran yang dita ...

Politik

Mulai Terlihat Masyarakat Mencari Figur Antitesa Pengganti Jokowi di Luar Parpol Besar

JAKARTA, BERNAS. ID - Pengamat politik Ray Rangkuti menilai, jika Presidential Threshold kisaran 20%, jumlah capres paling banyak adalah 3 pasangan. Dengan asumsi PDIP+Gerindra+Nasdem, Golkar+PPP+PKB, sementara yang lain adalah PAN+PKS ...

Kesehatan

Vaksinasi Mulai Dilakukan, Angka COVID-19 Masih Saja Meroket

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kepala Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta Pembayun Setyaning Astutie mengakui, kasus COVID-19 di DIY akhir-akhir ini terus meningkat tajam. Padahal upaya PPKM dan vaksinasi tenaga kesehatan sudah mulai dilaku ...

Ekonomi

Perekonomian Malioboro Lesu, Taat Prokes Jadi Solusi?

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Suasana aktivitas perekonomian di Malioboro saat ini masih lesu. Salah satu penyebabnya adalah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana menilai, pemda tidak bisa m ...

Kesehatan

Tak Bisa Mencium Aroma Parfum, Bupati Bantul Terpilih Positif Covid-19

BANTUL, BERNAS.ID - Wakil Bupati Bantul sekaligus Bupati terpilih mendatang, Abdul Halim Muslih pada hari Minggu (24/1/2021) melalui akun facebooknya mengumumkan bahwa dirinya terkonfirmasi positif covid-19 setelah menjalani tes swab antige ...

Nasional

Pengecekan dengan GeNose pada Moda Transportasi Bus Akan Dilakukan Bulan Februari

JAKARTA, BERNAS.ID – Penggunaan alat deteksi Covid-19 karya anak bangsa "GeNose" akan mulai diterapkan pada moda transportasi bus secara acak (random) mulai 5 Februari 2021. Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya ...

DIY

Jalani Isolasi Mandiri, Bupati Sleman Lakukan Aktivitas Ini

SLEMAN, BERNAS.ID - Sejak mengkonfirmasi dirinya positif Covid-19, Kamis (22/1/2021) lalu, Bupati Sleman, Sri Purnomo melaksanakan isolasi mandiri di rumas dinas bupati, kompleks Kabupaten Sleman. Selama isolasi mandiri, orang nomor satu di ...

Kesehatan

Besok 31 Kabupaten dan Kota di Jateng Serentak Vaksinasi Covid-19

SEMARANG, BERNAS.ID - Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menerima tambahan vaksin Covid-19 sebanyak 248.600 dosis. Ratusan vial vaksin produksi Sinovac itu untuk 122.617 tenaga kesehatan (nakes). Senin (25/1/2021), akan dilakukan pencanangan vak ...

Lingkungan

Antisipasi Banjir, Wakil Wali Kota Jaksel Monitoring Lokasi Rawan di Tebet

JAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji, memonitoring beberapa titik rawan banjir di wilayah Kecamatan Tebet, Minggu (24/1/2021). Isnawa didampingi Kasudin Sumber Daya Air Jakarta Selatan, Mustajab serta Camat T ...

DIY

Sleman Belum Putuskan untuk Perpanjang PTKM

SLEMAN, BERNAS.ID - Sampai hari terakhir, Minggu (25/1/2021), Kabupaten Sleman belum memutuskan untuk memperpanjang masa Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM). Sampai berita ini diturunkan, belum ada informasi baru seperti s ...

Pendidikan

Alokasi Jaminan Pendidikan Daerah Kota Jogja 2021 Menurun

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta mengalokasikan anggaran Rp27 miliar untuk kebutuhan jaminan pendidikan daerah (JPD) melalui APBD 2021. Jumlah ini menurun dibanding alokasi pada tahun anggaran sebelumnya yakni Rp35 m ...

Lifestyle

Siap Nyoba KRL Jogja-Solo Mulai 1 Februari? Begini Caranya...

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan program elektrifikasi di lintas Yogyakarta – Solo. Dengan selesainya elektrifikasi jalur tersebut, saat ini teng ...

DIY

Selama PTKM, Kemantren Kraton Batasi Jam Berjualan di Alun-Alun Selatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dalam rangka Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) di Kota Yogyakarta, Kemantren (Kecamatan) Kraton bekerjasama dengan Paguyuban Pelaku Pariwisata Alun-alun Selatan (Paparasi) melakukan pembatasan ber ...

Pendidikan

Doktor Baru Teknik Sipil, Perkuat Eksistensi UCY di Masa Pandemi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Salah satu dosen Teknik Sipil Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY), Heri Kristianto, MT, lulus dalam ujian terbuka doktoral di UGM. Ia juga sekaligus mendapatkan hak paten berupa temuan dalam bidang teknolo ...

Lingkungan

Ratusan Personel Gabungan Ikuti Simulasi Penanggulangan Banjir di Kalimalang

JAKARTA, BERNAS.ID - Ratusan personel gabungan menggelar simulasi penanggulangan bencana banjir di Kalimalang, Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur. Latihan digelar dalam rangka penanggulangan bencana banjir di wilayah Jakarta Timur. ...

Politik

Prof Bambang Sebut Sepak Terjang Komjen Listyo Sudah Terbukti

JAKARTA, BERNAS.ID - DPR RI akhirnya menerima Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Komjen Listyo melenggang mulus menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Aziz.  Pengangkatan Jenderal Bintang tiga itu setelah uji ...

Analisa Pilkada

DKPP Periksa Ketua dan Anggota KPU Sleman Terkait Netralitas

JAKARTA, BERNAS.ID - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang virtual pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu (KEPP) untuk perkara nomor 10-PKE-DKPP/I/2021 pada Jumat (22/1/2021). Perkara ini di ...

Ekonomi

Pertokoan di Malioboro Tolak Perpanjangan PTKM

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) yang diterapkan di DIY membuat pengusaha di kawasan Malioboro mengeluh. Pasalnya omzet pertokoan di Malioboro anjlok selama PTKM. Ketua Perkumpulan Pengusaha M ...

Pendidikan

Ramai SMKN 2 Padang, Harus Ada Sanksi Tegas untuk Pelaku Intoleransi

JAKARTA, BERNAS.ID - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyesalkan tindakan intoleransi saat seorang siswi non-muslim diminta mengenakan hijab di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Padang, Sumatera Barat. Kemendikbu ...

Kesehatan

Belum Ada Laporan Efek Fatal Vaksinasi COVID-19 di Kota Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta telah mulai melakukan penyuntikan pertama vaksin COVID-19 pada tenaga kesehatan mulai pekan lalu. Dan hingga kini belum ada laporan mengenai efek samping berat dari va ...

Nasional

Begini Konsep Presisi Komjen Listyo Sigit untuk Transformasi Tubuh Polri

JAKARTA, BERNAS.ID - Melalui rapat paripurna, DPR RI telah menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Listyo mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mengikuti seluruh rangkaian proses persetujuan d ...

Olahraga

Kompetisi Liga 1 2020 Dihentikan Dianggap Tepat, Ini Alasan PSS

SLEMAN, BERNAS.ID - Sleman menilai keputusan PSSI untuk memberhentikan kompetisi Liga 1 2020 merupakan tindakan yang  tepat. Keputusan ini memberikan waktu dan napas bagi klub untuk berbenah, dan fokus pada kompetisi 2021 mendatang. ...

Kesehatan

17,29 Persen Nakes Kota Jogja Telah Divaksin

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sejumlah nakes di Kota Jogja telah menjalani vaksinasi suntikan tahap pertama. Hingga Kamis (21/1/2021) malam, sekitar 17 persen nakes yang terverifikasi telah menjalani vaksinasi COVID-19. Ketua Harian Satgas Pen ...

Hukum dan Kriminal

Polisi Bekuk Geng Klitih di Jogja yang Bacok Tiga Orang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Polisi kembali membekuk satu geng kejahatan jalanan atau klitih di Kota Yogyakarta. Geng tersebut sempat ramai dibicarakan di Twitter karena aksi mereka yang membacok tiga pemotor di sekitar Jalan Gambiran, Umbulharj ...

Ekonomi

Kriteria Trusted Broker Review dan Rekomendasi Terbaik di Indonesia

BERNAS.ID - Ada beberapa trusted broker review yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk memilih siapa paling baik. Sebenarnya ada kriteria dalam mempertimbangkan sebelum menentukan platform mana yang lebih pantas saat ingin bermain va ...

Ekonomi

Pemkot Yogyakarta Genjot Belanja Online di Pasar Tradisional

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Layanan belanja kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional secara online terus ditingkatkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Untuk itu program  kerja sama layanan belanja online di pasar tradisional di Kota Yogy ...

Pendidikan

UKDW Gelar Webinar Terkait MBKM

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai bidang keilmuan sehingga mahasiswa siap memasuki dunia kerja. Dalam konsep ...