Berita Nasional Terpercaya

Keraton Yogyakarta Laksanakan Upacara Labuhan

0

Bernas.id – Usai acara Sugengan di Emper Bangsal Kencana kemarin, Senin, 16 April 2018, akan dilaksanakan Labuhan di Pantai Parangkusuma. Sebelumnya, seluruh ubarampe Labuhan untuk Tingalan Jumenengan Dalem sejak semalam telah diinapkan di Bangsal Sri Manganti.

Salah satu jenis ubarampe Labuhan Parangkusuma adalah lorodan Busana Dalem 'pakaian raja'. Pagi tadi, Abdi Dalem dari KHP Widyabudaya telah bersiap di Bangsal Sri Manganti. Ubarampe untuk Labuhan Tingalan Jumenengan Dalem telah disiapkan untuk dibawa menuju Parangkusuma.

KRT Purwodiningrat memimpin persiapan labuhan hari ini di Bangsal Sri Manganti untuk Labuhan. Selanjutnya, dilaksanakan serah terima ubarampe dari Keraton Jogja kepada Pemerintah Daerah Bantul di Kecamatan Kretek. Sementara itu, di lain tempat, juga melakukan serah terima ubarampe Keraton Jogja kepada Pemerintah Daerah Sleman di Kecamatan Depok.

Setelah diserahterimakan, ubarampe Labuhan Parangkusuma akan langsung dibawa ke Pantai Selatan siang ini. Untuk Labuhan Merapi, akan digelar esok hari pukul 06:00 WIB dari Kinahrejo.

Diketahui, Kraton Yogyakarta melaksanakan upacara Labuhan setiap tahunnya. Kata ?labuh? artinya mirip kata ?larung? yang bermakna membuang sesuatu ke laut. Secara sederhana, upacara bertujuan untuk keselamatan pribadi Sri Sultan, keraton, serta rakyat Yogyakarta. (sumber: tweet @kratonjogja)

Leave A Reply

Your email address will not be published.