Berita Nasional Terpercaya

Begini Cara Komisi Informasi DIY Lakukan Sosialisasi ke Pelajar

0

Bernas.id – Komisi Informasi DIY telah mulai menggelar rangkaian lomba cerdas cermat bagi SMA, SMK dan MA di DIY pada bulan ini, untuk memperingati Hari Keterbukaan Informasi yang jatuh pada 30 April. Ini adalah lomba yang pertama kalinya digelar Komisi Informasi Daerah se-Indonesia.

Ketua Komisi Informasi Daerah Istimewa Yogyakarta, Hazwan Iskandar Jaya menerangkan, ini adalah upaya sosialisasi undang-undang keterbukaan informasi publik yang sudah ada sejak 2008. Ia mengakui, cara ini ditempuh karena masih banyak siswa maupun guru yang tidak paham mengenai keterbukaan informasi publik.

“Lomba cerdas cermat ini per kabupaten kota ada 15 perwakilan yang sudah mengirimkan essay untuk disaring ke babak selanjutnya, yakni 5 besar per kabupaten-kota,” terang Hazwan, Senin (16/4/2018) di Yogyakarta.

Untuk babak semi final, menurutnya perwakilan 5 sekolah dari tiap kabupaten/kota akan berhadapan pada 21 April nanti bersaing menuju final. Selanjutnya babak finak akan digelar pada 24 April 2018.

“Finalnya tanggal 24 April di TVRI yang diikuti oleh pemenang tertinggi dari masing-masing kabupaten kota, memperebutkan piala dari bupati dan walikota,” ujarnya.

Ia menambahkan, tahun ini selain melakukan sosialisasi, pihaknya juga akan berusaha menyelesaikan berbagai sengketa yang masuk. Tahun ini baru ada satu sengketa yang sudah berhasil diselesaikan, yakni masalah sengketa tanah di Sleman.

“Tahun ini kami membuat buklet terkait standar layanan informasi publik ke desa-desa, karena di desa banyak juga yang belum tahu. Sementara tahun depan kami merencanakan untuk mendirikan sekolah keterbukaan informasi publik,” sambungnya. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.