Berita Nasional Terpercaya

Peresmian Ruang Riset Inkubasi Kakao Sekolah Vokasi UGM untuk Kemaslahatan Indonesia

0

Bernas.id – Dekan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, Wikan Sakarinto, ST, MSc, PhD meresmikan Ruang Riset dan Inkubasi Pengolahan Kakao bantuan dari PT Mayora Indah Tbk. Dalam acara peresmian tersebut juga dihadiri dari jajaran dari PT Mayora, yang ikut meresmikan ruang riset berisi 10 alat pengolah kakao senilai Rp 189.295.000, Yogyakarta, Rabu, 18 April 2018.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Wikan Sakarinto, ST, MSc, PhD, Dekan Sekolah Vokasi UGM, dalam sambutannya, menyebut peresmian ruang riset dan inkubasi kakao ini untuk membantu menyiapkan warisan untuk masa depan guna kemaslahatan, khususnya lulusan sekolah vokasi UGM untuk menjadi pemimpin.

“Jadi ini adalah suatu proses link and match yang berkembang terus dan terus, diawali dengan MOU sederhana dan dengan simbolik bantuan. Namun, itu adalah fase awal dan kulit luarnya saja, filosofi di dalamnya, kita akan bersama-sama berpadu untuk menyiapkan warisan di masa akan datang, dalam hal ini tentunya mahasiwa lulusan. Kita akan menciptakan efek yang sangat signifikan pada kemaslahatan dan kemakmuran bangsa ini, khusunya di bidang teknologi agro dan pangan,” terangnya.

Disebut Wikan, sepuluh jenis mesin perlatan secara spesifik, lokasinya diletakkan di laboratorium Diploma Agro Industri Sekolah Vokasi UGM, tapi peralatan ini tidak semata-mata dimiliki agro industri sekolah vokasi UGM. “Bisa dimanfaatkan oleh Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan dan fakultas lain karena bantuan ini untuk Indonesia, harus mau berbagai. Hanya secara spesifik, letaknya dan pemanfaatan rutinnya untuk  dimanfaatkan laboratorium yang ada di Diploma Agro Industri Sekolah vokasi UGM untuk kuliah praktek dan project-project,” bebernya.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Sementara itu, perwakilan dari PT Mayora, Ir Johan Budi dalam sambutannya menyebut sejak semula PT Mayora sangat antusias dan senang terkait kerjasama ini sehingga hari ini bisa mewujudkan kerja sama tersebut.

Dikatakan Johan, pemilihan pengolahan kakao itu sangat strategis dan sangat tepat karena kakao merupakan produksi terbesar di Indonesia. “Jadi kami berharap peresmian ini bisa memberikan optimalisasi dalam hal peningkatan, baik mahasiswa dan dosen, maupun masyarakat dan stakeholder,” ujarnya.

Ditegaskan Johan, sejak awal PT Mayora berkomitmen untuk meningkatan sektor pendidikan dan  mendukung pengembangan fasilitas yang tepat guna dan sasaran. “Kita menjawab tuntutan-tuntutan yang ada. Dari indutri di Jakarta, kalau kita bicara asosiasi kakao, memang produk jadi kakao kita masih sangat sedikit di Indonesia, nilai tambahnya banyak dibawa dari luar, padahal produk kakao kita sangat bagus sekali di Indonesia,” terangnya.

Untuk itu, PT Mayora berharap, semoga kerjasama ini bisa terus terjalin dan berdampak untuk kesejahteraan dan kemakmuran bangsa dan negara.  (Jat)

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Kewirausahaan Terbaik Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.