Berita Nasional Terpercaya

MoCi Labs UAJY Wadahi Aplikasi Karya Mahasiswa

0

Bernas.id – Sudah menjadi kewajiban bagi mahasiswa untuk dapat membuat karya yang dapat digunakan oleh masyarakat secara umum. Teknik Informatika, menjadi salah satu program studi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang memiliki sebuah platform yang berguna bagi mahasiswanya untuk berkarya dalam pembuatan aplikasi.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

MoCi Labs UAJY merupakan sebuah akun google play store yang berisi aplikasi yang diciptakan oleh mahasiswa dan dosen Program Studi Teknik Informatika UAJY. MoCi adalah kependekan dari Mobile Computing. Mobile Computing merupakan salah satu konsentrasi yang terdapat di kurikulum Program Studi Teknik Informatika. MoCi Labs UAJY dimulai sejak tahun 2013 dan digunakan untuk dapat mengakomodasi karya-karya dari mahasiswa Teknik Informatika UAJY. 

Sesungguhnya aplikasi yang disediakan oleh MoCi Labs UAJY merupakan aplikasi yang dihasilkan dari proyek, tugas-tugas, dan skripsi dari mahasiswa agar dapat menjadi sebuah platform khusus sehingga dapat mengetahui karya-karya apa saja yang dapat dihasilkan oleh mahasiswa Program Studi Teknik Informatika.

“MoCi Labs UAJY menjadi salah satu bahan pengujian bagi para dosen untuk karya-karya mahasiswa, karena kalau aplikasi dari mahasiwa tersebut dapat ter-posting oleh Google Playstore dapat diartikan bahwa tidak ada plagiarisme pada seluruh elemen dalam suatu aplikasi. Google membantu dosen untuk melakukan penilaian. Jika dianggap plagiat atau virus, aplikasi tersebut tidak akan ditampilkan di Playstore,” jelas Wilfridus Bambang Triadi Handaya salah satu dosen Prodi Teknik Informatika.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

MoCi Labs UAJY sesungguhnya tidak hanya terdapat pada Operating System Android saja, namun terdapat juga di iOS, hanya saja respon dari Google Playstore lebih cepat dari pada IOS. Pada awalnya terdapat tim dosen yang menjadi pelopor terciptanya MoCi Labs UAJY yakni Kusworo Anindito, Theresia Devi Indrisari, Eddy Julianto, Thomas Adi Purnomo Sidhi, Thomas Suselo, Y. Sigit Purnomo WP, Wilfridus Bambang Triadi, dan Joseph Eric Samodra. Mereka adalah dosen mata kuliah dari konsentrasi Mobile Computing yang kemudian memiliki ide untuk membuat MoCi Labs UAJY. 

MoCi Labs UAJY diharapkan dapat menyediakan aplikasi yang dapat digunakan oleh masyarakat secara umum. MoCi Labs UAJY juga sudah melakukan pembangunan aplikasi model yang berkerja sama dengan beberapa instansi seperti Sekolah Tumbuh dan Perkumpulan Warga Pancasila.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Kewirausahaan Terbaik Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.