Berita Nasional Terpercaya

Rombongan Walikota Komwil Apeksi III 2018 Kunjungi Kampung Cyber

0

Bernas.id – Setelah mewarnai kaos yang sudah disiapkan Sanggar Kalpika untuk dijadikan souvenirnya sendiri, rombongan walikota anggota Komwil III Apeksi tahun 2018 menuju ke Kampung Cyber yang ada di Tamansari. Rombongan disambut ramah oleh penduduk Kampung Cyber yang dulu pernah dikunjungi pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, Yogyakarta, 19 April 2018.

Rombongan pun disuguhi dengan panganan berbahan ketela hasil olahan ibu-ibu Kampung Cyber. Tampak minuman jamu seperti beras kencur, kunir asem, dan sirup buah. Rombongan pun antusias mencicipinya.

?Inovasi yang terbaru membuat layanan online. Jadi hanya di Kelurahan Patehan ini yang menggunakan pelayanan online dari warga, RT, RW, tidak perlu bertatap muka, jadi tinggal pakai aplikasi web, nanti surat pengantar akan dibuat di Kelurahan,? jelas Koko Mariko, Koordinator Kampung Cyber.

Wakil Walikota Solo, Ahmad Purnomo pun ikut berkomentar kepada penerapan internet di Kampung Cyber. “Menurut saya ini bagus, tetapi tetap harus ada keseimbangan anatara internet dan adat istiadat kita. Kalau semuanya melalui internet, kita tidak tahu siapa si A, si B, putranya berapa,? ujarnya.

Dijawab Koko, meskipun berinternet, interaksi sosial masih tetap terjaga. ?Uniknya seperti itu, setiap sore, anak-anak, ibu-ibu, bapak-bapak kumpul di lapangan untuk voli dan mengobrol,? jelasnya.

Disebut Koko, Menkominfo, Rudiantara juga perhatian dengan Kampung Cyber, bahkan sudah datang untuk yang ketiga kalinya untuk memfasilitasi. ?Di Kampung Cyber ini, ada dua nama jalan yang menggunakan nama tokoh yang mengapresiasi Kampung Cyber, yang pertama sebelah kanan ada Jalan Rudiantara dan di sebelah sana, ada Jalan Mark Zuckerberg,? ucapnya.

Setelah selesai beranjangsana di Kampung Cyber, rombongan meneruskan perjalanan berikutnya ke lorong atau terowongan bawah tanah di Tamansari. Dalam perjalanannya, para warga setempat untuk menyalami para rombongan.

?Ini namanya Sumur Gemuling atau masjid bawah tanah, jadi ada dua lantai di bawahnya. Sudah tidak berfungsi, untuk visiting saja. Ada jalan rahasia di lorongnya,? jelas pemandu Tamansari.

Akhirnya, rombongan menemukan ujung dari terowongan dan mengakhiri jelajah Tamansari di Masjid Soko Tunggal.(Jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.