Berita Nasional Terpercaya

Semaraknya Kirab Budaya Festival Kesenian Sleman 2018

0

Bernas.id- Dinas Kebudayaan Sleman mengadakan Festival Kesenian Sleman 2018 yang memiliki beberapa genre kegiatan. Untuk sore kali ini, diisi dengan kegiatan kirab budaya dari 17 kecamatan Sleman, yang nanti akan dinilai dewan juri untuk ditentukan juaranya di Lapangan Denggung, Yogyakarta, Sabtu 21 April 2018.

Tampak para peserta begitu antusias mengikuti kirab budaya Festival Kesenian Sleman 2018 ini. Ada kelompok yang memakai kostum prajurit bregada tradisonal Jawa, memakai kostum baju lurik, dan kostum pakaian hitam-hitam dengan riasan putih di wajah dengan mata dan mulut yang diwarnai hitam. Semua kelompok memang berlomba-lomba tampil istimewa agar terpilih sebagai juara. 

Kepada Bernas.id, Eko Feriyanto, sebagai koordinator lapangan Festival Kesenian Sleman 2018 merinci sejumlah kegiatannya. ?Untuk kirab budaya diikuti tujuh belas (17) kecamatan, kemudian nanti malam ada festival hadroh dan keroncong, kemudian hari kedua, besok siang jam sepuluh ada jathilan, malamnya ada wayang orang diikuti empat (4) grup,?jelasnya.

Lanjut Eko, di hari berikutnya ada festival teater tradisi, seperti sronto, kedung awuk, kethoprak ongkek dengan sembilan pesesrta. Tanggal 24, dolanan anak diikuti tujuh belas peserta. Kita memang setting lima panggung supaya besok langsung bisa menempatkan minimal dari undian 1 sampai 5 supaya ada efisien waktu, ? bebernya.

Dijelaskan Eko, untuk kirab hari ini menyuguhkan sendratari, bregada, upacara adat, tarian petilan, badui, dan kobro. ?Kirab ini nanti akan dinilai dewan juri, yaitu Drs B Joko Suseno dari ISI Yogyakarta, GS Sudarto dari P4TK, dan dari Dewan Kebudayaan, Pak Sancaka,? terangnya.

Untuk rute, lanjut Eko, tidak terlalu jauh, yaitu keluar dari gedung serbaguna ke selatan, ke kiri lewat jalan aspal, lewat jalur lambat, masuk ke lapangan untuk display di depan panggung kehormatan.? Untuk hadiah, ada thropy dan uang pembinaan dengan enam penghargaan, yaitu juara 1 2 3 serta juara harapan 1 2 3, ? ucapnya.

Sementara itu, peserta kirab dari Moyudan, Supribadi menyebut akan menampilkan bregodo dengan sekitar 40-50 orang. Ia pun berkomentar terkait acara tersebut. ?Senang saja, soalnya dari tim kami ini sudah tiap tahun dapat undangan terus. Pesertanya ada yang tua dan muda, yang muda 8 orang,? ujarnya. (Jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.