Berita Nasional Terpercaya

Peran Bank Sampah di Jogja Masih Minim

0

Bernas.id – Volume sampah Kota Jogja per tahunnya mencapai sekitar 300 ton. Meskipun pertumbuhan volume tiap tahun dinilai masih wajar, Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja terus mengupayakan peningkatan pengurangan sampah melalui Bank Sampah yang saat ini kontribusinya baru 2%.

Kasi Pengurangan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja, Roso Setyo Iman Santoso, mengatakan bank sampah adalah salah satu upaya yang digenjot DLH untuk meminimalisir volume sampah. Namun dari 614 Rukun Warga (RW) di Kota Jogja, baru 433 RW yang memiliki Bank Sampah.

“Dari 433 itu hanya 10% yang aktif. Maksudnya aktif adalah rutin menabung sampah non organik setiap harinya dan mendaur ulang sampah itu menjadi benda layak guna,” kata Roso Senin (23/4/2018).

Ia mengatakan kegiatan bank sampah yang ideal mestinya mendaur ulang sampah non organik menjadi benda layak pakai. Namun kesulitan DLH Kota Jogja selama ini ketika harus melakukan pendampingan bank sampah di suatu desa yang mayoritas penduduknya menengah dan menengah ke atas.

Menurutnya saat ini kontribusi bank sampah untuk mengurangi volume sampah baru 2%. Upaya pengoptimalan kontribusi terus digenjot DLH Kota Jogja dengan pendampingan melalui Fasilitator Kelurahan.

“Memang tidak bisa semudah itu, apalagi kaum menengah atas. Memang butuh waktu,” pungkasnya. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.