Berita Nasional Terpercaya

Peringati HUT ke-70, SMA De Britto Gelar Baksos

0

Bernas.id – Ratusan warga Desa Purwosari, Kec Girimulyo, Kab Kulonprogo mendapat pengobatan gratis dalam acara bakti sosial memperingati HUT ke-70 SMA De Britto, Minggu (22/4/2018). Bakti sosial yang melibatkan 22 dokter yang merupakan alumni SMA De Britto dan 12 perawat itu dihadiri Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo.

Bakti sosial diadakan SMA Kolose De Britto bekerja sama dengan pihak BUMN, Bulog dan para dokter yang merupakan alumni SMA Kolose De Britto serta para alumni SMA De Britto lainnya. Ada tiga program yang dilaksanakan dalam baksos itu, selain pengobatan gratis.

Menurut Sanusi SH Murdi, koordinator lapangan baksos, para peserta yang terlibat dalam pengobatan gratis didominasi oleh kaum lansia yang melakukan pemeriksaan berupa pemeriksaan tensi, gula darah, kolesterol serta asam urat. Tak hanya pemeriksaan kondisi saja, mereka juga mendapat pengobatan. Warga yang meperoleh pemeriksaan dan pengobatan di Desa Purwosari, Girimulyo didominasi kaum lansia dan anak-anak.

“Di dusun ini ada sekitar 1.500 warga dan diseleksi untuk mendapatkan bantuan. Kami targetkan sekitar 300 peserta bisa dilayani dalam bidang kesehatan dan 700 orang yang mendapatkan paket sembako,” ujar Sanusi saat di lokasi baksos.

Tercatat ada 13 dusun yang berkesempatan untuk memperoleh bantuan berupa pengobatan gratis, bazar pasar sembako murah serta bedah rumah. Selain pengobatan gratis, mereka juga mengadakan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan pentingnya mencuci tangan, di dua tempat, di antaranya di bangunan SD Kanisius yang diikuti anak-anak SD pada pagi hari.

Sementara pada siang hari, penyuluhan kesehatan bagi orang dewasa tentang cara menjaga kesehatan dan 4 hal yang perlu diperhatikan oleh orang dewasa jika ingin memiliki tubuh sehat yaitu kadar gula darah, asam urat, kolesterol serta tensi, penyuluhan tips untuk tumbuh kembang bayi, penyuluhan tentang stress dan gangguan kejiwaan serta penyuluhan kesehatan gigi.

Penyuluhan diisi dengan bincang-bincang dengan para dokter yang merupakan alumni SMA Kolose De Britto. Di akhir setiap sesi, diajukan beberapa pertanyaan terkait materi talkshow. Bagi warga yang mampu menjawab dengan benar, pihak panitia sudah menyiapkan beberapa ekor ayam untuk dibawa pulang sebagai hadiah. (Birgita Nurregina)

Leave A Reply

Your email address will not be published.