Berita Nasional Terpercaya

3 Seniman Muda Tampil di Keep Calm And…

0

Bernas.id – Tiga seniman perupa muda yang usianya baru dibawah 30 tahunan ini mengisi Pameran seni rupa bertemakan KEEP CALM AND… yang digelar oleh Tirana Art House & Kitchen Jl Suryodiningratan 55 Yogyakarta, berlangsung mulai 8 hingga 31 Mei 2018 mendatang, ketiga seniman itu adalah Arif Hanung T, Erza QPop, dan Cahaya Novan.

Panitia acara tersebut Nunuk Ambarwati menjelaskan meskipun mereka bukan kelompok, tetapi kekompakan diantaranya terjalin sinergis. Meskipun bukan karya kolaborasi, namun karya mereka saling menguatkan satu sama lain. “Display pameran ini pun sengaja mereka desain agar penikmat seni bisa menikmati puzzle-puzzle karakter karya mereka masing-masing,” katanya.

Lebih lanjut diungkapkan Nunuk, ketiga seniman muda ini memiliki benang merah yang sama yakni kecenderungan karya 'abstrak' dengan ciri masing-masing. “Abstraknya Hanung yang dua dimensi, abstraknya Erza mixed media dan abstraknya Novan found objects,” tambahnya.

Arif Hanung T, sangat eksplisit mengajak penikmat seni memberi makna yang dalam pada setiap studi bentuk karya abstraknya. Erza QPop, menampilkan karya dengan media acrylic dan potongan kayu. “Kedua seniman ini masih konsisten dengan media yang mereka olah. Sementara Cahaya Novan karyanya cukup mengejutkan. Ia 'bermain-main' dengan mobil hot wheels yang ia olah lagi, ada yang dibongkar rodanya saja hingga dipotong bagian bodinya,” jelasnya.

Tajuk pameran ini bisa jadi ajakan atau nyinyiran; 'Keep Calm and…'. “Sengaja, di belakang kata 'and' dikosongkan (hanya ditulis titik-titik-Red), berharap penikmat seni mengisi sendiri sesuai mau mereka. Tajuk ini cukup merepresentasikan mereka. Bukan santai sih tapi lebih tepatnya menikmati tiap proses berkarya bertiga,” katanya.

Karya-karya mereka segar dan menarik! Ada banyak cerita dan impresi yang dihadirkan. Pameran ini adalah 'jembatan' menuju pameran mereka bertiga selanjutnya di bulan Juli di Kiniko. “Penikmat seni diajak untuk mengintip, melakukan pembacaan dan mengikuti proses bersama karya mereka melalui pameran Keep Calm and…,” pungkasnya. (Mar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.