Berita Nasional Terpercaya

TK Negeri 3 Jogja Gelar Acara Tutup Tahun

0

Bernas.id ? Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri 3 Yogyakarta, bertempat di gedung aula sekolah, Senin (14/05/2018), menggelar acara Tutup Tahun dan Pentas Seni 2018. Acara yang melibatkan seluruh siswa dan para guru ini cukup semarak dan meriah. Panggung dan dekorasi tempat acara sungguh indah, perpaduan kain batik dengan bunga-bunga penghias yang disinari lampu warna-warni merupakan hasil karya kreasi dari para guru.

Dengan Tutup Tahun dan Pentas Seni kita wujudkan pendidikan usia dini yang kreatif, inovatif, mandiri, dan berkarakter, merupakan tema pokok acara yang pembiayaannya dilakukan secara swadaya murni oleh para orang tua atau wali murid. Ketua Panitia Riyanti, S.Pd, menjelaskan, bahwa kegiatan tutup tahun kali ini dilaksanakan sebelum bulan Ramadan dan untuk selanjutnya siswa tetap masuk seperti biasa hingga penerimaan Surat Keterangan Tamat Belajar (SKTB) pada tanggal 8 Juni 2018 mendatang.

Sekolah yang dahulu bernama TK Mawar ini, setelah menempati gedung baru oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dijadikan sebagai TK Negeri 3 Yogyakarta. Sekolah mempunyai tiga kelas, satu kelas Taman Bermain dan dua kelas TK A atau nol kecil dan TK B atau nol besar. Pada Tutup Tahun ajaran tahun 2017 – 2018 ini meluluskan sejumlah 31 siswa guna meneruskan ke jenjang berikutnya di Sekolah Dasar.

Hadir dalam acara tersebut selain para orang tua wali murid, tokoh masyarakat kampong sekitar gedung sekolah, juga tampak hadir Kepala UPT Pengelola Sekolah TK dan SD Kota Yogyakarta Bagian Selatan, Jajaran dari Kecamatan Kraton, Penilik Sekolah TK, Wakil dari Polsek Kraton, dan Lurah Panembahan Yogyakarta.

Lurah Panembahan Purnama, SE, dalam pidatonya menyampaikan pesan, bahwa ada tiga pilar kesuksesan dalam pendidikan, hal ini mengingat keberadaan gedung sekolah TK Negeri 3 Jogja berada di tengah kampung, tepatnya di RW 08 Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

?Pendidikan TK Negeri 3 yang berada di tengah-tengah perkampungan ini akan berjalan baik dan sukses apabila terjadi sinergi yang harmonis dalam tiga pilar pendidikannya, yaitu sekolahan sebagai lembaga pendidik, wali murid atau orang tua dalam mendidik putranya selepas sekolah, dan masyarakat lingkungan sekitar gedung sekolah juga berperan ikut mendorong dan mendukung kegiatan sekolah ini,? papar Purnama.

Berbagai kesenian yang merupakan bentuk potensi siswa ditampilkan dalam kemeriahan acara Tutup Tahun dan Pentas Seni TK Negeri 3 Jogja, meliputi seni paduan suara, serta aneka tari. Sementara ada lima jenis taria-tarian, yaitu, Tari Blakdedot, Tari Rena, Tari Pecut (Gembala), Tari Kipas, dan Tari Ilir-ilir, serta gerakan senam tari bersama Aku Cinta Indonesia. (Ted)

Leave A Reply

Your email address will not be published.