Berita Nasional Terpercaya

PLN Yogyakarta Siagakan Petugas 24 jam Selama Ramadan

0

Bernas.id – PT PLN Area Yogyakarta menyiagakan petugas selama 24 jam untuk memastikan keandalan jaringan listrik serta mengantisipasi gangguan distribusi listrik selama Bulan Ramadan.

“Mengingat kebutuhan listrik dalam Bulan Puasa hingga perayaan Idul Fitri, PLN dengan siap melayani masyarakat serta pelanggan dalam pemenuhan pasokan energi listrik dan keandalan jaringan,” kata Kepala Humas PT PLN (Persero) Area Yogyakarta Suryanta di Yogyakarta, Rabu (16/5).

Suryanta mengatakan selama Ramadan PLN Area Yogyakarta menyiagakan 32 unit penjaga keandalan jaringan selama 24 jam dengan dua personel di setiap unit serta tujuh truk crane untuk pekerjaan yang membutuhkan alat berat.

Selain itu, dua unit kendaraan dan beberapa petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) juga khusus disiagakan untuk perbaikan jaringan yang dilakukan tanpa memadamkan aliran listrik.

“Selama Ramadan kami akan meniadakan pemeliharaan atau perbaikan dengan pemadaman, kecuali jika terdapat situasi yang sangat mendesak,” sambungnya.

Suryanta mengatakan saat ini pasokan listrik di DIY masih terhitung surplus. Dari kapasitas trafo Gardu Induk (GI) 940 MVA yang “di-support” saluran interkoneksi Jawa Bali, hanya dipakai pada hitungan beban puncak sebesar 441 MW atau setara 520 MVA.

Ia mengimbau kepada masyarakat dan pelanggan agar dapat ikut berpartisipasi dalam menjaga keandalan jaringan listrik.

Adapun langkah yang diambil, antara lain dengan berinisiatif menjaga jarak aman benda, bangunan, dan pohon minimal 25 meter dari jaringan listrik.

“Masyarakat dan pelanggan kami imbau memastikan jalur jaringan di sekitarnya terhindar dari gangguan yang dapat mengancam listrik padam, seperti jarak pohon, reklame, serta bangunan. Masyarakat juga bisa melaporkan gangguan atas distribusi listrik 24 jam melalui PLN setempat atau di Contact Center PLN 123,” tandasnya. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.