Berita Nasional Terpercaya

Pasokan Listrik DIY Surplus Selama Ramadan

0

Bernas.id – PLN Area Yogyakarta memastikan saat ini pasokan listrik DIY masih terhitung suplus. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir akan adanya gangguan listrik selama bulan Ramadan. Terlebih PLN juga menyiagakan penjaga keandalan jaringan selama 24 jam untuk mendukung kekhusyukan ibadah masyarakat. 

Manajer PT PLN (Persero) Area Yogyakarta, Eric Rossi Priyo Nugroho mengatakan pasokan listrik yang ada kini sangatlah mencukupi kebutuhan masyarakat. Bahkan saat kegiatan masyakat makin padat selama bulan puasa hingga lebaran tiba.

“Sebabnya dari kapasitas trafo Gardu Induk 940 MVA yang disupport saluran interkoneksi Jawa Bali, hanya dipakai pada hitungan beban puncak sebesar 441 MW atau setara 520 MVA,” ujar Eric Kamis (17/5).

Ia menuturkan selama Ramadan PLN akan meniadakan pemeliharaan ataupun perbaikan dengan padam, kecuali jika terdapat situasi yang sangat mendesak. Dua unit kendaraan dan beberapa petugas PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) juga siaga untuk perbaikan jaringan yang dilakukan tanpa harus memadamkan aliran listrik. Tak hanya itu saja, pihaknya juga bakal menyiagakan 32 unit penjaga keandalan jaringan selama 24 jam stand by dengan dua personel di tiap unit dan tujuh buah truk crane untuk pekerjaan yang membutuhkan alat berat. 

“Mengingat meningkatnya kebutuhan listrik dalam bulan puasa hingga perayaan Idul Fitri nanti, kami siap melayani masyarakat serta pelanggan dalam pemenuhan pasokan energi listrik dan keandalan jaringan,” sambung dia.

Eric juga mengimbau kepada masyarakat dan pelanggan untuk memastikan jalur jaringan di sekitarnya aman dari gangguan yang dapat menyebabkan listrik padam. Seperti misalnya faktor jarak antar pohon, reklame, bangunan, dan gangguan-gangguan lainnya. Jika menemukan hal tersebut, Eric meminta masyarakat untuk segera berkoordinasi dengan PLN setempat agar bisa diambil langkah pencegahan. “Jika merasa daya listriknya kurang dapat menghubungi Call Center PLN 123 atau berkunjung ke PLN setempat mendapatkan layanan tambah daya yang akan diproses maksimal dalam lima hari,” tandasnya. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.