Berita Nasional Terpercaya

Dandim Sleman : Jadikan Prajurit Kodim Menjadi Penggerak Pertahanan Aspek Darat Yang Tangguh

0

Bernas.id ? Komandan Kodim (Dandim) 0732/Sleman, Letkol Inf Diantoro S.I.P., memberikan pembekalan kepada para Babinsa yang berdinas di satuan Kodim 0732/Sleman dengan Tema, “Kita Mantapkan Profesionalisme Babinsa Dalam Melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Guna Mewujudkan Pertahanan Aspek Darat Yang Tangguh” pada kesempatan tersebut diharapkan nantinya para peserta memahami dan menguasai hal-hal apa saja yang berkaitan dengan pelaksanaan Binter di daerah wilayah desa binaan Babinsa masing masing.

Dalam sambutannya, Dandim menyampaikan, pembinaan peningkatan kemampuan teritorial TNI AD saat ini merupakan fungsi utama disamping fungsi pertempuran dan pembinaan kekuatan. ?Untuk mendukung Binter sebagai fungsi utama, diperlukan penyesuaian terhadap penjabaran strategi Binter ke dalam kegiatan Binter yang aplikatif  bagi satuan komando kewilayahan, sesuai tuntutan situasi dan kondisi masing-masing wilayah,? ujar Diantoro, Sabtu (19/05) kepada bernas.id.

Adapun tujuan dari pembekalan pembinaan teritorial ini sambungnya, adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang pembinaan teritorial kepada satuan kewilayahan. ?Agar memahami dan menguasai tugas-tugas teritorial serta mampu menerapkan kemampuan teritorial, sikap teritorial setiap Babinsa yang merupakan ujung tombak di lapangan harus bisa menerapkan ilmu yang telah diterapkan oleh Angkatan Darat maupun kemampuan yang dimiliki oleh Babinsa itu sendiri,? terangnya.

Hal ini dilaksanakan dalam ilmu teritorial  “Lambung  Rujak” yaitu: Menyelami, Menghubungi, Mempengaruhi dan Mengajak masyarakat sekitar. ?Kegiatan binsat yang dilaksanakan agar memperoleh kesamaan pola pikir dan pola tindak dalam penerapan Binter dilapangan melalui penguasaan materi-materi yang disampaikan untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat pada umumnya sehingga terjalin hubungan baik dengan masyarakat dan menjadi kunci kesuksesan kegiatan itu sendiri,? pungkas Diantoro.  (Mar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.