Berita Nasional Terpercaya

7 Fakta Unik dari Buah Kurma

0

Bernas.id ? Kurma sering menjadi asupan wajib setiap berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, kurma memang mampu mengembalikan kondisi tubuh menjadi lebih bertenaga setelah berpuasa seharian.

Kandungan gizi di dalam Kurma memang bagus untuk daya tahan tubuh. Di balik kandungan gizi dan rasanya yang manis, berikut ini sejumlah fakta unik dari kurma:

Kurma asli tidak dikerubuti semut

Kurma yang meskipun digeletakkan begitu saja di sembarang tempat tidak akan dikerubungi oleh semut-semut. Kandungan kurma hampir sama dengan kandungan madu asli yang jarang dihinggapi semut meskipun berada di tempat terbuka.

Tiga butir kurma setara satu piring nasi

Kandungan zat gula dan kalori yang besar dari kurma dipercaya bisa mengisi kembali energi yang hilang setelah berpuasa. Saat disantap ketika sahur, tiga buah kurma setara dengan satu piring nasi agar kebutuhan tubuh akan energi dan tenaga bisa terpenuhi.

Kurma bisa jadi bahan kosmetik

Buah kurma ternyata bisa dijadikan bahan untuk membuat sabun dan kosmetik, terutama eyeliner.

Jadi krim untuk kopi

Kurma kering yang telah dihaluskan juga bisa menjadi bahan campuran untuk kopi sehingga rasa kopi bisa terasa lebih nikmat tanpa harus menambahkan gula.

Normalkan kadar gula darah dan menurunkan kolesterol

Dengan mengonsumi kurma secara teratur, dipercaya bisa menormalkan kadar gula darah yang tidak stabil akibat kurangnya asupan makanan setelah berpuasa. Selain itu, kurma bisa menurunkan kolesterol.

Kurma bekal bagi para pendaki untuk bertahan hidup

Karena bentuknya yang praktis, kurma sering menjadi bekal para pendaki gunung. Seseorang yang mengonsumsi kurma setiap hari akan bisa bertahan hidup lebih lama karena kandungan vitamin dan mineral dalam kurma. 

Awet dan tahan lama

Kurma dapat bertahan sampai 1 tahun lamanya. Inilah keunikan dari kurma yang berbeda dari buah lainnya. Biasanya, buah yang matang akan segera busuk jika tidak segera dimakan. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.