Berita Nasional Terpercaya

4 Hikmah Hidup yang Akan Kamu Dapatkan di Bulan Ramadan

0

Bernas.id – Ibadah puasa dijalankan kurang lebih selama 12 jam tanpa makan dan minum. Rasa lemas, lapar dan dahaga pun bisa melanda. Namun, aktivitas harus terus berjalan. Dalam ibadah puasa, kita dianjurkan untuk terus berbuat kebaikan dan mendulang pahala termasuk bekerja sebaik-baiknya.

Ramadan selalu memberikan hikmah yang sangat luar biasa bagi kita semuanya. Berikut ini, 4 hikmah yang diajarkan Ramadan:

Setiap Ujian Ada Akhirnya

Kita semua diwajibkan untuk menahan rasa lapar, haus, dan hal-hal yang merusak ibadah puasa. Ujian tersebut memang harus kita lewati jika ingin mendapatkan pahala puasa yang sempurna. Puasa mengajarkan kita jika hidup akan selalu diisi oleh berbagai cobaan, baik ujian fisik maupun mental. Namun, satu hal yang harus kita sadari adalah keyakinan jika ujian itu pasti ada batas waktunya.

Dalam Kesulitan Ada Kemudahan

Ada sebuah pelajaran ketika menjalankan puasa, yaitu setiap kesulitan pasti akan selalu diiringi berbagai kemudahan. Dalam keseharian, kita juga harus yakin jika dalam setiap ujian yang kita hadapi akan selalu ada kemudahan di belakangnya.

Sabar dan Ikhlas Hadapi Ujian

Sabar dan ikhlas memanglah tak mudah, tapi bukankah sebuah jalan yang sulit itu akan mengantarkan kita ke sebuah tempat indah. Begitu juga dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup, entah masalah keluarga, ekonomi maupun pribadi, sabar dan ikhlas adalah senjata yang sangat penting untuk kita miliki.

Berbagi dan Peduli

Yang terpenting di bulan Ramadan, kita tidak berhenti untuk berbagi kebahagiaan tersebut. Ramadan pun mengajarkan jika berbagi harus menjadi sebuah kebiasaan dalam hidup kita. Berbagi adalah tentang kepeduliaan. Dengan berbagi, kita memang kehilangan materi, tapi kita akan dapat hal yang lebih penting, yaitu hati yang bahagia. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.